Sempat Heboh, Kasus 'Nth Room' Dijadikan Film Dokumenter Netflix

Dijadwalkan tayang bulan depan

Sempat Heboh, Kasus 'Nth Room' Dijadikan Film Dokumenter Netflix

Masih ingat dengan kasus pelecehan seksual paling menggemparkan di Korea Selatan, yang diberi nama Nth Room? Kasus tersebut melibatkan ratusan ribu orang di dalamnya pada pertengahan Maret 2020. 

Banyak perempuan menjadi korban dari kasus Nth Room, beberapa di antaranya masih di bawah umur dan  berasal dari kalangan selebritas. Lantaran kasus tersebut, Korea Selatan mendapat sorotan di tengah pandemi COVID-19. 

Dua tahun berlalu usai tersangka utama ditangkap, kasus Nth Room masih menyimpan misteri tentang metode kejahatan dan perasaan para pelaku saat mengeksploitasi kaum perempuan.

Netflix tertantang mengangkat kasus Nth Room dalam bentuk film dokumenter berjudul Cyber Hell: Exposing An Internet Horror. Tim produksi akan menghadirkan kisah lebih mendalam lewat proses wawancara puluhan orang. 

Bagaimana proses pembuatan film dokumenter Cyber Hell: Exposing An Internet Horror? Siapa sosok yang akan berada di kursi sutradara? Buat tahu lebih jelasnya, simak kilas baliknya di bawah ini. 

Apa itu kasus Nth Room?

Sempat Heboh, Kasus 'Nth Room' Dijadikan Film Dokumenter Netflix

Nth Room merupakan kasus asusila yang terjadi di Korea Selatan berupa kekerasan dan pelecehan seksual, yang mengeksploitasi 74 orang perempuan. 16 di antaranya masih di bawah umur. 

Kasus menggemparkan ini sebenarnya telah terungkap sejak November tahun 2020, namun baru dibahas lebih mendalam pada awal Maret 2020 oleh media Korea, Kookmin Ilbo. Saat itu, pihak Kepolisian Korea Selatan melakukan penyelidikan besar-besaran dan menangkap setidaknya lebih dari 150 orang terkait kasus Nth Room.

18 orang telah dijebloskan ke penjara, namun satu orang tersangka mengakhiri hidup dengan cara melompat dari Jembatan Yeongdongdaegyo pada 27 Maret 2020. Transaksi jual-beli video asusila ini menggunakan pesan aplikasi instan, Telegram. Para pengguna mendapatkan video tersebut dengan cara berlangganan. 

Siapa dalang di balik kasus asusila tersebut?

Awalnya, pihak Kepolisian tidak ingin mempublikasikan identitas pelaku yang berhasil diringkus pada 20 Maret 2020 di kediamannya. Namun, hal tersebut mengundang amarah publik Korea. Mereka mengajukan petisi secara daring dan ditanda tangani lebih dari 2 juta orang. 

Baru pada 25 Maret 2020, pihak Kepolisian membuka wajah pelaku saat pemindahan ke Kantor Kejaksaan Distrik Pusat Seoul. Ia adalah Cho Joo Bin alias Baksa berusia 25 tahun. Dalam proses transfer tersebut, Cho Joo Bin meminta maaf kepada orang-orang yang terluka atas perbuatannya. 

Namun, Cho Joo Bin bukan dalang utama dari kasus ini. Nama samaran GodGod diketahui merupakan dalang di balik berdirinya Nth Room, yang ia dirikan sejak 2018. Setelah 10 bulan melakukan penyelidikan, akhirnya Kepolisian Korea menangkap GodGod, yang juga mempunyai nama lain yaitu Mr. Moon pada 9 Mei 2020.

Mr. Moon sempat menyempat menyangkal jika ia adalah dalang di balik identitas 'GodGod'. Namun, saat pihak Kepolisian memberikan bukti digital, baru ia mengakui bahwa dirinya merupakan pendiri dan mengelola 8 grup Nth Room. 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here