Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Ceramah Singkat Ramadan Berbagai Topik Penuh Makna

Singkat tapi bermakna

Nafi' Khoiriyah

Di momen Ramadan menjelang buka puasa atau saat hari biasa, tidak jarang kita diminta untuk mengisi ceramah singkat tentang Islam. Namun, sering kali kita kehabisan topik pembahasan sehingga perlu mencari contoh ceramah singkat. 

Berikut ini, Popbela.com merangkum kumpulan ceramah singkat berbagai topik yang bisa kamu jadikan referensi. Kamu bisa membacanya dalam waktu yang sebentar atau bahkan menghafalkannya. 

Tidak perlu berlama-lama, langsung saja simak kumpulan ceramah berikut ini, ya!

1. Ceramah singkat tentang keutamaan Ramadan

Pexels.com/Thirdman

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Memasuki bulan Ramadan, setiap muslim diwajibkan untuk berpuasa menahan lapar dan haus mulai dari terbit fajar sampai tenggelamnya matahari. Meskipun ibadah ini tidak mudah, tetapi puasa justru akan terasa nikmat apabila dilandaskan dengan keimanan kepada Allah SWT. 

Terdapat berbagai keutamaan orang yang berpuasa sebagaimana yang disampaikan oleh Rasulullah SAW dalam hadis berikut. 

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah ta’ala berfirman [yang artinya]: Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya,” (HR. Muslim).

Adapun hikmah melaksanakan puasa di antaranya adalah meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Seperti yang terdapat dalam Al-Qur'an surat Al-Baqarah ayat 183 yang artinya:

"Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa,” 

Selain itu, puasa adalah ibadah yang bisa membuat manusia menahan hawa nafsunya. Rasulullah SAW dalam sebuah hadis menyampaikan berikut. 

“Wahai para pemuda, barangsiapa yang mampu untuk menikah, maka menikahlah! Sesungguhnya menikah lebih bisa menundukan pandangan dan lebih mudah menjaga kemaluan. Barangsiapa yang belum mampu menikah, maka berpuasalah, sesungguhnya puasa itu adalah penekan syahwatnya,” (HR. Ahmad dan Bukhari).

Hikmah lainnya dari puasa adalah menyehatkan tubuh. Menahan lapar dan haus juga mengajarkan pada umat Islam untuk merasakan kekurangan agar senantiasa bersyukur. 

Demikian kultum singkat yang bisa saya sampaikan, semoga kita bisa mendapatkan keutamaan puasa Ramadan tahun ini dan dipertemukan dengan Ramadan berikutnya. Amin. 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

2. Ceramah singkat tentang sabar

pexels.com/PNW Production

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hadirin sekalian rahimakumullah, 

Allah SWT menghendaki umat-Nya untuk senantiasa bersabar dan lapang dada dalam segala urusan. Sabar merupakan sebuah kata yang bermakna menahan diri.

Kata ini terkesan mudah diucapkan, tetapi sulit dalam pengamalannya. Namun, sabar akan mudah dilakukan jika setiap muslim memahami makna dan hikmah dari amalan sabar. 

Mulai sekarang, kita bisa membiasakan diri berlaku sabar dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, kehidupan di dunia tisak akan terlepas dari berbagai cobaan yang datang. Namun, semua cobaan itu pada hakikatnya adalah ujian dari Allah SWT. Hendaknya, kita melaluinya dengan sabar selagi masih diberikan kesempatan untuk hidup di dunia. 

Demikian, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

3. Ceramah singkat tentang salat

unsplash.com/Imad Alassiry

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salat merupakan ibadah yang diwajibkan bagi setiap muslim. Ibadah ini merupakan bagian terpenting dari agama, seperti kata pepatah bahwa salat adalah tiangnya agama. 

Bukan hanya sekadar kewajiban saja, salat juga menjadi ibadah yang bermakna karena sebagai bukti keimanan seseorang kepada Allah SWT. Salat lah yang juga membedakan antara umat muslim dengan umat agama lainnya. 

Maka dari itu, marilah kita sama-sama berdoa agar semua termasuk dalam golongan yang tidak melalaikan salat. 

Demikian ceramah singkat tentang salat, saya akhiri Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4. Ceramah singkat tentang hari raya Idulfitri

freepik.com/free-photo

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pertama, marilah kita senantiasa bersyukur pada Allah SWT atas nikmatnya yang diberikan pada kita. Selawat serta salam tak lupa kita panjatkan pada Nabi Muhammad SAW. 

Saudaraku, hari raya Idulfitri tinggal menghitung hari. Pada hari tersebut, setiap umat Islam bergembira menyambut kemenangan dalam berperang melawan hawa nafsu selama puasa. 

Pada hari raya pula kita diharamkan untuk berpuasa. Pada hari raya Idulfitri, malaikat pun memohonkan ampun kepada Allah SWT. Tak lupa, seorang muslim juga wajib menunaikan zakat fitrah untuk membersihkan lahir dan batin kita.

Semoga kita termasuk orang-orang yang malaikat mohonkan ampun dan bersih lahir batin pada saat hari raya. 

Demikian yang dapat saya sampaikan, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

5. Ceramah singkat tentang keluarga

Freepik.com/rawpixel.com

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pertama, marilah kita panjatkan syukur atas kehadirat Allah SWT yang bisa mengumpulkan kita di tempat ini dalam keadaan yang sehat. Selawat serta salam tak lupa kita junjungkan kepada Rasulullah SAW. 

Keluarga adalah pendidikan pertama bagi semua orang sebelum menempuh pendidikan formal. Maka dari itu, pendidikan dari keluarga sangat menentukan bagaimana seeorang berperilaku. 

Bisa dibayangkan saat seorang anak dibesarkan dengan bertaburan kasih sayang, mereka akan menjadi manja dan sebaliknya. Lalu, siapa yang harus disalahkan? 

Semuanya bukan sepenuhnya adalah salah anak, sebab mereka juga berhak atas kasih sayang keluarga termasuk orang tua. Maka sebagai seorang orangtua, jangan sampai kita terlalu sibuk dengan pekerjaan sampai melupakan anaknya yang membutuhkan. 

Saya rasa cukup demikian yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat. 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

6. Ceramah singkat tentang bersyukur

pexels.com/thirdman

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Jamaah rahimakumullah, pada kesempatan yang berbahagia ini izinkan saya untuk menyampaikan tentang bersyukur. Syukur adalah suatu sikap yang harus dimiliki oleh setiap muslim. 

Melihat fenomena yang terjadi belakangan ini, kita bisa melihat bahwa salah satu yang menjadi akar masalahnya adalah kurangnya rasa syukur. 

Padahal, Allah SWT telah berfirman dalam surat Al- Baqarah ayat 152 berikut. 

“Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu ingkar” 

Ayat tersebut memerintahkan kepada kita untuk selalu bersyukur atas apa yang telah dianugerahkan oleh Allah SWT. Maka dari itu, pelajaran yang dapat dipetik adalah hendaknya kita senantiasa bersyukur dalam setiap keadaan dan jangan sampai kita menjadi umat-Nya yang kufur nikmat. 

Demikian yang dapat saya sampaikan, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

7. Ceramah singkat tentang ikhlas

Pexels.com/Fatih Maraşlıoğlu

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan banyak kenikmatan pada kita sehingga kita semua bisa berkumpul di majelis ini. Selawat serta salam senantiasa tercurah pada Nabi Muhammad SAW. 

Jamaah yang dirahmati Allah, pada kesempatan ini izinkan saya menyampaikan sepatah dua patah kata tentang ikhlas. Seperti yang kita ketahui, ikhlas merupakan suatu perbuatan yang dilakukan tanpa mengharapkan imbalan apa pun. 

Artian tersebut memang tidak salah, tetapi kurang tepat. Sebab, ikhlas dalam Islam adalah melakukan sesuatu karena Allah SWT. Bukan karena ingin dipuji, bukan karena ingin terlihat salih, tetapi benar-benar karena Allah SWT. 

Seperti firman Allah SWT dalam Al-Qur'an surat Al-Bayyinah ayat 5 yang artinya:

"Tidaklah mereka diperintahkan kecuali untuk mengikhlaskan agama untuk-Nya.”

Maka dari itu, hendaknya kita senantiasa mengamalkan ikhlas dalam setiap amalan dalam kehidupan. Sekian kultum singkat mengenai ikhlas, semoga apa telah saya sampaikan bermanfaat untuk kita semua.

Mohon maaf atas salah dan kurangnya, saya akhiri Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

8. Ceramah singkat tentang jodoh

pexels.com/Mikhail Nilov

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Allah SWT selalu memberikan nikmat dan karunia kepada hambanya yang harus kita syukuri. Salah satu nikmat itu adalah nikmat jodoh. Pada kesempatan ini, izinkan saya untuk menyampaikan sepatah dua patah kata tentang jodoh. 

Kita mengetahui bahwa jodoh telah diatur oleh Allah SWT. Bahkan hingga kini, kita belum tentu mengetahui apakah orang yang dekat dengan kita adalah jodoh yang telah digariskan oleh-Nya. 

Namun, sebagai manusia tugas kita adalah untuk berikhtiar. Terdapat 3 hal yang bisa menjadi landasan seseorang layak untuk dijadikan pendamping. Pertama adalah orang yang pemaaf. 

Kedua adalah orang yang bisa memaklumi setiap kekurangan yang kita miliki. Sebab, setiap orang pasti memiliki kekurangan dan tidak ada yang sempurna. 

Ketiga, orang yang bisa memotivasi kita. Sebab, roda kehidupan nantinya akan terus berputar sehingga kita tidak akan tau badai apa yang akan menghadang nantinya. 

Maka dari itu, pilihlah pasangan yang bisa menuntun kita ke arah lebih baik dan mendorong kita mendekat pada Allah SWT. 

Sekian kata-kata yang dapat saya sampaikan, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

9. Ceramah singkat tentang menuntut ilmu

unsplash.com/RobinWorrall

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat kepada kita sehingga bisa berkumpul di tempat ini. 

Hadirin yang dirahmati Allah,

Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai pentingnya menuntut ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan memberikan kita pemahaman tentang dunia dan akhirat.

Perintah untuk menuntut ilmu terdapat dalam Al-Qur'an surat Al-Mujadalah ayat 11 yang artinya sebagai berikut. 

"Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan."

Dari ayat tersebut, telah dijelaskan bahwa menuntut ilmu akan mengangkat derajat kita di hadapan Allah SWT. Tanpa ilmu pengetahuan, seseorang pun akan buta dengan apa yang ada di sekitarnya. 

Demikian yang bisa saya sampaikan, mohon maaf apabila ada salah kata. 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

10. Ceramah singkat tentang kejujuran

pexels.com/Thirdman

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hadirin yang dirahmati Allah,

Pada momen Ramadan ini, kita memang diperintahkan untuk menahan diri tidak makan dan minum. Namun bukan hanya itu saja, kita juga harus menahan diri untuk tidak berlaku keji seperti berbohong. 

Tiada sesuatu yang bermanfaat dari seorang muslim daripada kejujuran. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur'an surat Muhammad ayat 21 berikut. 

"(Yang lebih baik bagi mereka adalah) taat (kepada Allah) dan bertutur kata yang baik. Sebab apabila perintah (perang) ditetapkan (mereka tidak menyukainya). Padahal jika mereka benar-benar (beriman) kepada Allah, niscaya yang demikian itu lebih baik bagi mereka."

Bukan hanya saat berpuasa, berlaku jujur juga harus selalu kita jadikan prinsip. Jangan sampai ibadah kita ternodai karena perkataan bohong yang keluar dari mulut kita. 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Demikian ceramah singkat berbagai topik yang bisa kamu pakai untuk mengisi kultum saat Ramadan maupun momen keagamaan lainnya. Semoga bermanfaat, ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration