Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

4 Rumah Sakit di Indonesia yang Terkenal dengan Kisah Horornya

Ceritanya bikin kalian pasti merinding

Romi Subhan

Pada saat duduk di bangku sekolah, pernahkah kalian diceritakan oleh teman bahwa rumornya sekolah kalian dulunya bekas rumah sakit angker? Hal-hal seperti itu yang diceritakan saat kita kecil membuat kita beranggapan bahwa rumah sakit mengerikan dan banyak hantu. Belum lagi adanya kamar mayat serta jenazah-jenazah yang ada di rumah sakit membuatnya semakin mencekam. 

Selain itu, banyaknya orang yang sakit, bangunan yang terkadang kuno, dan kejadian-kejadian yang terjadi di rumah sakit memang dapat membuatnya mempunyai suasana yang angker dan terkadang terdapat cerita-cerita yang sebenarnya belum tentu kebenarannya namun sudah menjadi urban legend setempat.

Kira-kira di Indonesia, rumah sakit di mana saja, sih, yang punya cerita angker? Simak beberapa rumah sakit berikut!

Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM)

Dok. Internet

Terletak di Jakarta dan menjadi salah satu rumah sakit tertua di Indonesia, pastinya RSCM menyimpan banyak cerita horor dan urban legend. Salah satu ceritanya adalah terdapat mahasiswa yang pada saat menjenguk temannya di rumah sakit ini, mendengar suara dari salah satu ruang tidak terpakai di RSCM dan melihat potongan kepala perempuan berambut panjang yang menatapnya.

Rumah Sakit Immanuel

Dok. Internet

Tidak hanya di Jakarta, kota Bandung juga memiliki beberapa rumah sakit angker yang memiliki banyak cerita. Salah satunya adalah Rumah Sakit Immanuel, di mana di rumah sakit ini menurut para pasien dan pekerja seringkali terdengar suara tangisan wanita dan juga suara keranda yang didorong di malam hari.

Rumah Sakit Darmo

Rumah sakit peninggalan zaman penjajahan memang selalu menyimpan banyak cerita. Rumah Sakit Darmo di Surabaya yang didirikan di zaman penjajahan Jepang ini seringkali terdengar suara jeritan dan tangis dari seorang wanita, sering terlihat sosok suster yang telapak kakinya tidak menapak, dan yang paling menyeramkan adalah adanya sosok kuntilanak di bangsal anak-anak.

Rumah Sakit Terbengkalai di Kawasan Pamulang

@kajimanfilm

Di film Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji yang rilis pada Juni 2023, rumah sakit dijadikan salah satu latar adegan dalam film. Fakta menariknya, lokasi tersebut ternyata rumah sakit sungguhan yang sudah terbengkalai dan otomatis menciptakan suasana mencekam.

“Jadi rumah sakit itu sempat jadi tempat pasien-pasien COVID-19 dirawat tapi setelahnya sengketa. Lokasinya di deket-deket Pamulang. Pas datang ke sana alat-alat medisnya masih ada, masih cukup bersih, tapi kosong. Jadi suasananya beneran horor banget,” ungkap Perlita Desiani selaku produser film Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji.

Sang sutradara, Adriyanto Dewo pun membenarkan hal tersebut. Bahkan, syuting sejumlah adegan di rumah sakit tersebut terasa sangat menantang lantaran minim pencahayaan dan sempat ada kejadian mistis.

“Scene di rumah sakit emang beneran serem, karena syutingnya kebetulan pas malam. Terlebih yang kita take di sana itu bagian adegan-adegan yang menegangkan. Beberapa kru ada yang sempat mendengar suara aneh dan ngeliat penampakan di rumah sakit itu,” kata Adri.

Selain 4 rumah sakit di atas, masih banyak lagi cerita-cerita angker yang terdapat di beberapa rumah sakit di Indonesia. Adakah rumah sakit angker lainnya yang pernah kamu datangi, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration