Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Film Korea Ini Rilis di September 2023, Dari Drama Hingga Dokumenter

Penggemar IU Siap-Siap War Tiket Bioskop

Nabila Damaan

Dari thriller fiksi ilmiah hingga misteri pembunuhan, tahun 2023 memiliki judul paling beragam untuk penggemar film Korea. Di paruh waktu pertama, penggemar film Korea sudah diberikan suguhan terbaik dari bintang-bintang terkenal, seperti Kim Hye Soo, Seol Kyung Gu, Lee Byung Hun, Park Bo Young, Ha Jung Woo.

Nggak mau ketinggalan keseruan, film-film di bulan September ini juga siap unjuk gigi, nih Bela. Nggak tanggung-tanggung, di bulan September ini akan ada 8 judul film yang rilis. Apa saja film Korea yang rilis di bulan September 2023? Simak daftarnya di bawah ini, yuk!

1. Sleep

instagram.com/lotteent.movie

Sutradara: Yoo Jae Sun

Pemeran: Jung Yu Mi, Lee Sun Kyun

Tanggal rilis: 6 September 2023

Genre:  thriller misteri 

Sinopsis:

Berpusat pada kisah Hyun Su (Lee Sun Kyun) dan Soo Jin (Jung Yu Mi) sebagai sepasang suami dan istri. Awal kehidupan mereka berjalan sangat baik, hingga suatu hari sang istri mendapati situasi aneh yang terjadi ketika sang suami tengah tertidur a.k.a sleepwalking. 

Hyun Su mulai berbicara dalam tidurnya. Pada sebuah malam, ia bahkan terbangun dari tidurnya dan berperilaku seperti orang lain. Anehnya, Hyun Sun akan terbangun di pagi hari tanpa mengingat apa yang terjadi malam sebelumnya. 

Kondisi ini Soo Jin yang tengah hamil muda merasa khawatir dengan kebiasaan tidur Hyun Su. Mereka mulai berkonsultasi dengan klinik tidur namun tidak berhasil dan ketika perilaku buruknya meningkat, mereka mati-matian mencari bantuan dari dukun.

2. Road to Boston

imdb.com

Sutradara: Kang Je Gyu

Pemeran: Ha Jung Woo, Im Si Wan, Bae Seong Woo, Kim Sang Ho

Tanggal rilis: 27 September 2023

Genre:  Biografi olahraga

Sinopsis:

Road to Boston membawa kisah tentang pelari maraton Korea. Kisah menggembirakan tentang para atlet Korea yang mengikuti Boston International Marathon pada tahun 1947, maraton internasional pertama yang diadakan sejak Perang Dunia II.

Sebuah perjalanan mengharukan bagi Suh Yun Bok (Im Si-Wan) dan kedua pelatihnya, Son Kee Jung  (Ha Jung Woo) dan Pelatih Nam Seung Ryong (Bae Sung Woo), ketika mengikuti kompetisi di ajang internasional untuk pertama kali setelah kemerdekaan Korea.

3. Cobweb

instagram.com/barunsonena.contents

Sutradara: Kim Jee Woon

Pemeran: Song Kang Ho, Im Soo Jung, Oh Jung Se, Jeon Yeo Been, Krystal Jung

Tanggal rilis: 27 September 2023

Genre: drama komedi hitam

Sinopsis:

Cerita film Cobweb adalah seputar perjuangan sutradara Kim (Song Kang Ho) untuk menyelesaikan filmnya di tengah ketatnya penyensoran film era 1970-an. Setelah debutnya yang sukses, Sutradara Kim menanggung serangan pedas dari para kritikus yang menyebutnya spesialis dalam drama sampah.

Lantas, ia mengatur ulang jadwal syuting pada proyek film terbarunya, Cobweb, selama 2 hari. Ia sangat bersemangat menciptakan film yang dianggapnya akan jadi masterpiece. 

Hanya saja, banyak sekali pertentangan yang dihadapi. Mulai dari naskah yang ditulis ulang gagal lolos sensor, dan para aktornya tidak suportif, hingga tentangan dari produser. Meski merasa akan gila dengan segala rintangan itu, Kim Ki Yeol tetap ingin melakukannya.

4. Dr. Cheon and Lost Talisman

instagram.com/cjenmmovie

Sutradara: Kim Seong Sik

Pemeran: Gang Dong Won, Huh Joon Ho, Esom, Lee Dong Hwi, Kim Jong Soo

Tanggal rilis: 27 September 2023

Genre: thriller misteri

Sinopsis:

Film ini menggambarkan seorang pengusir setan palsu, Dr. Cheon yang ternyata tidak memiliki kemampuan melihat hantu. Ia menjalankan misi pengusiran hantunya lewat saluran YouTube terkait eksorsisme berkeyakinan bahwa obyek yang dilawannya adalah mental manusia, bukan hantu.

Ia bersama sang asisten telah melanglang buana untuk melakukan ritual pengusiran hantu palsu, hingga suatu ketika ia dihadapkan pada kasus kerasukan nyata.

5. Seo Taiji 25 Live Time: Traveler

instagram.com/seotaijicompany

Sutradara:  Seo Taiji

Pemeran: Seo Taiji, Kim Nam Joon, Kim Seok Jin, Min Yoon Gi, Jung Ho Seok, Park Ji Min, Kim Tae Hyung, dan Joen Jung Kook

Tanggal rilis: 6 September 2023

Genre: Dokumenter

Sinopsis:

Seo Taiji 25 Live Time: Traveler menjadi sebuah film dokumenter tentang pertunjukan ulang tahun ke-25 musisi Seo Taiji. Pertujukkan dengan sekitar 35.000 penonton di Stadion Utama Olimpiade Jamsil, gedung pertunjukan terbesar di Korea, diwakili oleh pertunjukan yang menggabungkan musik eksperimental dan penampilan berkualitas tinggi selama 25 tahun terakhir.

Pertunjukkan yang akan menampilkan lagu "I Know",  hingga "Hayeoga", "You in My Fantasy" dan "Come Back Home" yang spektakuler ditambah BTS, ikon pop abad ke-21, yang berpartisipasi sebagai tamu istimewa untuk menambah makna pada pertunjukan tersebut.

6. IU Concert: The Golden Hour

Pemeran: Lee Ji-eun (IU)

Tanggal rilis: 28 & 30 September 2023

Genre: Dokumenter

Sinopsis:

The Golden Hour: Under the Orange Sun adalah sebuah konser perayaan perjalanan karier IU selama 15 tahun berkarya sejak debut pada 2008. Konser yang mampu mendatangkan 88.000 penonton itu akan dirangkum dalam sebuah film dokumenter bertajuk IU Concert: The Golden Hour.

7. A Lonely Island in the Distant Sea

dok. London Korean Film Festival

Sutradara: Kim Mi-young

Pemeran: Park Jong Hwan, Lee Yeon, Kang Kyung Hun, Park Hyun Suk, Jang Jun Whee, dan Chung Su Bin

Tanggal rilis: 27 September 2023

Genre: Drama

Sinopsis:

Kisahnya berpusat pada Seong Yoon-cheol, seorang pria berusia 40 tahun yang memenangkan Penghargaan Pematung Muda di usia 20-an, dan putrinya Seong Ji-na, yang mewarisi bakatnya. 

Namun, sang putri memutuskan berhenti sekolah dan memasuki kuil Buddha. Hidup Yoon Cheol seketika menjadi kacau karena tidak ada rencana yang berjalan sesuai keinginannya.

8. Havana

koreanfilm.or.kr

Sutradara: Hong Yongho 

Pemeran: Kang Min Hyuk, Yoo Da In, Gong Sang Ah, Jeon Sae Byul, Lee BoYoung, Kwak Ja Hyeong, Go Jeong Il, Kim Tae Hoon, Kim So Sook, dan Cho Kwang Hee

Tanggal rilis: September 2023

Genre: Drama

Sinopsis:

Jeong Min, seorang pengacara pemula, menjadi pengacara umum Yoon Ah. Seorang  perempuan yang dituduh membunuh suaminya. Perlawanan sengit antara pengacara pemula dengan seorang jaksa yang kejam, dan hakim misterius.

Jeong Min juga harus berhadapan dengan semua kecurigaan yang menyelimuti terdakwa, dan ia berusaha mengungkap kebenaran di balik konspirasi kasus tersebut.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration