Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Yuk, Kenalan dengan V1RST, Girl Group Indonesia Baru Adik dari UN1TY

Girl group yang cute and fun tapi tidak seragam

Nabila Damaan

Di awal tahun 2010-an musik Indonesia sempat diwarnai dengan kemunculan boy group maupun girl group, seperti SM*SH & Cherrybelle, tetapi sayangnya eksistensi idol group di Indonesia tidak bertahan cukup lama. Ketika sorotan masih surut, 1ID Entertainment dengan berani meluncurkan sebuah boy group yang diberi nama UN1TY pada tahun 2019.

Nah, tepat pada (07/10/22) 1ID Entertainment kembali secara resmi meluncurkan ‘adik’ UN1TY atau lebih tepatnya girl group asuhannya yang mereka beri nama V1RST. Ke hadapan publik, 1ID Entertainment memulai debut V1RST lewat serangkaian aktivitas mulai dari rilisan lagu debut, konferensi pers, giant banner 1000 m2 dan instalasi di facade Senayan City, serta persembahan video klip karya Aulion. Sudah mulai penasaran dengan V1RST? Yuk kenalan, Bela!

V1RST punya 7 anggota

dok.1ID Entertainment

Girl group ini merupakan jebolan dari ajang pencarian bakat, 1ID Audition, yang diumumkan pada bulan Maret 2022. Diikuti lebih dari 1200 pendaftar, dan setelah proses seleksi, serta melakukan serangkaian latihan akhirnya keluarlah 7 nama sebagai anggota V1RST. 

Muncul ke hadapan media untuk pertama kali, grup vokal yang terdiri dari tujuh orang anggota ini mulai memperkenalkan diri.

Mereka adalah Jessica merupakan anggota sulung, berusia 21 tahun dan berasal dari Salatiga, Fia berusia 20 tahun berasal dari Palembang, Reva berusia 18 tahun berasal dari Bandung, Rara berusia 18 tahun berasal dari Bekasi, Faela berusia 17 tahun dan berasal dari Semarang, Sachiko 17 tahun berasal dari Tangerang dan anggota termuda yaitu Safa 16 tahun yang berasal dari Jakarta.

Mereka adalah grup tapi tidak seragam

IDNTimes.com/Erfah Nanda

V1RST diperkenal sebagai vokal grup perempuan yang memiliki perbedaan dengan vokal grup perempuan lainnya yang ada di Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Dien Tirto Buwono selaku Co-Founder 1ID Entertainment.

“V1RST dibentuk sebagai girl group yang cute and fun tapi tidak seragam ya, karena masing-masing membernya memiliki keunikan,” ungkap Dien.

Perbedaan bisa dilihat ketika pertama kali poster V1RST secara resmi ditunjukkan. Patrick Effendy selaku produser musik mengatakan perbedaan tersebut bisa terlihat jelas dengan persona yang ditampilkan di dalam poster tersebut.

Walaupun mereka satu grup, mereka tidak di’seraggamkan’ dalam artian setiap anggota mewakili karakternya masing-masing.  Selain memiliki kemampuan vokal yang mumpuni, perbedaan karakter vokal setiap anggota V1RST juga menjadi kekuatan utama yang ingin ditonjolkan.

Apa arti dari nama V1RST?

dok.1ID Entertainment

1ID Entertainment rasanya nggak ingin asal memberi nama untuk setiap anak asuhnya, setelah nama dan arti yang filosofis dari UN1TY, lalu sebenarnya apasih makna di balik nama V1RST?

Nama V1RST berasal dari kata “First” yang memiliki 2 makna. Sebagai yang pertama dalam peristiwa, dan juga sebagai yang terdepan atau terbaik dalam kualitas.

Dapat diartikan bahwa, V1RST sebagai girl group pertama arahan 1ID yang diharapkan bisa menjadi yang terdepan dan terbaik dari segi kualitasnya. 

Sama seperti ‘kakak’nya terselip pula angka 1 pada penulisan namanya yang menjadi identitas khas dari entitas karya 1ID Entertainment. Warna merah dan putih sendiri dipilih sebagai simbolisasi karakter dinamis serta lembut seorang perempuan, dua sisi yang berbeda namun harmonis membentuk daya tarik. 

Langsung perkenalkan single terbaru

dok.1ID Entertainment

Menandai debutnya sebagai girl group, V1RST meluncurkan single terbaru mereka bertajuk “Malu-Malu”. Tipikal lagu anak-anak remaja, lagu ini seakan menceritakan keadaan seseorang yang baru pertama kali merasakan kasmaran. Lagu yang cocok dibawakan oleh ketujuh anggota yang berusia 16-21 tahun. 

“Saya lihat komposisi umur dan karakter member tuh pembawaannya emang Gen Z banget, jadi sosoknya seperti seorang adik atau bestie yang cute dengan konsep visual sesuai sama umur mereka juga,” ujar Dien.

“Sesuai sama karakter dan suara mereka yang arahnya ke pop dengan pembawaan yang cute dan girly. Jadi ketika workshop, secara natural lagunya juga ke arah sana. Lagu yang ceria dan bikin yang denger jadi happy. Grup dan lagunya bisa menjadi bestie yang bikin happy,” tambah Patrick Effendy.

Dari segi musik, V1RST merupakan vocal girl group yang dibentuk dengan arahan fresh and girly dan musik yang fun, diharapan lagu serta penampilan V1RST bisa menciptakan suasana riang serta menghibur bagi para pendengarnya.

Video musik yang penuh warna

Popbela.com/NabilaDamaan

Kembali menggandeng Aulion sebagai Music Video Director, video musik dari lagu “Malu Malu” tampil dalam aneka warna cerah ceria serta aneka detail visual yang unik dan ekspresif khas Aulion selaku sutradara.

Yang jadi inspirasi saya itu adalah karena karakter para member V1RST yang cocok dengan lagu ini ya. Jadi emang saya bikin konsepnya itu colorful. Malu-malu dan lucunya kerasa banget. Hal ini juga didukung dengan set dan kostum khas Halloween yang bikin mereka tambah lucu karena kebetulan rilisnya di bulan Oktober jadi kita ambil momentumnya,” ujar Aulion.

Jadi selain visual ketujuh anggota yang girly, ternyata hal tersebut juga tertuang dalam video musiknya. Bagaimana kamu sudah pernasaran belum? Single terbaru V1RST sudah bisa kamu dengarkan di seluruh digital streaming platform, menyusul video musik yang akan tayang di YouTube pada 7 Oktober 2022 pukul 19.00 WIB.

Lirik "Malu-Malu" – V1RST

instagram.com/1identertainment

Adu du duh... berhenti jantungku

Saat aku baca namamu menyapa

Aku langsung gila tak bisa percaya

Kamu yang kudamba ajak ku bicara a a ahhh...

Apakah ini nyata?

 

Tak cuma menyapa, kini kau meminta

Tuk jalan berdua. Duh yang bener aja!

Seakan dunia berhenti untuk bercanda

Tak mampu hatiku percaya semua...

Nyatanya Namanya ada di layar di depan mata ini!

(Takut!!)

 

Aku takut bila aku membisu

Saat mata kita bertemu, kumalu

Aku takut bila aku membeku

Saat aku bicara dan diam kumalu aduh

Harus bagaimana kumalu tapi kumau

Tolong aku, aku malu

Malu… tapi mau

 

Adu du duh... jempolku kok kaku

Lang ling lung hatiku menjawab pesanmu

Sungguh ku tak tahu harus apa aku?

Aku memang malu tapi inginku... berdua denganmu

Melihat senyum manismu saat kamu menatapku

lalu kedua tanganmu pelan pelan menggenggam tanganku

Aku pasti tersipu, lho kok jadi bergetar aku. Tolong aku

tolong aku huu uu...

//

Berdua kita bercanda berdua

Bisa tertawa saling jatuh suka

Aaaaaa....

IDN Media Channels

Latest from Inspiration