Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Fakta Film 'Persona: Sulli', Lengkap dengan Sinopsisnya

Muncul banyak permohonan maaf untuk mendiang Sulli

Nindi Widya Wati

Saat seseorang telah pergi, mungkin yang paling mudah diingat darinya adalah kenangan. Kira-kira kalimat itulah, yang menggambarkan perasaan para penggemar Sulli, saat menyaksikan film dokumenter garapan Netflix, bertajuk Persona: Sulli. 

Sebelum membahas lebih jauh tentang Persona: Sulli, mari kita kembali pada tahun 2019. Kala itu, betapa getirnya dunia K-pop karena Choi Jin Ri atau lebih dikenal sebagai Sulli, ditemukan meninggal dunia di kediamannya kawasan Sujeong-gu, Seongnam-si. 

Dok. Persona: Sulli

Kepergian penyanyi dan aktris ini, mengejutkan dunia hiburan Korea Selatan sekaligus menyisakan duka mendalam bagi keluarga, teman, dan penggemarnya. Empat tahun berselang, tepatnya pada Mei 2023, Netflix mengumumkan bahwa mereka akan menayangkan film dokumenter, berjudul Persona: Sulli, pada 13 November 2023.

Lewat film berjumlah dua bagian ini, akan mengajak penonton melihat betapa kerasnya perjuangan Sulli untuk bertahan di industri hiburan Korea Selatan. Lantaran, waktu memproduksi film Persona: Sulli diketahui sebelum Sulli meninggal dunia. Kalau penasaran dengan filmnya, berikut Popbela telah merangkum fakta film Persona: Sulli serta sinopsisnya.

1. Soroti kehidupan pribadi Choi Jin Ri

Dok. Persona: Sulli

Pengerjaan film ini, tak hanya mengisahkan sosok anggota girl group f(x) dengan nama panggung Sulli. Namun, menengok lebih jauh kehidupan pribadi seorang Choi Jin Ri di dunia nyata. 

Mulai dari hubungannya dengan keluarga, teman-teman, hingga perjalanan pribadinya dalam menemukan jati diri di tengah sorotan publik. Persona: Sulli, menjadi film dokumenter yang mengajak penonton untuk memahami sang idola dari berbagai sisi kehidupan, baik di depan layar televisi ataupun di belakang panggung. 

2. Persona: Sulli menjadi bagian kedua dari film Persona

Dok. Persona: Sulli

Jika menelisik rangakaian film dokumenter ini, sebenarnya ada proyek pertama berjudul Persona yang rilis pada 2019. Poyek pertama ini, terdiri atas empat series yang dibuat oleh empat sutradara, dan dibintangi oleh solois Korea Selatan, IU.  

Barulah, usai itu muncul film Persona: Sulli yang menjadi proyek kedua Netflix dengan dibintangi Sulli. Awalnya, film tersebut bakal dibuat sebanyak lima bagian yang digarap oleh lima sutradara. Namun, mengalami perubahan usai kepergian Sulli.

3. Penggarapan film sempat berhenti usai kepergian Sulli

Dok. Persona: Sulli

Bila menengok rencana awalnya, Netflix akan membuat dokumenter Persona: Sulli dengan jumlah lima episode. Namun, pada proses syuting episode kedua, mendapatkan kepergian Sulli untuk selama-lamanya. Hal itu membuat Mystic Story, selaku pihak rumah produksi sempat menghentikan pengerjaan proyek tersebut. 

Akan tetapi, Netflix memutuskan untuk tetap merilisnya dengan sejumlah penyesuaian, hingga muncullah Persona: Sulli dengan dua bagian. Di antaranya berjudul 4: Clean Island yang dibintangi Sulli sebagai pemeran utama. Serta, film dokumenter panjang bertajuk Dear Jinri yang menampilkan wawancara bersama Sulli.

4. Tuangkan pesan kesehatan mental

Dok. Persona: Sulli

Dalam dua bagian film ini, akan menyorot banyak hal tentang kesehatan mental. Terlebih, kalau mengetahui saat semasa hidup, Sulli memang dikenal kerap membahas isu-isu kesehatan mental secara terbuka. Persona: Sulli akan menceritakan mengenai perjuangan Choi Jin Ri dalam berupaya mengatasi kesehatan mental, hingga keinginannya untuk membantu orang lain yang mengalami masalah serupa.

5. Karier Sulli di industri hiburan Korea Selatan

Dok. Persona: Sulli

Sedari kecil, Sulli tumbuh dan berkembang di lingkup industri hiburan Korea Selatan. Maka dari itu, lewat film dokumenter ini, Sulli mengisahkan perjuangannya serta rintangan yang harus ia dihadapi sebagai seorang idol.

Kita akan mengetahui betapa besar tantangan hingga tekanan, yang menjadi masalah utama para idol K-pop. Apalagi, di film dokumenter ini, Sulli akan menceritakan bagaimana ia harus menghadapi segala serangan dari warganet serta kisah persaingan sesama artis K-pop.

6. Sulli ceritakan kegelisahannya

Dok. Persona: Sulli

Bagi kamu yang akan menyaksikan Persona: Sulli, maka bisa mengamati saat Sulli menceritakan segala kegelisahannya. Di mana lewat klip yang berdurasi 44 detik, Sulli terlihat sedang melakukan sesi wawancara. 

Ia mengungkap, bahwa tengah gelisah karena menjadi populer dan hal tersebut membuatnya takut. Sulli juga bertanya-tanya tentang perannya di dunia ini dan apa yang dipikirkan orang-orang seusianya. 

7. Ungkap hubungan idol dengan penggemar

Dok. Persona: Sulli

Sejak menjadi artis cilik pada tahun 2005 silam, membuat Sulli memiliki banyak penggemar setia. Bahkan, kalau melihat alur cerita film ini, turut menyoroti hubungan antara Sulii dengan para penggemarnya. 

Momen-momen berharga ikut ditampilkan, seperti pertemuan dengan penggemar. Interaksi Sulli dan penggemar di media sosial, konser, hingga dukungan penuh cinta saat ia tengah menghadiri beberapa acara.

8. Film dokumenter wujud warisan Sulli

Dok. Persona: Sulli

Peluncuran film Persona: Sulli, disebut bukan hanya sebagai media kenangan. Namun, juga warisan kepada keluarga, teman, penggemar, hingga industri hiburan Korea. Apalagi, kalau mengingat selama karier keartisannya, Choi Jin Ri termasuk salah satu orang yang berhasil membuat budaya pop Korea Selatan makin mendunia. 

Sebelum tayang di Netflix, bagian kedua dari film Persona: Sulli bertajuk Dear Jinri, sempat meraih sambutan luar biasa. Salah satunya, lebih dulu masuk ke dalam nominasi Wide Angle – Documentary Showcase di Busan International Film Festival atau BIFF ke-28, yang berlangsung di tanggal 4-13 Oktober 2023. 

Sinopsis film dokumenter Persona : Sulli

Dok. Persona: Sulli

Saat di bagian pertama Persona : Sulli, menayangkam film pendek berjudul 4: Clean Island. Di mana memperlihatkan sosok perempuan bernama 4, yang bermimpi untuk berimigrasi ke pulau terbersih di dunia. Perempuan ini awalnya digambarkan tinggal di rumah jagal babi, namun dalam perjalanan imigrasi tersebut harus mengakui segala dosanya.

Sedangkan, mengenai bagian kedua bertajuk Dear Jinri menjadi film dokumenter berdurasi panjang. Di mana menyampaikan berbagai kekhawatiran dan pemikiran sehari-hari yang dialami oleh Sulli ketika berusia 25 tahun, melansir dari Allkpop.

Dok. Persona: Sulli

Di bawah arahan sutradara Jung Yoon-sook, film dokumenter ini disajikan dalam bentuk wawancara mendalam. Bahkan, disebut-sebut menjadi rekaman wawancara terakhir sang artis sebelum meninggal dunia. Persona: Sulli mencoba menampilkan semua keinginan Sulli secara apa adanya kepada publik.

Di sisi lain, film dokumenter tersebut juga menampilkan foto-foto perjalanan kehidupan mendiang Sulli dari kecil hingga menjadi idol K-pop yang sukses. Berdasarkan format tersebut, diharapkan penggemar bisa lebih memahami Sulli dari kisah kehidupan pribadi dan kariernya.

Sejak penayangan Persona: Sulli pada 13 November 2023 lalu, banyak respon mengenai peluncuran film dokumenter ini di laman media sosial. Ada penggemar yang mengaku belum berani menonton filmnya, ungkapan rindu, hingga permohonan maaf beberapa orang yang dulu merasa pernah berkomentar buruk kepada Sulli. Apakah kamu sudah menontonnya, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration