Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Mengapa Gaji Menjadi Alasan Utama Seseorang dalam Bekerja?

Ini penjelasannya

Nafi' Khoiriyah

Salah satu motivasi seseorang untuk giat dalam bekerja adalah karena gaji. Ada banyak orang yang bertahan untuk bekerja di lingkup yang tidak disukainya karena alasan gaji. Bahkan, ada pula yang rela melakukan pekerjaan yang penuh risiko demi gaji yang besar. 

Hal itu membuat banyak orang bertanya tanya mengapa gaji menjadi alasan utama seseorang dalam bekerja. Apakah memang perannya begitu penting dalam kehidupan atau ada alasan yang lain, simak ulasan lengkapnya di bawah ini, ya!

1. Untuk memenuhi kebutuhan dasar

freepik.com/freepik

Alasan pertama mengapa gaji menjadi alasan utama seseorang dalam bekerja tentu saja adalah untuk memenuhi kebutuhan dasar. Kebutuhan dasar yang dimaksud adalah makanan, pakaian, dan juga tempat tinggal. 

Tanpa gaji, seseorang akan kesulitan untuk menjalani kehidupan yang layak. Tak heran banyak orang yang berambisi keras dalam pekerjaannya demi mendapatkan kenaikan gaji. Sebab jika tidak, kehidupannya akan berhenti di titik yang sama. 

2. Sebagai motivasi dan pengakuan

Freepik.com/freepik

Gaji juga digunakan sebagai motivasi seseorang untuk terus bekerja keras. Jika belum mencapai target gaji yang diinginkannya, kebanyakan orang akan terus mengasah kemampuan diri sampai berada di titik terbaiknya. 

Sebab, gaji yang cukup bisa menjadi pengakuan atas kerja kerasnya selama bekerja. Orang-orang di sekelilingnya pun akan menghargai seseorang jika sudah berada pada level gaji yang tinggi. 

3. Perlunya stabilitas finansial

Freepik.com/jcomp

Ada banyak orang yang menginginkan kehidupan yang aman, tidak terlalu berlebihan dan tidak kekurangan. Mereka menekuni rutinitasnya untuk bekerja sehingga gaji yang didapatkan akan membuat keuangannya stabil. Jadi, tidak ada risiko kekurangan yang akan membuat pikiran menjadi stres. 

5. Demi kesejahteraan keluarga

Pexels/ Gustavo Fring

Mengapa gaji menjadi alasan utama seseorang dalam bekerja lainnya adalah demi kesejahteraan keluarga. Sebab dalam sebuah keluarga, ada anak yang harus diperhatikan pendidikan dan kehidupannya di masa mendatang. Ada pula sosok istri yang harus diperhatikan kebahagiaannya sehingga bekerja adalah salah satu kuncinya. 

6. Adanya tantangan ekonomi

Freepik.com/shurkin_son

Ekonomi sebuah negara tidak selalu stabil. Akan ada masa saat ekonomi lesu sehingga berdampak pada seluruh masyarakatnya. Selain itu, adanya utang juga membuat seseorang lebih semangat untuk melunasinya. Nah, gaji adalah solusi untuk mengatasi tantangan ekonomi yang beragam tersebut. 

7. Sebagai bentuk investasi

Pexels.com/Andreapacquadio

Investasi bentuknya bisa sangat beragam pula, ada orang yang berinvestasi pada barang berharga, ada yang berinvestasi untuk pendidikan, dan lain sebagainya. Namun, semua investasi itu berasal dari gaji yang diperoleh dari bekerja. Semakin tingginya gaji, mereka akan memiliki lebih banyak investasi untuk masa depan. 

8. Merencanakan tabungan dan pensiun

unsplash.com/Towfiqu barbhuiya

Terakhir, tabungan dan pensiun juga bisa diperoleh dari gaji. Tanpa gaji, seseorang akan kesulitan untuk merencanakan masa depannya. Tak heran kalau banyak orang di usia produktif giat untuk bekerja untuk masa tua yang tenang. Saat di usia tidak produktif lagi mereka akan hidup dengan tenang dan menikmati usaha yang selama ini sudah dilakukannya. 

Pertanyaan mengapa gaji menjadi alasan utama seseorang dalam bekerja bisa memiliki berbagai perspektif. Namun, kebanyakan alasan tersebut adalah karena gaji sangat penting untuk memenuhi kebutuhan dasar. Gaji juga penting menyokong kehidupan masa kini sampai dengan masa depan. Bagaimana denganmu, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration