Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Smartphone dengan Kamera Terbaik 2023, Teman Bikin Konten!

Cocok buat yang suka fotografi dan konten, nih!

Romi Subhan

Salah satu fitur yang dicari oleh para pembeli smartphone saat ini adalah kamera atau bagaimana kemampuan fotografinya. Sebab, pada era digital ini, kebutuhan konten, baik foto atau pun video sangat dicari. Maka dari itu, semua orang seolah berlomba untuk membuat konten terbaik mereka.

Selain itu, melalui smartphone dengan kemampuan yang mumpuni, kamu juga bisa mengabadikan momen ketika berpergian ke suatu tempat wisata yang biasanya menawarkan pemandangan yang indah dan tidak boleh dilewatkan.

Berbicara mengenai hal itu, di sini Popbela akan memberikan daftar smartphone dengan kamera terbaik di tahun 2023.

1. Huawei P60 Pro

Dok. Huawei

Huawei P60 Pro bisa dibilang sebagai smartphone dengan kualitas kamera terbaik saat ini. Bahkan beberapa kesempatan membuat hasil foto dari kamera ini sulit dibedakan antara siang hari dan malam hari.

Dibekali dengan tiga buah kamera di bagian belakangannya dengan kamera utama 48 MP. Kamera tersebut sudah dibekali fitur aperture variable (diafragma) atau dengan bukaan yang bisa disesuaikan yaitu f/1.4 hingga f/4.0.

Fitur yang sebenarnya sudah ada pada smartphone Huawei sebelumnya yaitu Huawei Mate 50 Pro. Adanya fitur tersebut membuat kamera utamanya mampu menyesuaikan intensitas cahaya yang masuk. Dengan begitu, gambar yang dihasilkan akan tetap berkualitas dalam kondisi cahaya apa pun.

Selain fitur pertama, kamera dari Huawei P60 Pro sudah dibekali OIS untuk meredam guncangan ketika sedang memotret. Untuk kamu penyuka street photography tentu sangat cocok menggunakan smartphone ini.

Kamera lainnya tak kalah bagus karena memiliki kemampuan optical zoom 3,5x. Kamera telefoto 48 MP (f/2.1). Cocok digunakan memotret benda yang berjarak cukup jauh. Melebihi kamera utama, kamera telefoto ini dibekali sensor-shift OIS yang diklaim memiliki kemampuan lebih baik dalam meredam guncangan ketimbang OIS biasa.

Kamera terakhir adalah kamera ultrawide 13 MP (f/2.2). Kemampuannya cocok untuk kamu mengabadikan momen foto keluarga karena keluasaan pandangannya membuat seluruh anggota keluarga bisa terambil dengan baik.

Beralih ke video, setelah memiliki kamera yang baik tentu kualitas video tak kalah hebat. Smartphone ini mampu merekam di kualitas 4K dengan 60 fps yang didukung oleh gyro-EIS sebagai stabilisasinya.

Bukan hanya kamera belakang karena kamera depan juga sudah mampu mencapai kualitas 4K dengan 60 fps. Hanya saja, tidak didukung oleh gyro-EIS seperti kamera belakangnya. Sedangkan untuk kemampuan fotografinya mengandalkan kamera swafoto 13 MP (f/2.4).

Secara keseluruhan skor yang diberikan oleh DxOMark untuk kamera dari Huawei P60 Pro sangat tinggi melebihi dua smartphone dengan kamera terbaik sebelumnya yaitu OPPO Find X6 Pro dan Honor Magic5 Pro. Skornya mencapai 156 dengan detail 159 untuk foto, 158 untuk zoom dan 147 untuk video.

2. OPPO Find X6 Pro

Dok. DxOMark

Inilah smartphone yang tergeser posisinya oleh Huawei P60 Pro, sehingga smartphone ini kini ada pada peringkat kedua. Bisa dikatakan OPPO cukup underrated karena tidak banyak yang tahu keunggulannya pada kamera jadi salah satu yang terbaik saat ini. Dibanding pendahulunya OPPO Find X5 Pro sangat jauh dan kamera dari OPPO Find X6 Pro memiliki skor 153 menurut DxOMark.

Sistem kamera dari OPPO Find X6 Pro didukung oleh sensor besar dari Sony dan lensa dari Hasselblad. Berkat kerjasama dengan Hasselblad, OPPO Find X6 Pro menawarkan fitur-fitur menarik seperti Hasselblad Natural Color, Hasselblad Pro Mode, mode XPAN, dan Hasselblad Watermark.

Smartphone ini andalkan kamera 50 MP dengan sensor Sony IMX989 dengan ukuran 1 inci. Sensor yang juga digunakan pada kamera Xiaomi 13 Pro dan vivo V90 Pro. Selain itu, Kamera ultrawide dan periskop telefoto juga memiliki resolusi 50 MP menggunakan sensor Sony IMX 890 dengan ukuran 1/1,56 inci.

OPPO Find X6 Pro menggunakan chip NPU mariSilicon X dengan arsitektur 6 nm yang dapat meningkatkan akurasi, fokus, dan stabilisasi gambar untuk kamera periskop telefoto.

Selain itu, kamera ultrawide di OPPO Find X6 Pro memiliki sudut pandang yang lebih luas dan periskop telefoto juga memiliki kemampuan close-up yang lebih tajam. Bisa dikatakan, sisi fotografi di OPPO Find X6 Pro memang sangat luar biasa untuk smartphone saat ini.

3. Honor Magic5 Pro

Dok. DxOMark

Mungkin bagi sebagian orang, nama brand smartphone satu ini kurang familiar. Namun jika bicara soal kemampuan kamera tentu smartphone ini tidak bisa dilewatkan. Hadir pada akhir Februari 2023 pada ajang MWC di Spanyol kemampuan smartphone ini cukup menarik perhatian karena menggunakan SoC Snapdragon 8 Gen 2 yang sangat mutakhir.

Masuk ke bagian kamera, kamera utamanya memiliki resolusi 50 MP dengan ukuran sensor 1/1.12 inci. Dengan ukuran sensor yang nyaris 1 inci ini, hasil foto malam harinya bisa terlihat lebih terang dan minim noise.

Kamera pendampingnya tak kalah bagus karena memiliki sensor ultrawide 50 MP yang punya bidang pandang 122 derajat. Ini digunakan agar dapat mengambil lebih banyak pemandangan pada satu frame.

Terakhir adalah sensor telefoto 50 MP yang memiliki bukaan f/3.0 dan sanggup lakukan pembesaran optis hingga 3.5x. Pada kamera telefoto dan kamera utamanya ada fitur stabilisasi OIS agar hasil foto tidak mudah buram. Melansir dari DxOMark, Honor Magic5 Pro mendapatkan skor kamera keseluruhan sebesar 152 poin. Skor untuk foto 154 poin dan untuk video 144 poin.

4. OPPO Find X6

Dok. Internet

Bisa dibilang meskipun bukan varian Pro namun OPPO Find X6 juga memiliki kamera yang terbaik untuk smartphone saat ini. Meskipun sudah jelas kemampuan kameranya ada di bawah varian Pro yang sudah kami sebutkan sebelumnya.

Sama seperti Pro, OPPO Find X6 juga dibekali tiga buah kamera di bagian belakang. Kemampuannya pun tidak jauh berbeda. HP ini memiliki satu kamera utama 50 MP (f/1.8) yang memiliki focal length 24mm. Memiliki kemampuan multi-directional PDAF yang membuat bidikannya tetap fokus. Serta dilengkapi oleh OIS (Optical Image Stabilization) yang membantunya meredam guncangan ketika memotret.

Selain itu, terdapat kamera periskop telefoto 50 MP (f/2.6) yang memiliki focal length 65mm. Menariknya, kamera ini mampu melakukan zoom yang sangat baik yaitu dengan optical zoom hingga 2,8x.

Untuk memotret objek dengan jarak dekat atau makro juga cukup baik berkat mode portrait-nya. Agar gambar yang dihasilkan tetap stabil, kamera ini juga dibekali PDAF dan OIS.

Selanjutnya ada kamera ultrawide dengan resolusi sama yaitu 50 MP (f/2.0) dengan focal length 15mm. Kamera ini memiliki sudut pandang yang cukup luas hingga 112 derajat. Sama seperti versi Pro-nya, OPPO Find X6 juga sudah bekerja sama dengan Hasselblad. Jadi, HP ini juga memiliki fitur Hasselblad Color Calibration yang mempertajam warna dari foto tersebut.

Untuk videografinya, tentu saja OPPO Find X6 mampu merekam di kualitas 4K dengan 60 fps. Kemampuan perekamannya ini juga didukung oleh gyro-EIS untuk meredam guncangan, HDR, dan 10-bit video.

Kemampuan kamera dari OPPO Find X6 menjadi salah satu yang terbaik menurut DxOMark. Bahkan, OPPO Find X6 mendapatkan skor 150 poin untuk kamera secara keseluruhan. Skor tersebut berdasarkan skor foto 152 poin dan video 143 poin.

5. Huawei Mate 50 Pro

Dok. Huawei

Kembali ada smartphone dari brand Huawei yang punya kamera terbaik untuk saat ini. Kali ini Huawei Mate 50 Pro. Huawei Mate 50 Pro hadirkan resolusi kamera utama 50 MP dengan bukaan yang bisa disesuaikan antara f/1.4 hingga f/4.0.

Kamera keduanya menggunakan sensor ultrawide 13 MP dengan focal length 13 mm serta apertur atau bukaan f/2.2. Kamera ultrawide di HP ini memiliki sudut keluasan 120 derajat yang dapat memuat lebih banyak subjek dalam satu frame.

Untuk kamera ketiga smartphone ini mengandalkan sensor periskop telefoto 64 MP, lengkap dengan stabilisasi OIS dan kemampuan zoom optis hingga 3.5x.

Hampir sama dengan smartphone sebelum-sebelumnya Huawei Mate 50 Pro juga tentunya mendukung fitur perekaman video yang lengkap, seperti 4K hingga 60 FPS, dan sudah dilengkapi stabilisasi gyro-EIS.

Melansir DxOMark, smartphone ini mendapatkan skor 149 untuk nilai keseluruhan kameranya. Skor 152 untuk foto, dan 141 untuk video. Tiga aspek fotografi yang paling dikuasai HP ini adalah exposure, autofokus, dan kemampuan bokeh.

6. Google Pixel 7 Pro

Dok. Internet

Satu lagi brand yang bisa dikatakan tidak terlalu banyak diketahui di Indonesia karena memang pasalnya Google Pixel memang tidak tersedia di Indonesia secara resmi. Meskipun begitu jika berbicara mengenai smartphone kamera terbaik saat ini tentu Google Pixel 7 Pro layak dianggap sebagai HP dengan kemampuan kamera terbaik. Smartphone ini membawakan konfigurasi triple camera di belakangnya, mengusung kombinasi lensa 50 + 48 + 12 MP.

Untuk kamera utama yaitu kamera 50 MP (f/1.9) dengan ukuran sensor 1/1.31 inci yang diiringi PDAF segala arha, Laser AF, dan OIS. Sementara untuk kamera keduanya, ada lensa telefoto 48 MP (f/3.5) dengan ukuran sensor 1/2.55 inci, sanggup melakukan zoom optik hingga 5x dan disertai OIS.

Barulah pada kamera ketiga atau kamera terakhir memiliki kamera ultrawide 12 MP (f/2.2) dengan ukuran sensor 1/2.9 inci pada sudut penglihatan 126 derajat. Fitur perekaman video di HP ini mencakup resolusi 4K di kecepatan hingga 4K.

Keistimewaan fotografi pada Google Pixel 7 Pro juga terletak pada chipset-nya. Smartphone ini memiliki prosesor dengan Google Tensor G2 berfabrikasi 5 nm, memiliki ISP kustom dan kemampuan machine learning yang sungguh bersaing di industri flagship.

Tidak heran jika Google Pixel 7 Pro bahkan sanggup menghilangkan blur pada foto, dan menghapus objek tak diinginkan melalui Magic Eraser secara natif tanpa terhubung ke internet. Melansir DxOMark, Google Pixel 7 Pro meraih skor kamera 147 poin dengan skor kamera sebanyak 148 poin dan skor video sebanyak 143 poin.

7. Honor Magic4 Ultimate

Dok. HONOR

Kembali ada smartphone dari Honor yang memiliki kualitas kamera terbaik untuk saat ini. Spesifikasi dari Honor Magic4 Ultimate lebih dari varian lainnya. Smartphone ini dilengkapi layar LTPO OLED berdimensi 6,81 inci yang menyajikan refresh rate adaptif 120 Hz dan mendukung 1 miliar warna.

Tentu ada kamera yang jadi nilai plus mengapa smartphone ini menjadi smartphone yang terbaik. Pada sisi kameranya, sfs lima buah lensa di belakang yang terdiri atas dua sensor wide-angle 50 MP, kamera 64 MP ultrawide (FOV 126 derajat), sensor 64 MP periskop telefoto, dan Time of Flight sebagai sensor kedalaman.

Kamera utama memiliki sensor 50 MP dan memiliki bukaan f/1.6 degn PDAF dan Laser AF. Kamera persikop telefotonya pun sudah mengusung OIS dan kemampuan pembesaran zoom optikal hingga 3,5 kali. Kamera smartphone ini juga disinyalir mampu merekam hingga resolusi 4K di kecepatan 60 FPS, serta mendukung perekaman HDR10 dan 10-bit video.

Sementara pada kamera depannya, Honor Magic4 Ultimate dipasangkan dengan sensor 12 MP ultrawide yang memiliki field of view seluas 100 derajat. Seperti kamera belakangnya, kamera depan juga bisa merekam hingga resolusi 4K kendati hanya dengan kecepatan 30 FPS. Honor Magic4 Ultimate bahkan mencapai skor kamera DXoMark sebesar 147 poin secara keseluruhan, untuk skor foto 150 poin, zoom 151 poin, dan video 137 poin.

Itulah tadi daftar smartphone dengan kamera terbaik tahun 2023 ini. Siap memiliki salah satunya, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration