Kata siapa menabung saham itu mesti langsung ditempatkan dana dalam jumlah besar? Apa kamu juga menganggap demikian, Bela? Hingga sekarang, nyatanya memang masih sedikit orang yang mengetahui cara menabung saham. Sebab, masih banyak yang berpikiran bahwa menabung saham hanya bisa dilakukan oleh para pengusaha-pengusaha kaya raya. Padahal, sekarang ini sudah banyak kemudahan yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan sekuritas untuk siapa saja yang ingin berinvestasi saham.

Selain anggapan yang salah tentang menabung saham harus dalam jumlah besar tadi, investasi yang satu ini masih sepi peminat karena dinilai punya risiko kerugian yang tinggi. Padahal, kalau kamu memulai dengan jumlah yang sedikit, risiko kerugiannya juga akan minim. Pada akhirnya, keuntungan yang kamu dapat dari menabung saham ini bisa sangat besar lho. Karena itulah, cari tahu cara menabung saham untuk pemula dulu yuk

Arti Nabung Saham

Cara Menabung Saham yang Mudah untuk PemulaPexels.com/Burak

Menabung saham adalah jenis investasi yang sejatinya tidak jauh beda dengan tabungan pada umumnya. Setiap bulan kamu hanya perlu konsisten menyisihkan dana secukupnya untuk menabung saham. Misalnya, kamu mengalokasikan uang Rp1 juta dalam sebulan. Besaran dana tersebut sudah lebih dari cukup untuk berinvestasi saham. Bahkan, cukup dengan uang Rp100 ribu saja, seseorang sudah bisa mengoleksi saham sejumlah emitan lho.

Menabung atau investasi saham bagi pemula sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Pada dasarnya kamu harus memahami dulu bahwa saham adalah instrumen investasi jangka panjang. Nah, dalam pergerakan saham nantinya akan naik turun sesuai dengan kondisi pasar. Di sinilah banyak investor pemula yang terlanjur panik saat saham yang dikoleksinya turun harga. Idealnya investasi saham itu sampai tiga tahun.

Cara Nabung Saham

Cara Menabung Saham yang Mudah untuk Pemuladok.pribadi

Membuka rekening

Kalau akan membeli saham, kamu wajib punya akun atau biasa disebut rekening efek lebih dulu. Pembukaan rekeing efek bisa dilakukan di perusahaan sekuritas. Mulai dari Mandiri Sekuritas, BCA Sekuritas, BNI Sekuritas, hingga MNC Sekuritas. Kalau kamu lebih suka membuka rekening secara online, kamu juga bisa mendaftarkan diri di IndoPremier Sekuritas dan Mirae Sekuritas. Tak sampai lewat satu hari, rekening kamu sudah siap digunakan.

Top up dana ke rekening saham untuk mendapatkan akses ke aplikasi jual beli

Top up dana ini bertujuan untuk mendukung proses pembelian saham. Dana yang kamu isi ke rekening tersebut adalah dana yang akan kamu pakai untuk membeli saham di bursa efek. Kalau kamu sudah mengisi rekening dengan sejumlah uang, kamu akan diberikan ID sebagai akses ke aplikasi jual beli saham di smartphone-mu.

Cara Menabung Saham yang Mudah untuk Pemuladok.pribadi

Unduh aplikasi pembelian saham

Kalau akses sudah kamu dapatkan, sekarang unduh aplikasi yang dimiliki oleh perusahaan sekuritas tempatmu membuka rekening. Biasaya, aplikasi ini bisa kamu pakai di smartphone atau komputer. Kamu bisa memantau setiap saat dan di manapun dengan praktis.

Cara Menabung Saham yang Mudah untuk Pemuladok.pribadi

Saatnya membeli saham

Tenang, cara membelinya cukup mudah kok. Pertama, pastikan dulu kamu sudah menetapkan saham yang ingin kamu beli ya. Lalu klik buy, dan masukkan jumlah pembeliannya yang minimal 1 lot atau 100 lembar. Transaksi jual beli ini juga ada waktunya lho, untuk hari Senin sampai Jumat, bursa saham dibuka mulai pukul 09.00 hingga 12.00 WIB dan 13.30 sampai 16.15 WIB.

Untung Rugi Nabung Saham

Cara Menabung Saham yang Mudah untuk Pemulaenergepic.com

Melalui menabung saham, kamu diajarkan untuk berdisiplin dengan secara rutin melakukan investasi sesuai dengan kemampuan menyicil setiap periodenya. Uang yang tersimpan pun akan berkembang dalam jangka panjang. Sebab, dibandingkan hanya ditempatkan di tabungan biasa, dengan berinvestasi saham, kamu akan mendapatkan capital gain kenaikan harga jual dari harga beli. Ditambah dividen atau pembagian keuntungan perusahaan.

Tapi sama seperti jenis investasi lainnya, menabung saham juga memiliki risiko. Yaitu, ada potensi capital loss atau harga jual lebih rendah dibanding harga beli. Risiko likuidasi ketika perusahaan bangkrut juga tak bisa kamu hindari. Cara meminimalisir risiko ini adalah dengan membeli saham-saham bagus atau yang biasa disebut blue chips. Tapi memang jarang sekali saham bagus memiliki harga di bawah Rp1000 per lembarnya.

Itulah cara menabung saham yang mudah untuk pemula. Jadi, sudah siap untuk mulai? Kalau iya, maka kamu harus menginvestasikan dengan jumlah uang yang sama setiap bulan. Terlepas saat harga tinggi, maupun saat harga rendah. Semoga beruntung ya!

Baca Juga: 4 Alasan Logis Merry Riana Sarankan Millenial Mulai Nabung Saham