Bacaan Doa Berpakaian dan Melepas Pakaian Beserta Artinya

Sesuai dengan sunnah agar menjadi berkah

Bacaan Doa Berpakaian dan Melepas Pakaian Beserta Artinya

Agama Islam mengatur hampir semua lini kehidupan, termasuk salah satunya adalah tata cara berpakaian. Hampir setiap hari kita menggunakan pakaian, tetapi banyak yang tidak menyadari bahwa nikmat berpakaian itu patut disyukuri. 

Sebab, masih banyak orang yang menggunakan pakaian terbatas yang tidak sebagus milik kita. Maka dari itu, hendaknya kita selalu melafalkan doa berpakaian sesuai yang dianjurkan.

Berikut adalah doa berpakaian Arab, latin lengkap dengan artinya yang telah dirangkum Popbela.com. Simak baik-baik, ya!

1. Bacaan doa berpakaian

Bacaan Doa Berpakaian dan Melepas Pakaian Beserta Artinya

Semua amal baik dalam Islam memang dianjurkan untuk diawali dengan bacaan basmalah. Perintah itu terdapat dalam kitab Lawami’ al-Anwar; Syarh Kitab al-Adzkar karya Muhyiddin Dib. 

Rasulullah SAW pernah menyampaikan kepada para sahabat ketika akan mengerjakan sesuatu (salah satunya adalah saat akan mengenakan pakaian) hendaklah membaca doa. Sebab, kita memohon supaya baju tersebut bisa menambahkan kebaikan dan menghindarkan dari keburukan. 

Berikut adalah doa mengenakan pakaian dari riwayat Sa'ad bin Malik bin Sanin (Abu al-Khudri) tersebut. 

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَا هُوَ لَهُ ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا هُوَ لَهُ

Allâhumma innî as’aluka min khairhi wa khaira mâ huwa lahu, wa a‘ûdzubika min syarrihi wa syarri mâ huwa lahu

Artinya: "Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu kebaikan pakaian ini dan kebaikan sesuatu yang di dalamnya, dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan pakaian ini dan keburukan sesuatu yang ada di dalamnya.” (Lihat: Muhyiddin Abi Zakariya Yahya ibn Syaraf an-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Al-Hidayah, Surabaya). 

2. Bacaan doa memakai pakaian baru

Sementara itu, bacaan yang dibaca saat akan memakai pakaian baru adalah sebagai berikut. 


اللّٰهُمَّ لَكَ الحَمْدُ اَنْتَ كَسَوْتَنِيْهِ، أَسْأَلُكَ خَيْرَهُ وَ خَيْرَ مَا صُنِعَ لَهُ، وَ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَ شَرِّ مَا صُنِعَ لَهُ

Allahumma lakalhamdu anta kasautaniih, asaluka khoirohu wa khoiro maa suningalahu, wa anguudzubika min syarri hi wa syarri maa suninga lahu. 

Artinya: "Ya Allah, untuk-Mu segala pujian yang Engkau berikan kepadaku pakaian ini. Aku memohon kepada-Mu kebaikan pakaian ini dan kebaikan apapun yang dibuat untuknya, serta aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan pakaian ini dan kejelekan apapun yang dibuat untuknya."

Doa ini berdasarkan hadis Abi Sa'id al-Khudri yang artinya:

"Bahwa Rasulullah ketika memakai pakaian baru, imamah, gamis atau sorban, berdoa: Allahumma lakal hamdu anta kasautiniihi asaluka khairahu wa khaira maa shuni’a lahu, wa a’udzubika min syarrihi wa syarri ma shuni’a lahu."

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here