Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Inilah 13 Artis Indonesia yang Pernah Jadi Paskibraka, Bikin Bangga!

Tak hanya jago berlakon, nih!

Nindi Widya Wati

Berkesempatan sebagai Pasukan Pengibar Bendera tentu jadi pengalaman berharga, terlebih jika dapat bertugas secara langsung di Istana Negara. Pengalaman mengesankan yang ternyata sempat dirasakan pula oleh sederet artis Tanah Air, lho, Bela. 

Mulai dari nama artis yang menjadi paskibra saat masih duduk di bangku SD, sampai mereka yang didapuk mengibarkan bendera di hadapan presiden serta petinggi lainnya. 

Penasaran? Kira-kira siapa kumpulan artis yang menjadi anggota Paskibraka? Simak dalam artikel berikut, yuk

1. Irzan Faiq

Instagram.com / irzannfaiq

Aktor pendatang baru Irzan Faiq yang namanya melejit di beberapa series Tanah Air ini, ternyata sempat mengukir pengalaman emas bergabung menjadi Pasukan Pengibar Bendera pada tahun 2017, Bela. 

Pengalaman tersebut, terlihat pada foto yang ia bagikan di laman Instagramnya @irzannfaiq. Unggahan menampilkan sederet foto saat ia bertugas mengibarkan sang Merah Putih.

2. Hana Saraswati

Instagram.com / hanahaho

Punya postur tubuh yang cukup tinggi, ternyata membuat aktris Hana Saraswati pernah jadi anggota Paskibra. Ia mengikuti serangkaian latihan Paskibra saat menjadi sisiwi di SMA Negeri 81 Jakarta. Berkat kepiawaiannya, Hana berkesempatan menjadi penyambut kedatangan presiden Mesir di Indonesia dan bisa mengalungkan bunga.

3. Fero Walandouw

Instagram.com / fero_walandouw

Fero Walandouw pernah padi anggota Paskibra tingkat provinsi, tepatnya untuk Provinsi Sulawesi Utara. Kala itu dirinya masih duduk di bangku sekolah pada tahun 2006. Bisa sampai lolos seleksi hingga tingkat provinsi tentu jadi sebuah prestasi tersendiri bagi Fero.

4. Aaliyah Massaid

Instagram.com / aaliyah.massaid

Siapa sangka Aaliyah Massaid model sekaligus putri sulung mendiang Aji Massaid dan Reza Artamevia ini pernah berkesempatan menjadi Pasukan Pengibar Bendera. Jadi makin istimewa, sebab Aaliyah melakukan pengeberan bendera pertama di dalam air. Bertepatan dengan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 di Aquarium Utama Sea World, Ancol Taman Impian, Jakarta.

5. Pasha Ungu

Instagram.com / ungu_band

Sigit Purnomo Syamsuddin Said atau yang lebih dikenal publik sebagai Pasha Ungu juga pernah lho aktif di Paskibra, Bela. Wakil Walikota Palu ini jadi anggota Paskibra pada tahun 1995 kala ia masih duduk di bangku SMA. Kala itu Pasha berada di barisan Paskibra tingkat provinsi, tepatnya Provinsi Sulawesi Tengah. 

6. Deva Mahenra

Instagram.com / devamahnera

Deva sebagai aktor Tanah Air yang mengawali debut film pada 2013, ternyata sempat punya pengalaman menjadi Paskibra. Bahkan, ia dalam keanggotaan Paskibra dapat kesempatan menjadi Komandan Peleton Pasukan 45 tepatnya pada tahun 2007. 

7. Marcelino Lefrandt

Instagram.com / marcelinolefrandt

Aktor kawakan Marcelino Lefrandt yang berparas bule ini tak disangka pernah berada di barisan Paskibraka, Bela. Bahkan, ia terdaftar sebagai Paskibraka Provinsi Sulawesi Utara. Tak hanya sebagai anggota, Marcelino Lefrandt bahkan memimpin pasukan sebagai komandan. 

8. Hengky Kurniawan

Instagram.com / hengkykurniawan

Aktor Hengky Kurniawan yang kini telah sibuk di dunia politik, ternyata dulu pernah jadi anggota Paskibra. Ia mengikuti Paskibra saat duduk di bangku SMA, Bela. Berkat keuletannya mengikuti rangkaian latihan, pada tahun 1999 Hengky berhasil lolos hingga tingkat Nasional dan bertugas di Istana Negara, lho

9. Ayu Dyah Pasha

Instagram.com / ayu.dyah.pasha

Tak hanya jago berlakon, Ayu Dyah Pasha juga mahir dalam baris-berbaris. Ya, tak disangka senior artis ini pernah jadi anggota Paskibra. Ia sempat menjadi pasukan Paskibra di tahun 1980 silam. 

10. Joko Anwar

Instagram.com / jokoanwar

Sutradara kebanggaan Indonesia, Joko Anwar pernah terpilih menjadi Paskibraka di era 90-an. Bahkan melalui laman Instagram pribadinya @jokoanwar, ia membagikan kenangan masa lalu saat menjadi pasukan pengebar sang Merah Putih di Istana.

11. Inul Daratista

Instagram.com / Inul.d

Diva dangdut Inul Daratista sebelum asyik dengan goyang ngebornya, tak disangka pernah jadi anggota paskibra. Bahkan, Inul ditunjuk jadi anggota paskibra saat masih duduk di kelas 5 SD. Keren juga, ya, pengalaman Mbak Inul! 

12. Anisa Rahma

Instagram.com / anisarahma12

Tak hanya berbakat dalam dunia tarik suara, dance, ataupun akting, namun di balik parasnya sekarang yang makin anggun karena mengenakan hijab, Anisa Rahma sebelum menjajaki dunia hiburan ternyata pernah menjadi anggota Paskibra. Serba bisa banget, ya

13. Dea Anisa

Instagram.com / deaaannisa

Dea Annisa atau yang sedari dulu lebih akrab disapa Dea Imut, ternyata berpengalaman pula menjadi anggota Paskibra. Ia diketahui aktif menjadi anggota Paskibra semasa bersekolah di SMAN 38 Jakarta.

Itulah, 13 artis Indonesia yang berkesempatan emas jadi anggota Paskibraka, Bela. Wah, ada lagi nama artis yang kamu tahu? Bisa tulis lewat kolom komentar, ya

IDN Media Channels

Latest from Inspiration