Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

TikTok Replay 2021, Kilas Balik Tren TikTok Sepanjang Tahun 2021

Masih ingat tren ini, Bela?

Niken Ari Prayitno

Tahun 2022 sudah memasuki bulan kedua, nih, Bela. Itu artinya kita harus bersiap lagi menghadapi tahun ini dengan lebih semangat untuk berkarya atau menciptakan tren baru yang akan viral.

Sepanjang tahun 2021 kemarin, begitu banyak tren yang viral di TikTok. Rasanya sayang jika tren tersebut berlalu begitu saja. Untuk mengabadikan tren yang sempat viral di TikTok sepanjang 2021, kreator konten Dimas Ramadhan (@Dimsthemeatguy), Ibnu Wardani (@Ibnuwardani), dan Daffa Urrofi (@Urrofi_) menginisasi dibuatnya TikTok Replay 2021. 

Bagaimana TikTok Replay 2021 tersebut dan kisah di balik proses pembuatannya? Simak selengkapnya berikut ini.

Alasan di balik pemilihan kata 'Replay' dalam TikTok Replay 2021

Dok. TikTok

Replay diambil dari kata memainkan ulang. Dikaitkan dengan 2021, TikTok Replay 2021 ini menekankan di segala tren, kreator, dan lagu-lagu yang terlahir dari TikTok di tahun 2021.

Selain itu, 'Replay' juga telah dipertimbangkan sebagai kata yang lebih otentik dibanding 'Rewind', sehingga bisa membedakan diri dengan segala istilah 'Rewind Indonesia' yang lebih dulu digunakan dan dipopulerkan oleh YouTube.

TikTok Replay 2021 mengisahkan kehidupan kreator yang lebih baik setelah rutin membuat konten

Dok. TikTok

Berawal dari sebuah gerakan membuat karya dari kreator untuk kreator terbentuklah sebuah hashtag #LebihBaik yang menjadi acuan, pilar dan pondasi dari 3 inisiator ketika pembuatan TikTok Replay 2021.

Hashtag #LebihBaik dipilih karena mencerminkan karya-karya yang dibagikan kreator konten yang terpilih memberikan dampak. Selain itu, TikTok Replay 2021 ingin menceritakan bahwa kehidupan setelah menjadi kreator konten membawa mereka ke kehidupan yang lebih baik.

Proses produksi TikTok Replay 2021

Dok. TikTok

Waktu yang dibutuhkan untuk proses produksi TikTok Replay 2021 adalah selama tiga bulan. Dimulai dari ide yang terbentuk di bulan November 2021, para inisiator langsung membentuk tim inti untuk bisa masuk ke tahap pertama proses produksi yaitu, pre production.

Pada proses pre production seluruh tim melakukan brainstorming untuk ide alur cerita, tren, lagu dan kreator konten yang akan diundang. Diawali dengan mengumpulkan tren viral sepanjang 2021, hingga menyeleksi kreator konten yang bergabung dalam video TikTok Replay 2021. Karena proses ini didukung penuh oleh TikTok Indonesia, proses seleksi kreator konten terbilang cukup mudah. Sebab, TikTok Indonesia memberikan daftar kreator per kategorinya yang telah disusun berdasarkan performa dan dampak #LebikBaik mereka sepanjang 2021.

Setelah proses brainstorming rampung, maka diputuskan untuk membuat video berdurasi lima menit dengan melibatkan 100 kreator konten, puluhan tren dan puluhan lagu. Tim Talent Coordinator langsung menghubungi kreator konten yang diundang untuk memastikan mereka dapat hadir. Selain itu, berjalan secara paralel, tim lain juga menentukan studio yang akan digunakan untuk syuting, beserta Production House dan Tim Art yang akan bergabung di Tiktok Replay 2021.

Dok. TikTok

Dari segi cerita, para inisiator ini memutuskan untuk mengangkat kisah dari enam orang dengan latar yang berbeda yaitu pebisnis bangkrut, mahasiswa korban perundungan, karyawan yang tidak termotivasi, ibu rumah tangga yang terkekang, tunawisma dan pengemudi ojek online.

Video tersebut menceritakan kehidupan enam orang yang menjadi lebih baik setelah mengenal platform TikTok dan menjadi kreator konten. Dalam TikTok Replay 2021 juga diputar klip-klip sepanjang 2021 yang dimainkan oleh kreator konten yang sesuai dengan tren kategori masing-masing.

Dari persiapan pre production selama satu bulan, kemudian proses syuting pembuatan video di tanggal 13, 14, dan 15 Januari 2022 di studio. Sementara untuk tanggal 17 Januari 2022, tim kemudian melakukan syuting yang memerlukan treatment khusus dan lokasi syuting di luar ruangan. Tentunya proses produksi di outdoor sangat menantang karena cuaca yang tidak menentu.

Simak video TikTok Replay berikut ini

Dok. TikTok

Setelah selesai syuting, proses selanjutnya, post production yang memakan waktu hingga dua minggu. Proses ini dibagi menjadi dua, yakni offline dan online editing

Dengan segala pertimbangan dan melewati proses diskusi, maka video TikTok Replay 2021 mulai diunggah pada 31 Januari 2022 pukul 19.30 WIB di media sosial TikTok dengan akun @tiktokreply2021, serta pada 2 Februari 2022 pukul 19.30 WIB di YouTube Tiktok Replay 2021.

Penasaran seperti apa hasilnya? Simak videonya berikut ini.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration