Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ophiuchus Jadi Zodiak Ke-13, Hoax atau Fakta?

Zodiak saat ini sudah kadaluarsa 3000 tahun

Niken Ari Prayitno

Sifat dan karakter seseorang biasanya selalu diidentikan dengan zodiak yang menaunginya. Misalnya, Gemini itu sosok yang labil, Libra adalah penyuka keseimbangan, dan Aries yang keras kepala. Zodiak didapatkan berdasarkan tanggal lahir dan aturan 12 zodiak yang sudah ada sejak zaman Babilonia Kuno.

Namun baru-baru ini NASA mengatakan bahwa mereka baru saja menemukan zodiak ke-13 dan 12 zodiak yang sudah ada sejak lama, bergeser penanggalannya. Hal ini mengakibatkan berubah pula zodiak yang menaungimu. Kok bisa?

Simak dulu yuk beberapa faktanya berikut ini.

NASA Mengonfirmasi Kalau Langit Memang Telah Bergeser

Freepik.com

Merangkum dari Stylist.co.uk, NASA telah mengkonfirmasi bahwa langit telah mengalami pergeseran yang cukup signifikan. Poros bumi atau kutub utara sudah bergeser jauh dari saat pertama kali rasi bintang terlihat. Itu artinya, langit, rasi bintang dan matahari yang terlihat dari bumi juga mengalami perubahan. Hal ini menjadi sebab terlihatnya rasi bintang baru karena baru benar-benar terlihat dari bumi. Tapi apa benar berpengaruh terhadap zodiak? Baca sampai selesai yah, Bela.

Dua Belas Zodiak Sudah ‘Kadaluarsa’ Sejak 3000 Tahun Lalu

Freepik.com

Seperti diketahui zodiak ditemukan pertama kali oleh bangsa Babilonia Kuno. Pada saat itu mereka membagi rasi bintang sebanyak 12 berdasarkan peredaran matahari. Sekitar 3000 tahun yang lalu, poros bumi dan langit mulai bergeser. Konon, bangsa Babilonia Kuno tahu akan hal ini dan mereka sudah melihat zodiak ke-13. Namun, karena zodiak ke-13 ini sangatlah kecil dan matahari melewatinya hanya sebentar, maka mereka mengabaikannya dan tetap menggunakan zodiak yang terdahulu.

Selama 3000 tahun itu pula zodiak ke-13 terus muncul. Durasinya pun semakin lama dan bahkan menyamai zodiak lainnya. Itu artinya diperkirakan zodiak sudah mengalami pergeseran tanggal sejak lama dan selama itu pula kita selalu mengakui zodiak yang salah.

Daftar Zodiak Terbaru

Stylist.co.uk

Setelah Ophiuchus masuk ke dalam daftar zodiak, maka semua zodiak bergeser. Daftarnya bisa kamu lihat berikut ini.

  • Capricorn: 20 Januari – 16 Februari
  • Aquarius: 16 Februari – 11 Maret
  • Pisces: 11 Maret – 18 April
  • Aries: 18 April – 13 Mei
  • Taurus: 13 Mei – 21 Juni
  • Gemini: 21 Juni – 20 Juli
  • Cancer: 20 Juli –10 Agustus
  • Leo: 10 Agustus – 16 September
  • Virgo: 16 September – 30 Oktober
  • Libra: 30 Oktober – 23 November
  • Scorpio: 23 November – 29 November
  • Ophiuchus: 29 November – 17 Desember
  • Sagitarius: 17 Desember – 20 Januari

Melihat daftar ini, zodiakmu bergeser nggak? Atau bahkan kamu termasuk Ophiuchus?

Filosofi dan Lambang Ophiuchus

Stylist.co.uk

Jika nanti Ophiuchus benar-benar akan dimasukan ke dalam daftar, zodiak ini sendiri sudah memiliki lambang. Digambarkan Ophiuchus adalah sosok pria yang sedang melawan ular dan membelah ular tersebut menjadi dua bagian.

Ophiuchus dalam mitologi sendiri adalah sosok penyembuh. Ular yang ada pada lambangnya menggambarkan bahwa ia adalah sosok dokter dan ilmuwan yang haus akan ilmu. Bukan hanya sebagai penyembuh, Ophiuchus juga dikenal sebagai ahli tafsir mimpi.

Zodiak Bertambah, Hoax atau Fakta?

Unsplash.com/Vincentiu Solomon

Eits, sudah panik ya karena zodiak kamu berubah? Tenang saja nggak akan ada pergeseran dan pertambahan zodiak kok. Melansir dari Newscientist.com, konfirmasi dari NASA soal zodiak baru sama sekali nggak benar. NASA hanya menyebutkan kalau selain dua belas rasi bintang yang sering dianggap sebagai zodiak, kini juga terlihat rasi Ophiuchus.

Ophiuchus sendiri sebenarnya rasi bintang yang juga sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Namun, ia memang baru terlihat dengan sangat jelas. Bangsa Babilonia dan Yunani yang memulai kalender serta penanggalan zodiak sebetulnya sudah tahu dengan hal ini. Namun, mereka memilih mengabaikannya.

Lagi pula NASA dan zodiak adalah dua hal yang bertolak belakang bukan? NASA menggambarkan keadaan langit sesuai dengan ilmu pengetahuan yang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Sementara astrologi seperti zodiak sangat jauh dari ilmiah. Maka, untuk selanjutnya jika NASA mengklaim atau mengumumkan rasi bintang baru, jangan langsung beranggapan kalau zodiak akan bertambah ya. Sebab apa yang NASA temukan adalah sesuatu yang ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang mereka lakukan.

Bagaimana, jadi tenang kan zodiakmu nggak jadi berubah? Kamu sendiri bagaimana, ingin zodiakmu berubah atau nggak nih?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration