Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Fakta & Foto Perayaan Ulang Tahun Mendiang Kim Jong Il Ke-80 di Korut

Di tengah cuaca dingin 15 derajat celcius

Natasha Cecilia Anandita

Pada Rabu (16/2/2022) Korea Utara merayakan ulang tahun ke-80 mendiang pemimpin mereka, Kim Jong Il. Perayaan ulang tahun di tengah cuaca dingin 15 derajat celcius itu diramaikan dengan konser, kembang api, dan upacara luar ruangan yang langka, di dekat perbatasannya dengan Tiongkok.

Kim Jong Un, putra sekaligus pemimpin Korea Utara saat ini, menghadiri upacara kenegaraan tersebut di kota Samjiyon, pada hari Selasa, tepat di malam ulang tahun ayahnya. Perayaan ini juga sekaligus mendorong internal yang lebih besar di tengah pandemi terkait kesulitan.

Berikut beberapa fakta dan foto-foto perayaan ulang tahun mendiang Kim Jong Il yang ke-80.

1. Perayaan yang menjadi persatuan rakyat Korea Utara

Korean Central News Agency (KCNA) melaporkan, ketika Kim Jong Un muncul, semua peserta "bersorak 'hore' kepadanya" sebelum dia memberi penghormatan kepada patung ayahnya. Acara tersebut menunjukkan tekad kuat para peserta untuk bersatu di belakang Kim Jong Un dan mencapai kemakmuran dengan kemandirian.

2. Berlangsung di kota Samjiyon, “Tanah Suci Revolusi”

twitter.com/ColinZwirko

Upacara serupa diadakan di seluruh Korea Utara untuk menandai ulang tahun kelahiran mendiang Kim Jong Il. KCNA mengatakan, pejabat senior yang mengunjungi kota Samjiyon mengamati kembang api dan konser musik.

Tayangan televisi negara juga menunjukkan kerumunan warga biasa, yang mengenakan masker dan menonton kembang api. Korea Utara sangat jarang mengadakan perayaan seperti itu di wilayah terpencil.

twitter.com/ColinZwirko

Perayaan ulang tahun di mana Kim Jong Un menyampaikan pidato kenegaraannya itu dilakukan di kota Samjiyon. Dijuluki "tanah suci revolusi" oleh KCNA, kota pegunungan utara Samjiyon berada di dekat perbatasan dengan Tiongkok dan Gunung Paektu, gunung suci tempat keluarga Kim mengklaim akarnya.

Jarang bagi Korea Utara untuk mengadakan acara kenegaraan tingkat tinggi di kota di kaki Gunung Paektu, puncak tertinggi di Semenanjung Korea. Jadi, ini merupakan momen yang langka. Apalagi, orang yang hadir tampak tidak mengenakan sarung tangan ketika mendengar pidato Kim Jog Un selama 30 menit, sebagai wujud penghormatan.

twitter.com/ColinZwirko
twitter.com/ColinZwirko
twitter.com/ColinZwirko

Sebuah proyek pembangunan besar juga telah berlangsung di Samjiyon, yang menurut Kim Jong Un, melambangkan "kemauan besi" negaranya untuk mencapai kemakmuran. Pemimpin tersebut telah berusaha untuk mengubah kota menjadi pusat ekonomi besar-besaran, dengan membangun apartemen baru, hotel, resor ski dan fasilitas komersial, budaya dan medis.

Proyek ini telah menjadi inisiatif utama untuk mendorong ekonomi “mandiri” di tengah sanksi atas program nuklir dan rudal, dan Kim telah melakukan beberapa kunjungan yang menggembar-gemborkannya sebagai “utopia sosialis” dan “lambang peradaban modern.”

3. Menjadi salah satu hari libur terpenting

Ulang tahun Kim Jong Il adalah salah satu hari libur terpenting di Korea Utara, yang disebut dengan Hari Bintang Cemerlang. Ini menjadi salah satu hari libur bersama dengan hari ulang tahun Kim Il Sung, mendiang kakek Kim Jong Un yang mendirikan Korea Utara pada tahun 1948. Kim Jong Un telah memerintah Korea Utara sejak Kim Jong Il meninggal karena serangan jantung pada akhir 2011.

twitter.com/ColinZwirko

Pada hari Rabu, warga Korea Utara mendaki Bukit Mansu Pyongyang untuk meletakkan karangan bunga dan membungkuk di depan patung raksasa Kim Jong Il dan Kim Il Sung. Di tempat lain di Pyongyang, tanda-tanda dengan pesan perayaan seperti “peristiwa besar bangsa” dipasang di sepanjang jalan.

Tanpa adanya aktivitas militer

Perayaan tahun ini memang sangat langka dna berbeda. Selain dilakukan di kota kecil dan hanya perayaan biasa, Korea Utara juga tidak terlihat melakukan aktivitas militer, seperti peluncuran rudal. Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan militer Korea Utara tidak menunjukkan aktivitas mencurigakan pada hari Rabu.

Bulan lalu, Korea Utara melakukan serangkaian uji coba rudal yang menurut beberapa ahli merupakan upaya untuk menekan Amerika Serikat agar menawarkan konsesi seperti keringanan sanksi. Korea Utara mengaku menghadapi kesulitan ekonomi yang parah akibat pandemi COVID-19.

Korea Utara menghentikan aktivitas pengujian sebelum dimulainya Olimpiade Musim Dingin di Tiongkok, awal bulan ini. Sementara analis mengatakan Pyongyang dapat menggunakan hari libur utama, termasuk peringatan ulang tahun ke-110 yang akan datang pada 15 April dari mendiang kakek Kim dan pendiri nasional, Kim Il Sung, untuk melakukan uji coba senjata besar-besaran.

Foto-foto perayaan ulang tahun Kim Jong Il

1. Suasana perayaan ulang tahun Kim Jong Il di Pyongyang, Korea Utara diisi dengan tarian oleh para pelajar muda tanpa acara militer

KCNA
KCNA

2. Acara kenegaraan sebagai tempat penyampaian pidato kenegaraan Kim Jong Un di Samjiyon, Korea Utara

KCNA via Reuters

3. Personel tentara Tentara Rakyat Korea meletakkan karangan bunga di patung mendiang pemimpin mereka, Kim Il Sung dan Kim Jong Il, di Bukit Mansu, Pyongyang

KCNA

4. Warga lainnya juga terlihat membawa bunga untuk ditaruh di bawah patung Kim

KCNA
KCNA

5. Pesta kembang api untuk perayaan ulang tahun Kim Il Sung yang juga dikatakan Hari Bintang Cemerlang

KCNA
KCNA
KCNA

6. Aksi taekwondo dalam rangka peringatan 80 tahun Kim Jong Il

KCNA

Itulah beberapa fakta dan foto perayaan ulang tahun mendiang Kim Jong Il ke-80, di tengah cuaca dingin, dengan tarian, kembang api dan tanpa adanya acara militer.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration