Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Fakta Dokumenter Netflix Jessica Wongso, Tayang 28 September

Rangkum perjalanan sidang yang sempat hebohkan publik

Zikra Mulia Irawati

Masuknya dokumenter kasus kopi sianida Jessica Kumala Wongso ke dalam lineup tayangan Netflix mencuri perhatian netizen. Media sosial resmi Netflix Indonesia mengumumkan bahwa tontonan berjudul Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso bisa disaksikan pada 28 September mendatang.

"Di tahun 2016, segelas kopi tiba-tiba menggemparkan seluruh Indonesia ☕ Nantikan dokumenter tentang kopi sianida di Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso, segera tayang 28 September  di Netflix," tulis Instagram @netflixid.

Lantas, ada fakta menarik apa saja di balik dokumenter ini? Simak rangkuman informasi berikut.

1. Mengulik kembali kasus kopi sianida

YouTube/Netflix Indonesia

Kasus ini bermula pada 6 Januari 2016. Mirna Salihin yang sedang bersama Jessica Wongso dan Hani Juwita Boon di kedai kopi Olivier, Grand Indonesia tiba-tiba tak sadarkan diri usai menenggak Es Kopi Vietnam. Ia mengalami kejang-kejang, mata terbuka setengah, hingga mulut berbusa. Nyawanya tak tertolong saat dilarikan ke Rumah Sakit Abdi Waluyo.

Setelah diselidiki, polisi menemukan zat Sianida di lambung Mirna yang diduga dicampurkan ke dalam kopi tersebut. Jessica lantas menjadi tersangka. Kasus ini lantas menghebohkan publik sampai-sampai sidangnya diliput hingga berbulan-bulan lamanya.

2. Hadirkan ayah Mirna Salihin

YouTube/Netflix Indonesia

Dalam trailer resmi yang dirilis Netflix Indonesia pada 31 Agustus, tampak ayah Mirna Salihin yaitu Darmawan Salihin terlibat dalam dokumenter ini. Ia begitu yakin bahwa Jessica yang telah meracuni putrinya hingga tewas.

"'Apakah kamu yakin Jessica yang membunuh Mirna?' Sejuta persen (yakin). Dia bersalah. Dia pembunuhnya," ujar Darmawan dalam potongan video trailer.

3. Kasus yang masih diragukan

YouTube/Netflix Indonesia

Namun, Otto Hasibuan selaku pengacara Jessica yang juga muncul di dokumenter ini masih yakin bahwa kliennya tak bersalah. Jurnalis Fristian Griec yang ikut meliput saat itu mengungkap bahwa kasus ini begitu kompleks.

"Kasus ini terlalu banyak sisi dan terlalu banyak rumor. Ada rumor ada cinta segitiga antara Jessica, Mirna, dan juga suaminya. Ada kaitannya dengan mafia," katanya dalam potongan trailer.

4. Nasib Jessica Wongso

YouTube/Netflix Indonesia

Meskipun dirinya juga tak mengakui tuduhan tersebut, Jessica pada akhirnya tetap divonis bersalah. Ia harus menjalani hukuman penjara selama 20 tahun di Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur. Vonis tersebut ditetapkan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada 27 Oktober 2016.

5. Antusiasme netizen menanti penayangan dokumenter

Terang saja netizen begitu antusias menyambut tayangan ini. Pasalnya, kasus ini dinilai masih menyimpan sejumlah misteri dan kejanggalan. 

"Kasus pembunuhan kopi dengan sianida tahun 2016 di Indonesia yang melibatkan Jessica Wongso dan Mirna Salihin masih menyimpan misteri sampai saat ini. Apakah pembunuh sebenarnya telah tertangkap atau pengaruh media sosial telah mengirim seseorang yang tak bersalah ke penjara?" tulis Netflix di keterangan video trailer resmi.

Temukan jawabannya di dokumenter Netflix Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso pada 28 September nanti, ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration