Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Meninggal Dunia, Ini Profil & Perjalanan Karier Babe Cabita

Kabar dukanya mengejutkan banyak pihak

Niken Ari Prayitno

Kabar duka datang dari dunia Komika Indonesia. Salah satu komika Tanah Air, Priya Prayogha Pratama alias Babe Cabita dikabarkan meninggal dunia pada Selasa, 9 April 2024 pukul 6.38 WIB. Kabar duka ini pertama kali disampaikan oleh rekannya sesama komika, Oki Rengga.

Instagram.com/okirengga33

Dalam unggahannya, Oki tidak menyebutkan penyebab meninggalnya Babe Cabita. Namun, menelusuri akun Instagram Babe Cabita, diketahui jika beberapa bulan terakhir kondisi kesehatannya memang sedang menurun. Pria kelahiran 5 Juni 1989 tersebut bahkan kehilangan berat badannya akibat penyakit anemia aplatik yang dideritanya.

Ia pun beberapa kali mengunggah foto dan videonya yang sedang menjalani rawat inap di rumah sakit. Ditemani sang istri, Babe Cabita mengatakan jika sakit yang derita menjadi penggugur dosa dan membuatnya sangat bersyukur dengan nikmat sehat.

Babe Cabita dikenal pertama kali sebagai salah seorang juara pertama Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) 2013. Kariernya pun semakin melesat karena ia melebarkan sayapnya ke dunia akting. Berikut ini profil dan perjalanan karier Babe Cabita.

Profil Babe Cabita

Instagram.com/babecabiita

Profil Babe Cabita:

Nama asli: Priya Prayogha Pratama
Nama panggung: Babe Cabita
Tempat, tanggal lahir: Medan, Sumatera Utara, Indonesia, 5 Juni 1989
Tempat, tanggal meninggal: Jakarta, Indonesia, 9 April 2024
Kewarganegaraan: Indonesia
Pekerjaan: Komedian, Aktor
Tahun aktif: Sejak 2013

Berawal dari Twitter, berlanjut ke panggung SUCI

Sebelum dikenal sebagai komika, Babe Cabita yang masih tinggal di Medan, lebih dulu dikenal sebagai sosok yang aktif di Twitter (sekarang dikenal dengan X). Di akun Twitter pribadinya, Babe Cabita kerap menulis jokes receh yang ternyata disukai oleh followers-nya. 

Pada suatu kesempatan, seorang penyiar radio Medan mengajaknya untuk open mic. Dari sana, Babe Cabita memiliki kepercayaan diri untuk mengikuti audisi SUCI di Jakarta pada 2013. Tak disangka, jalannya mengikuti audisi tersebut begitu mulus dan ia berhasil menjadi salah satu dari 18 finalis. 

Rebut juara pertama SUCI 2013

Dok. Kompas TV

Siapa sangka, Babe Cabita ternyata mampu meraih juara pertama SUCI 2013 setelah sebelumnya mengalahkan Fico Fachriza. Gaya leluconnya yang lugas, santai, act out, dan sedikit menyerempet ke arah vulgar, ternyata disukai oleh penikmat stand up comedy

Instagram.com/babecabiita

Melebarkan sayap ke dunia akting

Instagram.com/babecabiita

Kemenangannya sebagai juara pertama SUCI 2013 membuka jalan yang lebih lebar lagi untuk karier Babe Cabita. Bukan hanya job stand up yang bertambah, ia pun mendapat kesempatan untuk menjajal kemampuan aktingnya melalui beberapa judul film. Babe Cabita memulai debutnya sebagai aktor dalam film Comic 8 (2014). Setelah itu, tawaran untuk main film terus berdatangan. Setidaknya ada 27 film yang pernah dibintanginya, beberapa di antaranya yakni, Malam Minggu Miko Movie (2014), Comic 8: Casino Kings Part 1 (2015), Ada Cinta di SMA (2016), Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 2 (2017), dan Trinity Traveler (2019).

Itulah tadi profil dan perjalanan karier Babe Cabita.

Selamat jalan Babe Cabita. Semua karyamu akan terkenang abadi.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration