Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Atas Nama Kemanusiaan, Ini Daftar Artis yang Berdonasi untuk Palestina

Ada Lee Young Ae hingga Ivan Gunawan

Zikra Mulia Irawati

Sejumlah artis melakukan donasi untuk korban serangan Israel kepada Palestina. Bombardir senjata yang sudah berlangsung sejak 7 Oktober 2023 itu mengorbankan banyak jiwa. Tak jarang anak-anak tak bersalah menjadi korban tewas.

Dalam daftar yang telah Popbela buat, sederet nama artis Indonesia mendominasi. Mereka terang-terangan mendukung Palestina hingga membuka donasi. Namun, ada juga salah satu aktris asal Korea Selatan yang turut menyumbangkan pendapatannya untuk para korban di Palestina. 

1. Lee Young Ae

instagram.com/leeyoungae0824

Aktris tersebut adalah Lee Young Ae. Pemeran Dae Jang Geum dalam drama Korea legendaris Jewel In The Palace ini memang terkenal dengan sifat dermawannya. Mengutip dari berbagai sumber, ia menyumbangkan 50 juta won untuk korban serangan di Palestina melalui Korean Red Cross.

"Berita memilukan yang terus-menerus bergulir ini membuat saya merasa sedih. Saya berharap donasi ini bisa memberikan sedikit bantuan kepada anak-anak yang kehilangan anggota keluarga dan menanggung cobaan berat akibat perang tersebut," ungkap Lee Young Ae dalam sebuah pernyataan resmi.

2. Ivan Gunawan

instagram.com/hamza.tamimy

Desainer kondang asal Indonesia, Ivan Gunawan, juga mendonasikan total Rp1 miliar untuk Palestina. Uang yang ia sumbangkan dalam dua tahap tersebut merupakan pendapatan dari penjualan seri Mandjha Hijab buatannya. Bantuan ini ia salurkan melalui Hands Foundation Indonesia yang didistribusikan bersama bantuan lain oleh Kapal Rumah Sakit Indonesia TNI. 

3. Melly Goeslaw

Melly Goeslaw merupakan penyanyi & penulis lagu Indonesia yang cukup vokal menyebarkan kepedulian terhadap Palestina. Setelah sempat menciptakan lagu "Jangan Menangis" untuk Palestina dengan menggandeng puluhan rekan artis, kali ini ia menginisiasi donasi yang terkumpul hingga lebih dari Rp1 miliar. Bantuan tersebut akan ia salurkan melalui International Networking for Humanitarian.

4. Syifa Hadju

instagram.com/syifahadju

Meski karier aktrisnya menjadi taruhan, Syifa Hadju tak gentar bersuara untuk Palestina. Ia sendiri membeberkan beberapa kerja sama harus batal karena ia cukup vokal terhadap isu ini. Namun, hal tersebut tak menghentikannya untuk menggalang donasi. Pengumpulan dana yang ia lakukan lewat platform Kitabisa kini kembali dibuka dan kamu masih bisa berpartisipasi, lho, Bela!

5. Raffi Ahmad & Nagita Slavina

RANS Family (Raffi Ahmad & Nagita Slavina) juga masih membuka penggalangan dana untuk Palestina. Mereka menargetkan jumlah donasi hingga Rp2,5 miliar. Hingga artikel ini ditulis, dana yang terkumpul sudah mencapai Rp2,3 miliar padahal masih akan dibuka hingga pekan depan.

6. Atta Halilintar

instagram.com/attahalilintar

Atta Halilintar juga melakukan donasi untuk Palestina dengan menggalang dana lewat Kitabisa. Tepat di hari ulang tahunnya pada 20 November kemarin, ia turut melepas pesawat yang membawa bantuan berupa alat kesehatan dan berbagai kebutuhan pokok lainnya. Dalam kesempatan tersebut, hadir pula influencer Fadil Jaidi.

7. Keluarga The Sungkars

instagram.com/teukuwisnu

Masih memanfaatkan platform yang sama, keluarga artis The Sungkars telah mengumpulkan dana sebesar Rp3,7 miliar. Penyaluran bantuan ini mereka lakukan melalui International Networking for Humanitarian, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, hingga Palang Merah Indonesia. Tak hanya itu, mereka pun menggelar doa bersama untuk masyarakat Palestina yang terdampak serangan ini.

Selain nama-nama di atas, masih ada banyak lagi deretan artis yang cukup vokal menyuarakan ketidakadilan yang terjadi di Palestina. Atas nama kemanusiaan, mari kita panjatkan doa agar serangan yang menewaskan ribuan jiwa tersebut segera berakhir, ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration