Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Ciri Khas Film Wes Anderson yang Viral di Media Sosial

Banyak dipakai sebagai filter TikTok

Nafi' Khoiriyah

Akhir-akhir ini, tren media sosial TikTok dibanjiri dengan konten video bergaya Wes Anderson. Style yang dipakai untuk konten-kontern tersebut menyerupai dengan sinematografi Wes Anderson dalam film-filmnya. 

Namun, tak banyak yang tahu sebenarnya bagaimana gaya sinematografi sutradara pemilik nama Wesley Wales Anderson ini. Karya-karyanya memang terkenal memiliki visual dan narasi yang khas dan melekat pada ingatan para penontonnya. 

Bagi kamu yang penasaran, inilah beberapa ciri khas film karya Wes Anderson yang kini banyak diikuti. 

1. Visual yang simetris

collider.com

Ciri khas film yang disutradarai Wes Anderson yang pertama adalah simetris. Ia selalu menjadi tipe sutradara yang senang menggunakan simetri saat membuat bidikan dalam filmnya. 

Wes Anderson menggunakan “planimetric staging” yang merupakan istilah untuk menempatkan kamera pada sudut 90 derajat dari subjek. Baik orang maupun objek lainnya, selalu diletakkan di tempat yang sempurna di tengah bingkai.

Dengan bidikan yang simetris tersebut, Wes Anderson bisa menciptakan film yang bukan hanya enak dipandang, tapi juga seimbang dan harmoni. 

2. Palet warna yang khas

collider.com

Kemudian, para penggemar Wes Anderson pasti sudah tahu kalau ia selalu memiliki palet warna yang spesifik untuk keseluruhan filmnya. Ia memilih warna dengan presisi dan detail, bahkan untuk desain kostum dan set-nya. 

Tanpa disadari, pemilihan palet warna ini juga bersangkutan dengan emosi dan penceritaan yang melengkapi latar film.

Biasanya, warna yang mendominasi dalam film karya Wes Anderson adalah warna pastel atau nude. Warna tersebut bisa memberikan kesan yang bersih, luas, dan nyaman. 

3. Gerak lambat

movieweb.com

Bukan hanya Wes Anderson, teknik slow motion juga dipakai oleh sutradara lainnya seperti Martin Scorsese dan Tarantino. Namun, Wes Anderson selalu berhasil menggunakan teknik ini untuk menekankan sebuah adegan. 

Biasanya, teknik sinematografi ini ditampilkan pada adegan penutup. Selain itu, teknik ini juga digunakan untuk menampilkan bidikan yang indah dengan menyoroti momen tertentu dengan cara memperlambat waktu. 

4. Musik 60-an atau 70-an

collider.com

Bukan hanya menarik secara visual saja, karya film Wes Anderson juga selalu dilengkapi dengan musik yang ikonik dan menyenangkan. Ia sering menggunakan karya musisi ikonik seperti The Rolling Stones dan The Beach Boys. 

Sebab, Wes Anderson senang dengan musik yang legendaris pada tahun 60-an dan 70-an bergenre klasik folk-pop. Di antaranya adalah "Hey Jude" The Beatles dan "Wigwam" Bob Dylan. 

5. Kostum unik

movieweb.com

Ciri khas film Wes Anderson yang terakhir adalah desain kostum yang unik. Ia cenderung membuat karakter dalam filmnya menggunakan aksesori-aksesoeri yang tidak seperti biasanya. 

Itulah mengapa film-film nya begitu khas, sebab gayanya yang beda dan berani. Dengan dipadukan musik dan palet warna khasnya, kostum yang dipilih Wes Anderson selalu berhasil memberikan sentuhan emosional. 

Itulah ciri khas sutradara Wes Anderson dalam membuat film-filmnya. Selain unik, sinematografi yang diterapkan juga begitu estetik. Nggak heran kalau banyak yang memakainya sebagai filter di TikTok ya, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration