Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Pengertian dan Ciri-ciri Karakter Anti-Hero di Dalam Sebuah Cerita

Kira-kira apa bedanya anti-hero dengan villain?

Zikra Mulia Irawati

Serial Netflix A Killer Paradox yang dibintangi Choi Woo Shik tayang 9 Februari. Di sana, ia berperan sebagai Lee Tang yang memiliki kemampuan mendeteksi "benih jahat" dan bisa secara tak sadar membunuh pembunuh berantai. Karakternya ini disebut sebagai anti-hero.

Namun, apa makna karakter anti-hero yang sebenarnya? Apa saja ciri dari seorang anti-hero? Kita bahas bersama, yuk!

Makna anti-hero

instagram.com/netflixid

Kamus Oxford, Merriam-Webster, dan Collins sepakat mendefinisikan anti-hero sebagai tokoh utama (protagonis) dalam sebuah cerita yang kurang memiliki sifat kepahlawanan.

Sementara itu, Wiktionary mengartikannya sebagai seorang protagonis yang bertindak dengan cara yang tidak heroik, misalnya dengan cara kriminal, melalui tindakan pengecut, atau untuk tujuan tentara bayaran. 

Dengan demikian, anti-hero bisa dikatakan sebagai tokoh utama yang memiliki sifat di antara protagonis dan antagonis. Mereka biasanya adalah seseorang yang baik. Hanya saja, mereka tak segan melakukan hal yang menyimpang dari batas karakter seorang pahlawan (misal membunuh) untuk melindungi orang yang mereka sayangi.

Ciri-ciri anti-hero

instagram.com/netflixid

Karena karakternya yang unik, anti-hero memiliki sejumlah ciri-ciri. Mengutip dari Storyflint.com, inilah hal-hal yang akan kamu jumpai dalam diri seorang anti-hero.

  1. Sering membuat keputusan egois dan tidak peduli dengan konsekuensinya
  2. Anti-hero percaya bahwa hal yang dilakukannya adalah demi kebaikan, tetapi cara yang digunakannya bisa menimbulkan konflik batin
  3. Biasanya tidak mematuhi pihak berwenang atau ekspektasi masyarakat
  4. Cenderung antisosial dan bisa menyakiti diri sendiri
  5. Punya pandangan sinis terhadap dunia di sekitarnya
  6. Punya masa lalu kelam

Beda anti-hero dan villain

instagram.com/netflixid

Melihat ciri-ciri karakter anti-hero di atas, lalu apa bedanya mereka dengan karakter villain? Perlu digarisbawahi, anti-hero aslinya merupakan tokoh protagonis. Hanya saja, cara yang mereka tempuh untuk mencapai kedamaian sedikit-banyak mirip dengan villain.

Contoh anti-hero di industri hiburan

rollingstone.com

Sudah ada banyak karakter anti-hero yang terkenal. Sebut saja Walter White dari serial Breaking Bad. Awalnya ia hanyalah pria biasa yang mengidap kanker dan perlu menafkahi keluarganya. Dirinya masuk ke pusaran dunia obat-obatan terlarang untuk menghasilkan uang dengan cepat. Seiring berjalannya waktu, sisi gelapnya perlahan terungkap demi melindungi orang yang dicintainya.

Karakter anti-hero juga bisa kamu temui dalam lagu "Anti-Hero" milik Taylor Swift. Melalui liriknya, penyanyi tersebut menyadari bahwa dirinya sendiri adalah si anti-hero yang tidak makin bijak meski usianya bertambah. 

Menarik banget, ya, Bela? Apakah kamu punya tokoh anti-hero favorit dari sebuah film atau drama?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration