Di usia muda, kamu harus sangat berhati-hati. Usia 20an itu sangat rawan karena waktu berjalan begtu cepat bagimu, tak terasa satu minggu dan satu bulan sudah berlalu tanpa terasa. Akibatnya, kalau kamu tidak benar-benar mempersiapkan diri untuk masa depanmu. Bagaimana mau jadi kaya kalau begini ceritanya? Nah, kamu bisa banget kok punya banyak uang di usia muda. Cukup melakukan tujuh hal berikut ini dengan disiplin, dan kamu pun bisa meraih kesuksesan finansial sebelum pensiun kerja! 

1. Jadi Kaya Tak Harus Menunggu Usia Tua, Wujudkan Saat Usia 20an!

Di usia muda, kamu sering terjebak dalam pikiran bahwa kamu masih punya banyak waktu untuk segala hal. Mungkin kamu berpikiran bahwa masa pensiun dan menyiapkan tabungan untuk masa depan itu masih lama dan lebih memilih untuk mengurus segala hal yang ada di depan matamu. Akibatnya kamu jadi terbiasa menunda-nunda dan berpikir, "Ah, bulan depan saja,". Tanpa terasa, kamu akan menghabiskan sepuluh tahun tanpa menabung atau berinvestasi secara bijak. 

2. Jadi Kaya Tak Harus Menunggu Usia Tua, Wujudkan Saat Usia 20an!

Tak ada kesuksesan yang diraih semudah membalikkan punggung tanganmu, meskipun ada orang-orang yang tampaknya beruntung. Di balik keberuntungan tersebut, kamu tak tahu seberapa keras dan sebanyak apa pengorbanan yang telah mereka buat. Kuncinya sangat sederhana sebenarnya, berinvestasilah sebijak mungkin dan kendalikan diri supaya tidak menghabiskan uang lebih dari kemampuanmu.  

3. Jadi Kaya Tak Harus Menunggu Usia Tua, Wujudkan Saat Usia 20an!

Perhatikan dengan baik kebiasaanmu dalam menghabiskan uang. Pengeluaran apa yang biasanya paling banyak terjadi? Ingat, kamu lah yang harus menyesuaikan diri dengan pendapatanmu, bukan sebaliknya. Jadi tetapkan anggaran yang realistis dan pasti untuk setiap bulan. Berhemat itu sebenenarnya seperti diet kok, Bela. Kalau kamu percaya kamu akan menjadi lebih baik setelah melakukannya, kamu pun jadi semakin bersemangat mewujudkannya. 

4. Jadi Kaya Tak Harus Menunggu Usia Tua, Wujudkan Saat Usia 20an!

Jangan sampai kamu menunggak berbagai utang, seperti kredit gadget yang tidak begitu kamu butuhkan. Usahakan juga untuk tidak meminjam uang pada siapa pun, entah itu orang tua atau kakakmu. Walau tidak terasa, utang-utang ini akan membelitmu dan ternyata uangmu tidak cukup untuk menutupi segala kewajibanmu. 

5. Jadi Kaya Tak Harus Menunggu Usia Tua, Wujudkan Saat Usia 20an!

Kamu masih muda, belum ada tanggungan terlalu banyak. Jadi beranilah untuk mengambil risiko, dengan pertimbangan dan perencanaan yang matang. Beranilah untuk keluar dari pekerjaanmu sekarang kalau sudah terlalu nyaman dan coba membuka bisnis sendiri. Kebanyakan orang biasanya memilih yang aman, jadi jika kamu ingin menjadi satu orang yang menonjol dari yang lain, cobalah untuk mengambil risiko yang cerdas. 

6. Jadi Kaya Tak Harus Menunggu Usia Tua, Wujudkan Saat Usia 20an!

Di zaman yang serba dinamis dan sarat perubahan tak terduga ini, cobalah untuk mengembangkan diri tak hanya dalam satu bidang saja, tapi beberapa sekaligus. Jangan hanya bekerja di satu kantor saja karena tak ada salahnya untuk bekerja lepas juga selama masih memungkinkan. 

7. Jadi Kaya Tak Harus Menunggu Usia Tua, Wujudkan Saat Usia 20an!

Kamu adalah investasi terbesar bagi dirimu sendiri. Jadi sayangi dirimu dengan mengembangkan keterampilan, mengasah ilmu, dan meningkatkan kualitas diri dengan mengikuti berbagai kursus, seminar, atau lanjut kuliah lagi. Intinya, belajarlah sebanyak-banyaknya dan jangan gengsi untuk minta diajari oleh orang lain. Semua ini akan berguna bagi dirimu sendiri, kok. 

Nah, bagaimana menerutmu? Buang jauh-jauh dulu ya, pikiran bahwa menabung dan berinvestasi itu hanya untuk mereka yang sudah berkeluarga dan punya pekerjaan stabil. Semua itu mungkin kok, Bela! 

 

BACA JUGA: 5 Hal Supaya Jadi Bos yang Baik Bagi Diri Sendiri