Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Layanan Konsultasi Psikolog Gratis untuk Kesehatan Mental

Bisa secara online

Nafi' Khoiriyah

Kondisi psikologis sangat penting untuk diperhatikan. Namun, banyak orang yang masih segan untuk melakukan konsultasi psikologi karena beragam alasan. Salah satunya adalah karena kendala biaya.

Namun jangan khawatir, ada beberapa lembaga yang menyediakan jasa konsultasi psikolog gratis. Kamu yang merasa memiliki masalah kesehatan mental bisa memanfaatkannya agar ditangani secara tepat. 

Berikut ini adalah tujuh jasa konsultasi psikologi gratis yang bisa kamu akses. 

1. Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI)

freepik.com/rawpixel.com

Himpunan Psikologi Indonesia tau disingkat HIMPSI merupakan ikatan sarjana psikologi yang tersebar di seluruh Indonesia. Mereka menyediakan layanan konsultasi online gratis yang bisa diakses dengan cara menghubungi HIMPSI di wilayahnya masing-masing. 

Layanan HIMPSI itu bukan hanya tersedia di Jakarta saja, tetapi juga di kota-kota lainnya, seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, Jambi, dan provinsi lainnya. Mengenai info selengkapnya, kamu bisa mengunjungi laman resmi mereka di https://himpsi.or.id/. 

2. Yayasan Pulih

freepik.com/freepik

Konsultasi psikologi gratis selanjutnya bisa didapatkan dari Yayasan Pulih. Yayasan Pulih merupakan sebuah lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang psikososial. Mereka fokus pada pencegahan, penanganan, dan pemulihan trauma psikologis. 

Meskipun mereka menyediakan layanan konseling berbayar, tetapi bagi klien dengan kondisi finansial kurang mampu bisa mendapatkan konsultasi gratis. Layanan tersebut bisa kamu dapatakan dengan cara mengakses formulir yang kemudian dikirimkan ke email resmi Yayasan Pulih.

Mengenai info selengkapnya, kunjungi laman https://www.yayasanpulih.org/. 

3. Ikatan Psikolog Klinis Indonesia

freepik.com/DrazenZigic

Ikatan Psikolog Klinis Indonesia merupakan organisasi profesi tenaga kesehatan psikologi klinis di Indonesia, Mereka memiliki lebih dari 2.900 psikolog klinis aktif dan lebih dari 3800 psikolog klinis yang terverifikasi dan tersebar di seluruh Indonesia. 

Kabar baiknya, mereka menyediakan layanan konseling daring gratis yang bisa dimanfaatkan untuk mereka yang membutuhkan. Mulai dari masalah stres, depresi, sedih, sampai cemas berlebih bisa dikonsultasikan dengan pihak Ikatan Psikolog Klinis Indonesia.

Informasi mengenai layanan tersebut bisa kamu akses di https://www.ipkindonesia.or.id/. 

4. Berbagi Cerita

freepik.com/freepik

Layanan konsultasi psikologi gratis lainnya bisa kamu dapatkan dari Berbagi Cerita. Mereka menyediakan layanan konseling online gratis sesuai dengan kebutuhanmu. Konseling tersebut tentu saja dilakukan oleh para profesional. 

Selain konsultasi gratis, mereka juga menawarkan konseling premium hingga volunteering program. Jika kamu ingin memanfaatkan layanan konseling gratis dari Berbagi Cerita, maka lihat persyaratan dan tata caranya di Instagram @berbagicerita.id. 

5. Bagi Kata

freepik.com/DrazenZigic

Hampir sama seperti sebelumnya, Bagi Kata juga merupakan layanan gratis yang bisa menghubungkan kamu dengan para peer counselors yang terlatih. Mereka bisa membantu memahami kesulitan yang kamu hadapi. 

Jika dirasa membutuhkan bantuan mendalam, Bagi Kata juga menawarkan sesi konseling dengan para psikolog klinis dengan membayar biaya tertentu. Jika ingin mencoba layanan gratis mereka, silakan kunjungi https://bagikata.com/. 

6. Yayasan Praktik Psikolog Indonesia (YPPI)

pexels.com/cottonbro

Yayasan Praktik Psikolog Indonesia merupakan organisasi jasa praktik psikolog profesional yang di dalamnya terdiri dari para associated psikolog. Mereka memberikan layanan psikologi untuk lembaga maupun individu yang membutuhkan. 

Layanan yang diberikan itu mencakup konseling, pemeriksaan, training, sampai dengan terapi. Semuanya bisa didapatkan bukan hanya untuk wilayah Jabodetabek saja, tetapi juga wilayah lainnya.

Mengenai info lengkapnya, kunjungi laman https://praktekpsikolog.com/. 

7. Perguruan Tinggi

freepik.com

Terakhir, konsultasi psikologi gratis juga tersedia di sejumlah perguruan tinggi, terutama fakultas psikologi. Mahasiswa yang sekiranya membutuhkan konseling bisa mendatanginya dan mendapatkan layanan konseling gratis. 

Beberapa universitas yang menyediakan layanan konsultasi gratis itu di antaranya adalah Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjajaran, Universitas Sebelas Maret, dan Universitas Negeri Jakarta. 

Tujuh layanan konsultasi psikologi gratis di atas bisa dicoba dan dimanfaatkan dengan maksimal. Jangan ragu untuk mengonsultasikan kondisi kesehatan mental jika memang diperlukan. Sebab, merawat kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik kita. 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration