Pada tahun 2019, telah lahir grup vokal baru di bawah naungan 1D Entertainment. UN1TY berhasil terbentuk melalui ajang survival 1ID Music, yang berhasil mempertemukan 8 anak muda berbakat di Indonesia. UN1TY beranggotakan Farhan, Shandy, Gilang, Ricky, Fenly, Fajri, Zweitson dan Fiki.

UN1TY melakukan debut resmi pada 9 Desember 2021 dan telah memiliki fanbase-nya bernama YOUN1T. Single pertama mereka, "Coba Cintaku" berhasil menduduki posisi ke-43 dalam tangga lagu Billboard Indonesia TOP 100. Ingin mengenal UN1TY lebih dalam? Yuk, kenalan dengan UN1TY.

Konsep UN1TY

Medley Lagu Tradisional Indonesia, UN1TY Dukung Semangat Toleransiinstagram.com/un1ty_official

Lahir dari ajang survival, UN1TY menawarkan konsep yang berbeda dari grup vokal Indonesia pada umumnya. UN1TY sendiri merupakan singkatan dari Unity in Diversity yang artinya berbeda-beda tapi tetap satu. Nama ini diambil dari semboyan Republik Indonesia “Bhineka Tunggal Ika”, dengan harapan dapat membawa nama baik Indonesia ke panggung internasional. 

Pada awal debutnya, UN1TY membawakan 8 konsep lagu dengan genre dan warna yang berbeda. Hal ini bertujuan untuk menunjukkan karakter tiap anggota, serta menonjolkan daerahnya masing-masing. UN1TY tampil dengan musik pop ringan dan lirik berbahasa Indonesia yang mudah diterima para pendengar.

Aktif bersosial media

Medley Lagu Tradisional Indonesia, UN1TY Dukung Semangat Toleransiinstagram.com/un1ty_official

UN1TY benar-benar memanfaatkan sosial media dengan baik sebagai tempat untuk berpromosi. Sebagai platform yang sedang banyak digandrungi oleh anak muda, UN1TY sering kali mengunggah kemampuan mereka dalam bernyanyi dan menari di TikTok. Kini, mereka telah mendapatkan lebih dari 500 ribu pengikut di TikTok, 171 ribu lainnya di Instagram dan lebih dari 24 ribu pengikut di Twitter.

Lagu yang dibawakan oleh UN1TY

Medley Lagu Tradisional Indonesia, UN1TY Dukung Semangat Toleransiinstagram.com/un1ty_official

Bulan Desember 2019, UN1TY berhasil merilis single "Coba Cintaku" dan "Satu". Keduanya ditulis langsung oleh sang produser, yaitu Patrick Effendy. Berbagai pencapaian berhasil diraih oleh UN1TY di awal debut, "Coba Cintaku" berhasil meraih posisi ke-19 pada tangga lagu Langit Top Musik 50 edisi Januari 2020. Untuk single kedua yang berjudul "Satu", UN1TY berhasil menempati peringkat ke-4 pada Indonesia 20 edisi 15 oleh I-Radio Jakarta. 

Sudah berjalan selama 2 tahun, di awal tahun 2022 UN1TY akan merilis dua single baru, yang akan bekerja sama dengan komposer internasional. Patrick Effendy akan bekerja sama dengan Hyuk Shin, MRey dari 153 Creators Club dan Jeff Lewis. 

Hyuk Shin sendiri pernah menggarap lagu untuk Justin Bieber, MRey merupakan pencipta lagu "Hey Mama" milik EXO-CBX dan Jeff Lewis adalah komposer handal yang pernah bekerja sama dengan Super Junior, EXO hingga NCT Dream. 

Direncanakan pada perempat tahun 2022, UN1TY akan merilis album pertama mereka yang akan diproduksi oleh Gramedia Pustaka Utama dan Pear Press. 

1st Online Fanmeeting, UN1VERSARY “The Encounter”

Medley Lagu Tradisional Indonesia, UN1TY Dukung Semangat Toleransiinstagram.com/un1ty_official

Merayakan ulang tahun kedua, UN1TY menyelenggarakan 1st Online Fanmeeting, UN1VERSARY “The Encounter” pada 18 Desember 2021 lalu. Dengan konsep acara yang digelar secara virtual, para anggota akan menghibur YOUN1T, sebutan untuk para penggemar mereka, dengan penampilan spesial dan bermain games. Ada juga sesi interview untuk mengetahui kehidupan mereka di balik layar, juga agar lebih dekat dengan YOUN1T. 

Medley lagu tradisional asal Indonesia

Medley Lagu Tradisional Indonesia, UN1TY Dukung Semangat Toleransiinstagram.com/un1ty_official

UN1TY baru saja merilis sebuah live performance berupa medley lagu-lagu tradisional Indonesia. Mendukung semangat toleransi, lagu-lagu yang dibawakan sesuai dengan daerah asal para anggotanya, mulai dari Bukittinggi, Salatiga, Cimahi, Gorontalo hingga Papua. 

Menariknya, lagu ini diaransemen ulang oleh Fiki, Fenly dan Zweitson yang merupakan anggota resmi UN1TY bersama Thirda Joshua. Mereka berhasil mengaransemen ulang lagu tradisional Indonesia dengan apik. 

Lagu ini pertama kali ditampilkan pada 1st Online Fanmeeting, UN1VERSARY “The Encounter”. Tidak perlu khawatir ketinggalan, kini semua orang dapat menyaksikan hembusan semangat persatuan dan toleransi yang dibawakan UN1TY di YouTube resmi UN1TY.

https://www.youtube.com/embed/mX3J2IDHyhw

Itulah beberapa fakta menarik selama perjalanan musik UN1TY. Dengan konsep berbeda dari para pendahulunya, UN1TY memberikan warna baru dalam musik Indonesia. Jangan lupa follow terus akun sosial media resmi milik UN1TY, untuk kamu yang nggak mau ketinggalan informasi dari UN1TY!

Baca Juga: Intip 7 Karisma Leader Boyband Kpop yang bikin Fans Jatuh Hati! 

Baca Juga: Bikin Nostalgia, Begini Potret Dulu dan Kini Anggota Boyband SM*SH

Baca Juga: Resmi Dibubarkan, Ini Kontroversi di Balik Boyband X1