Big Hit Bantah Lagu "Seven" - Jungkook Plagiat Milik Fin.K.L

Disebut miliki urutan tangga nada yang sama

Big Hit Bantah Lagu "Seven" - Jungkook Plagiat Milik Fin.K.L

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Rumor plagiat tengah menerpa Jungkook. Dikabarkan pada Selasa (22/8) pagi, lagu "Seven" yang dirilisnya pada Juli lalu tersebut memiliki kemiripan dengan lagu "Time of Mask" milik girlgroup K-pop generasi 1, Fin.K.L. Mengutip dari laporan Allkpop, single debut solo maknae BTS itu dituduh "meminjam urutan tangga nada yang sama" sebagai melodi kunci.

Tanggapan Big Hit

"Seven" sendiri diciptakan oleh beberapa komposer luar negeri seperti Andrew Watt, Jon Bellion, Henry Walter, Theron Makiel Thomas, dan Latto. Tak butuh waktu lama, Big Hit selaku agensi yang menaungi member BTS membuat klarifikasi yang menyatakan bahwa tuduhan tersebut tidak benar.

"Klaim pelanggaran hak cipta terhadap 'Seven' milik Jungkook tidak benar. 'Seven' diciptakan melalui kolaborasi lima komposer luar negeri. Ini adalah produk kreatif yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan lagu yang dirilis 24 tahun lalu di Korea Selatan, seperti klaimnya. Label tersebut ingin menekankan bahwa klaim sepihak tidak sesuai dengan standar apa pun untuk menentukan pelanggaran hak cipta, seperti kesamaan substansial atau orisinalitas," tulis pernyataan resmi agensi.

Sebelumnya, Yang Joon Young selaku pencipta lagu "Time of Mask" telah meneruskan permintaan evaluasi urutan tangga nada kedua lagu tersebut kepada produser di HYBE Labels.

Sekilas tentang Fin.K.L

Fin.K.L (Fin Killing Liberty) merupakan grup yang debut pada 1998 di bawah naungan DSP Media. Pada peralihan era 1990-an ke 2000-an, kelompok beranggotakan Lee Hyori, Ok Joo Hyun, Lee Jin, dan Sung Yu Ri ini begitu populer di masyarakat. Mereka menjadi rival S.E.S dari SM Entertainment yang juga aktif di era yang sama.

Secara keseluruhan, grup ini empat album studio, yaitu Blue Rain (1998), White (1999), Now (2000), dan Eternity (2002). Lagu "Time of Mask (가면의 시간, gamyeone sigan)" yang disebutkan di awal artikel merupakan bagian dari album kompilasi Special yang dirilis pada 24 November 1999. 

Kalau menurut kamu, apakah kedua lagu tersebut memiliki kemiripan, Bela?

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here