Hari Kesehatan Mental Sedunia 2023: Sejarah, Tema, dan Kisahnya

Diperingati setiap 10 Oktober

Hari Kesehatan Mental Sedunia 2023: Sejarah, Tema, dan Kisahnya

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Setiap tahunnya, kita memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia, tepatnya pada tanggal 10 Oktober. Tujuan dari peringatan ini tentunya adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang kesehatan mental. 

Pertama kali peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia diselenggarakan adalah pada 10 Oktober 1992. Setelah itu, secara resmi tanggal tersebut dijadikan sebagai hari peringatan setiap tahunnya. 

Namun, bagaimana dengan sejarah Hari Kesehatan Mental Sedunia sampai akhirnya ditetapkan? Simak penjelasannya di bawah ini. 

1. Tema Hari Kesehatan Mental Sedunia 2023

Diperingati pada 10 Oktober 2023 mendatang, tema resmi Hari Kesehatan Mental Sedunia yang diangkat tahun ini adalah "Mental Health is a Universal Human Right". Artinya dalam bahasa Indonesia adalah "Kesehatan Mental Adalah Hak Asasi Manusia yang Universal". 

Seperti yang diketahui, ancaman terhadap kesehatan mental ada di mana saja, mulai dari rumah, sekolah, sampai tempat kerja. Maka dari itu, peringatan hari kesehatan mental tahun ini ingin mengajak setiap orang untuk turut melindungi, mempromosikan, dan menghormati kesehatan mental di komunitas kita. 

Setiap orang berhak untuk menjalani kehidupan yang bermartabat, saling menghormati, termasuk untuk mereka yang memiliki kondisi kesehatan mental tertentu. 

Sayangnya, masih banyak tindakan diskriminasi, stigma, dan pelanggaran hak asasi manusia yang terjadi. Padahal, mereka perlu memiliki akses layanan, kebebasan, kemandirian, dan inklusi. 

2. Sejarah Hari Kesehatan Mental Sedunia

Hari Kesehatan Mental Sedunia diperingati pertama kali pada 10 Oktober 1992. Dimulainya peringatan tahunan tersebut diinisiasi oleh Wakil Sekretaris Jenderal Richard Hunter dari Federasi Kesehatan Mental Dunia. 

Sampai tahun 1994, hari peringatan tersebut tidak memiliki tema khusus selain mempromosikan advokasi kesehatan mental dan edukasi masyarakat.

Kemudian, Sekretaris Jenderal Eugene Brody pun menyarankan tema untuk pertama kalinya yang berjudul "Improving the Quality of Mental Health Services throughout the World" atau "Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Mental di Seluruh Dunia". 

Tujuan dari peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia adalah untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan mental di seluruh dunia. Akhirnya pada waktu tiga tahun, peringatan ini menjadi kesempatan untuk pemerintah dan pihak lainnya untuk mengatur program kesehatan mental. 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here