Ada berbagai macam makanan yang kerap viral dibagikan melalui media sosial sepanjang tahun 2021, salah satunya melalui TikTok. Media sosial TikTok yang sedang digandrungi banyak orang ini memang berperan besar membuat sebuah kreasi menjadi viral, termasuk kreasi makanan.

Sederetan kreasi warganet yang tidak hanya lezat ini, bisa dijadikan sebagai ide bisnis kuliner karena kepopulerannya. Apa saja ya, kreasi makanan yang menjadi viral di TikTok sepanjang tahun 2021? Berikut adalah sederetan kreasi makanan yang viral di TikTok sepanjang tahun 2021 pilihan Popbela.

1. Steak Bumbu Indomie

https://www.youtube.com/embed/kbbbY3FZosY

Kreasi menu satu ini unik karena memadukan cita rasa Indonesia dan masakan barat. Steak indomie ini sempat viral setelah seorang pencinta daging di TikTok bernama Dims The Meat Guy, membagikan videonya memasak hidangan ini. Ia terlihat memasak dengan daging wagyu sirloin yang dibalut dengan bumbu indomie. 

Cara membuatnya juga hampir sama dengan memasak steak pada umumnya, namun yang membedakan adalah ketika marinasi naging. Sebelum dagingnya di-grill, kamu harus memarinasi dagingnya terlebih dahulu dengan bumbu indomie hingga rata. Diamkan selama 20 menit di dalam kulkas. 

2. Mac and Cheese Cheetos

https://www.youtube.com/embed/9j5SDC61XLY

Mac and cheese cheetos menjadi salah satu makanan yang viral di TikTok pada 2021. Kreasi yang dibuat dari paduan makaroni dan keju ini tentunya tak asing lagi bagi kita, namun inovasi kali ini menawarkan cita rasa yang berbeda karena menambahkan camilan cheetos sebagai salah satu bahan utama agar rasanya lebih nendang. 

Snack cheetos pilihanmu pertama-tama harus dilarutkan dahulu dalam air mendidih. Setelah larut, jangan lupa didingankan dulu sebelum dicampurkan ke perpaduan makaroni dan keju yang sudah matang. Mac and cheese cheetos lalu siap dihidangkan. 

3. Rujak Mangga Boncabe

https://www.youtube.com/embed/r7h9UIMDbrU

Rujak mangga boncabe merupakan salah satu resep makanan viral di TikTok yang harus dibuat para penggemar makanan pedas. Camilan yang memberikan rasa asam sekaligus pedas ini tidak hanya bikin ketagihan, namun cara membuatnya hanya butuh waktu kurang dari satu menit!

Kamu perlu menyiapkan mangga muda yang sudah di potong terlebih dahulu. Campurkan secara merata gula, garam, dan bubuk boncabe dengan potongan mangganya dalam satu wadah. Bubuk boncabe ini bisa disesuaikan level kepedasannya dengan seleramu, Bela.

4. Tofu Nori

https://www.youtube.com/embed/LWLdsWayuUk

Kreasi satu ini cocok sebagai lauk makan siang atau makan malam. Cara buatnya dimulai dari menyiapkan bahan utamanya yaitu tahu Jepang, dan membungkusnya dengan nori sebelum dipotong bulat menjadi beberapa bagian. 

Setelah selesai dipotong-potong, balurkan potongan tahu tadi ke dalam tepung maizena secara merata. Goreng tahunya di minyak panas hingga warnanya kecokelatan. Kreasi tofu nori ini juga bisa dicocol dengan saus homemade favoritmu, seperti saus asam manis, saus kungpao, saus mentega, dan lain-lain.

5. Terong Crispy Mekar

https://www.youtube.com/embed/n_sD52eI5Vc

Hidangan yang mirip dengan onion ring ini akan mengubah selera kalian yang sebelumnya tidak suka makan terong. Terong yang digoreng tepung ini cocok dinikmati sebagai lauk atau camilan. 

Cara membuatnya adalah sebagai berikut. Siapkan terong berukuran besar dan potong menjadi beberapa bagian, lalu kerat bagian atasnya tapi hati-hati jangan sampai terputus.

Balurkan sisi luar terong sampai bagian dalamnya dengan tepung sebelum digoreng, agar nanti terongnya crispy. Goreng perlahan dengan api sedang hingga matang, dan terong crispy mekar pun siap disajikan.

6. Nasi Goreng Oatmeal

https://www.youtube.com/embed/-pGpdOK6uY0

Nasi goreng merupakan hidangan paling populer di Tanah Air yang dinikmati semua kalangan. Nasi goreng yang sempat viral di TikTok tahun ini dikenal unik, karena menggantikan nasi dengan oatmeal sebagai bahan utamanya. 

Cara membuatnya juga cukup menggantikan nasi dengan oatmeal yang sudah matang. Masak dengan lauk-lauk nasi goreng pada umumnya seperti wortel, sosis, sayuran, atau lauk lainnnya sesuai selera.

Menggantikan nasi dengan oatmeal menjadi alternatif yang lebih sehat dan rendah kalori, cocok bagi Bela yang sedang menjalankan program diet. 

7. Acar Bawang Putih

https://www.youtube.com/embed/OAr8aCooLos

Bagi penikmat aroma khas bawang, maka jangan lewatkan kreasi satu ini. Sesuai namanya, acar bawang putih dibuat dengan bahan utama bawang putih dan beberapa bumbu bubuk lainnya yaitu thyme, saus sriracha, dan bubuk cabe. Perpaduan dari ketiga bumbu ini akan menghasilkan kepedasan yang kuat, di samping aroma bawang putihnya yang juga kuat.

8. Bubur Masha and The Bear

https://www.youtube.com/embed/cT5cjQ6Lsyk

Kreasi satu ini cukup menarik karena terinspirasi dari serial Animasi Masha and The Bear yang ikut viral di TikTok. Kartun yang telah menghiasi layar kaca di Indonesia sejak tahun 2013 tersebut, menceritakan persahabatan antara seorang anak perempuan bernama Masha dengan teman beruangnya, Misha.

Masha yang selalu memakai baju warna ungu dan tudung kepala ini ternyata gemar makan sebuah bubur warna pink. Bubur unik ini membuat banyak orang penasaran dengan rasanya, sehingga banyak yang berusaha membuatnya. Bubur pink ini dibuat dengan mencampurkan bahan dasar oatmeal, gula, susu, dan buah stroberi.

Banyak selebgram tanah air yang menggugah resep bubur ini melalui kanal YouTube mereka, salah satunya Jessica Jane. Bubur pink yang tidak hanya viral ini juga banyak dijual melalui toko-toko online dan marketplace, lho. 

Itulah sederetan kreasi makanan yang viral di TikTok sepanjang tahun 2021. Apakah Bela sudah mencobanya? Mana yang menjadi favoritmu?

Baca Juga: 15 Tampilan Makanan Memilukan, yang Pantas Disebut Penipuan!

Baca Juga: 15 Makanan Terakhir Napi Hukuman Mati Paling Kontroversial

Baca Juga: 10 Barang Paling Dicari Melalui Tagar #RacuninTikTok