Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Fakta Perilisan Single "3D", Karya Jung Kook & Jack Harlow

Single "3D" rilis pada 29 September 2023 mendatang

Nindi Widya Wati

Jung Kook BTS sebagai anggota yang masih sibuk dengan banyak aktivitas solo, baru-baru ini terpantau akan merilis single terbaru bertajuk "3D". Kemunculan lagu ini, menjadi kolaborasi pertama kali antara Jung Kook dengan musisi Jack Harlow. 

Tersiarnya kabar itu cukup mengagetkan para penggemar, karena ini berarti lagu "3D" menjadi single kedua Jung Kook setelah perilisan "Seven" pada tahun ini. Lantas, seperti apa fakta peluncuran single "3D" yang menjadi kolaborasi Jung Kook dan Jack Harlow? Yuk, simak informasinya sebagai berikut, Bela.

Jung Kook umumkan single "3D" di Global Citizen Festival 2023

Twitter.com / BIGHIT_MUSIC

Siapa sangka, kalau Jung Kook mengumumkan perilisan single barunya berjudul "3D" saat ia tampil di Global Citizen Festival 2023 kawasan New York, pada 23 September 2023. Momen tersebut muncul, ketika Jung Kook selesai tampil menjadi headliner, dengan penayangan sebuah klip di layar besar.

Dari beberapa tanda yang diberikan, tentunya membuat penggemar heboh dengan mengira ada proyek lagu terbaru Jung Kook. Benar saja, tak selang beberapa lama, BIGHIT Music selaku agensi dari BTS merilis secara resmi sebuah klip berdurasi 35 detik di kanal YouTube HYBE LABELS. 

Perilisan "3D" pada 29 September 2023 mendatang

Twitter.com / BIGHIT_MUSIC

Kabar perilisan single baru Jung Kook, makin dikuatkan dengan pengumuman resmi dari BIGHIT Music, pada 24 September 2023. Lagu "3D" menjadi single kedua Jung Kook, setelah sebelumnya sukses merilis single "Seven" yang berduet dengan penyanyi Latto. 

Single "3D" yang menampilkan kolaborasi Jung Kook dan Jack Harlow akan resmi dirilis pada 29 September 2023, pukul 1 PM (KST). Dibarengi pula dengan pre-order single CD dan alternate ver. single CD di BTS U.S. store. 

Kolaborasi pertama Jung Kook dengan Jack Harlow

Dok. Istimewa

Kehadiran single "3D", menjadi duet pertama kali antara Jung Kook dengan musisi Jack Harlow yang populer lewat lagu "INDUSTRY BABY". Penyanyi kelahiran 13 Maret 1998 ini, sebenarnya memiliki nama lengkap Jackman Thomas Harlow.

Ia dikenal sebagai rapper asli Amerika Serikat yang lahir di Louisville, Kentucky. Jack Harlow memulai kariernya sejak tahun 2015, dengan merilis beberapa EP dan mixtape

Barulah, pada tahun 2018, Harlow resmi bergabung dengan label rekaman Don Cannon dan DJ Drama, dari Generation Now atau sebuah cetakan dari Atlantic Records. Karier gemilang Harlow datang lewat perilisan single "What's Poppin" yang booming di aplikasi TikTok, pada tahun 2020. 

Bahkan, lagu Harlow berhasil menduduki di nomor dua di AS Billboard Hot 100, dan kemudian menerima nominasi Grammy Award. Harlow termasuk dalam "2020 Freshman Class" majalah XXL sebelum dia merilis album studio debutnya, That's What They All Say (2020), yang mendapat sertifikasi platinum di Amerika Serikat.

Single "3D" hadir dengan genre Pop R&B

Twitter.com / BIGHIT_MUSIC

Single kedua Jung Kook berjudul "3D", menjadi single bergenre Pop R&B. Melansir dari laman Weverse, lagu "3D" hadir dengan ekspresi perasaan yang cerdas dan tidak dapat dicapai dari sudut pandang dimensi pertama, kedua, dan ketiga. 

Bahkan, diungkapkan pula kalau "3D" akan menampilkan sisi Jung Kook yang lebih dewasa setelah karyanya “Seven (feat. Latto)”. Lalu, mengenai penampilan Jack Harlow, akan membawakan gaya rapp yang unik dan menambah semangat pada pemutaran lagu "3D".

Luncurkan konsep foto bertajuk '1D' dan '2D'

Twitter.com / BIGHIT_MUSIC

Sebelum resmi merilis single "3D", Jung Kook lebih dulu meluncurkan dua konsep foto yang diberi nama '1D' dan '2D', pada 24 September 2023. Konsep foto Jung Kook di bagian '1D', banyak menggunakan setelan berwarna hitam. Sedangkan, untuk konsep foto '2D', Jung Kook dominan memperlihatkan setelan hoodie warna abu-abu. 

Perilisan dua teaser pada 24 September 2023

Twitter.com / BIGHIT_MUSIC

Sebagai tanda perilisan single "3D", BIGHIT Music selaku agensi menayangkan dua teaser di kanal YouTube HYBE LABELS. Dua klip tersebut disutradarai oleh Andy Iere Kim dan produser Daye Noh. 

Pada klip pertama, bertajuk "Jung Kook '3D' Hero Film 01" yang ditayangkan pada 24 September 2023 dengan tembus satu juta penayangan. Lalu, masih di hari yang sama muncul pula klip kedua dengan judul "Jung Kook '3D' Hero Film 02". 

Apakah single ini bisa menyaingi "Seven"?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration