Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Lagu Paling Banyak Dicari di Google Indonesia 2022, Apa Saja, ya?

Dari lagu K-pop, barat, hingga lokal

Evelyn Anggraini

Tahun 2022 sebentar lagi akan usai dalam waktu yang tak lama. Sudah banyak peristiwa hingga momen yang terjadi di tahun ini, sampai tak terasa 2023 sudah berada di depan mata. Dari suka maupun duka, kita semua pastinya bersyukur telah melewatinya hingga saat ini.

Seperti halnya lagu, yang menjadi teman kita dalam beraktivitas ataupun menjadi pengisi suasana harimu. Lagi mencari mood booster atau sedang ingin galau? Akan lebih baik jika mendengarkan lagu-lagu favoritmu.

Di tahun ini, telah banyak lagu yang rilis, mulai dari K-pop, western, sampai yang lokal juga tak ketinggalan. Beberapa di antaranya juga sempat viral di internet setelahnya, entah karena lagunya yang catchy maupun easy listening. Tak jarang juga, orang-orang menggunakan beberapa lagu ini sebagai musik latar dalam unggahan media sosialnya, seperti Instagram atau TikTok.

Kali ini, berdasarkan data yang dihimpun Google dalam Year in Search 2022, berikut daftar 10 lagu paling banyak dicari di Google Indonesia 2022.

1. "Hati-Hati di Jalan" - Tulus

Kukira kita akan bersama
Begitu banyak yang sama
Latarmu dan latarku
Kukira takkan ada kendala
Kukira ini kan mudah
Kau aku jadi kita

Sebuah lagu yang mengisahkan patah hati dan perpisahan ini sempat menjadi trending di media sosial setelah perilisannya. Pasalnya, perpaduan pilihan kata dan musik yang tenang itu membuat orang-orang terus mendengarkan lagu tersebut lagi dan lagi.

Tak hanya itu saja, lagu yang menjadi bagian dari album Tulus bertajuk Manusia, berhasil memuncaki posisi teratas di Spotify Indonesia dengan dengan kisaran 147 jutaan total pendengarnya.

2. "Ojo Dibandingke" - Farel Prayoga

Wong ko ngene, kok dibandhing-bandhingke
Saing-saingke? Ya, mesthi kalah

Ingat aksi hebat dari penyanyi cilik yang memberanikan dirinya bernyanyi di depan para tamu undangan dalam acara HUT RI ke-77 di Istana Negara? Farel Prayoga berhasil membuat semua orang bergoyang, hingga Presiden Jokowi memberikan jempol terhadap penampilan istimewanya.

Lagu ciptaan dari seniman asal Boyolali, Abah Lala, memiliki cerita mendalam tentang kegalauan seseorang. Ia kerap dibanding-bandingkan oleh kekasihnya sehingga timbul rasa tidak dihargai kesetiaannya.

3. "Glimpse of Us" - Joji

'Cause sometimes I look in her eyes
And that's where I find a glimpse of us
And I try to fall for her touch
But I'm thinking of the way it was
Said I'm fine and said I moved on
I'm only here passing time in her arms
Hoping I'll find
A glimpse of us

Siapa yang sempat dibuat galau berjamaah dengan lagunya Joji ini? "Glimpse of Us" menceritakan seorang lelaki yang belum bisa move on dari kekasih sebelumnya lantaran teringat akan masa lalunya, meskipun ia sudah mendapatkan pasangan yang baru.

Lagu tersebut berhasil tembus sekitar 687 juta kali didengar di platform musik Spotify. Maka dari itulah, banyak orang mencari lagu "Glimpse of Us" sehingga menjadi viral karena liriknya yang begitu menyayat hati, seakan relate dengan cerita di baliknya.

4. "Pink Venom" - BLACKPINK

This that pink venom, this that pink venom
This that pink venom (get 'em, get 'em, get 'em)
Straight to ya dome like whoa-whoa-whoa
Straight to ya dome like ah-ah-ah

Bukan hal yang asing lagi kalau lagu keluaran girlgroup besutan YG Entertainment selalu menggemparkan industri K-pop. Setelah dua tahun, akhirnya BLACKPINK lakukan comeback sebagai grup dengan perilisan single di 2022 dengan "Pink Venom".

Sebagai lagu pra-rilis albumnya, BORN PINK, grup empat personel ini mengekspresikan identitas mereka dalam musik video dengan paduan aliran hip-hop serta musik tradisional Korea. Dengan gerakan ikoniknya, fang dance, BLACKPINK seakan berada di dalam hati BLINKS seperti zat beracun yang tak terhindarkan.

5. "Darari" - TREASURE

Da-ra-ra-ra-ra-ra-ri
Neol bogo isseum eumagi, baby
Neoreul wihan melody, melody, yeah
Niga muse-nikka jal deureobwa, play it

Pembawaan lagu yang santai, namun juga asyik membuat lagu dari boygroup asal YG Entertainment menjadi viral. Terlebih dengan adanya dance challenge buatan selebgram Indonesia bernama Aida Fitri yang menggunakan "Darari" sebagai musik latarnya. Koreografinya yang mudah membuat semua orang di berbagai negara ikut melakukan #dararichallenge, alhasil popularitas TREASURE berhasil mendunia oleh karenanya.

Tak hanya kalangan pecinta K-pop saja, bahkan sederet idol  ternama juga ikut melakukan gerakan "Darari" itu. Beberapa di antaranya adalah Hoony 'WINNER', Jeon Somi, Haechan 'NCT Dream', Eunha 'VIVIZ', I.N 'Stray Kids', dan masih banyak lagi. Apakah kamu pernah mengikuti #Dararichallenge juga, Bela?

6. "Until I Found You" - Stephen Sanchez

I would never fall in love again until I found her
I said, "I would never fall unless it's you I fall into"
I was lost within the darkness, but then I found her
I found you

Lagu yang satu ini kerap kali digunakan sebagai musik latar suatu video yang berbau romantis. Mengapa tidak? "Until I Found You" memiliki makna cinta yang mendalam. Memang, untuk menyatakan perasaan kasih sayang akan lebih mudah dengan sebuah lagu. Apalagi dengan suasana nostalgia yang begitu memikat, seiring nuansa musik tahun 50-an.

Lagu ini didedikasikan untuk seorang perempuan yang sebelumnya ditinggalkan oleh kekasihnya, namun ternyata lelaki tersebut menyesal di kemudian hari. Apakah kamu merasa tersentuh juga ketika mendengar lagu ini, Bela?

7. "Kisah Sempurna" - Mahalini

Dia yang pertama membuatku cinta
Dia juga yang pertama membuatku kecewa
Kamu yang pertama, menyembuhkan luka
Tak ingin lagi ku mengulang, keliru akan cinta
Jadi kisah yang sempurna

Penyanyi perempuan yang memiliki nama lengkap Mahalini Raharja sempat lakukan comeback dengan merilis single berjudul "Kisah Sempurna". Lagu ini seakan membicarakan percintaan antara dua pihak, yakni ketika seseorang berada di dalam keterpurukannya sehingga menutup hatinya untuk siapapun.

Kemudian, di suatu waktu datanglah seseorang yang tepat untuk menyembuhkan luka hatinya, seakan melepaskan jeratan luka dari sang mantan yang ia cintai sebelumnya. Lagu yang rilis pada 22 April lalu berhasil menembus sekitar 67 juta viewers pada musik video resminya di YouTube.

8. "Sang Dewi" - Lyodra

Walaupun dirimu tak bersayap
Ku akan percaya
Kau mampu terbang bawa diriku
Tanpa takut dan ragu

Belum lama ini, Lyodra membuat bangga Indonesia lantaran ia berhasil membawakan "Sang Dewi"dengan menakjubkan di Asia Artist Awards 2022. Ia juga memenangkan penghargaan kategori Asia Celebrity dari perhelatan tersebut. Lagu yang awalnya merupakan gubahan dari penyanyi ternama, Titi DJ, menceritakan tentang seorang perempuan yang menemukan cinta sejatinya.

Lagu "Sang Dewi" yang dibawakan Lyodra Ginting berikan warna baru dengan musik yang lebih megah. Cara menyanyikannya membuat yang mendengarnya merasa merinding. Terlebih padanan lirik lagu tersebut yang indah bikin pendengarnya juga ikut menyanyikannya.

9. "Made You Look" - Meghan Trainor

I could have my Gucci on
I could wear my Louis Vuitton
But even with nothing on
Bet I made you look (I made you look)

Lagu "Made You Look" bermakna untuk perempuan agar tetap percaya diri, meskipun sudah menjalani hubungan percintaan jangka panjang. Di setiap liriknya, Meghan Trainor seolah mengekspresikan kemampuannya yang dapat menarik pikat pasangannya, walaupun telah melewati segala hal yang merubah tubuhnya.

Hal ini juga berkaitan dengan Meghan yang telah melahirkan sang buah hati sejak 2021 lalu, dengan suaminya bernama Daryl Sabara—pemain film Spy Kids.

10. "Sikok Bagi Duo" - Meli Dedi

Sikok bagi duo
Sikok bagi duo
Sikok bagi duo
Sikok bagi duo
Idak naik jugo tekan samo-samo

Nah, siapa yang pernah terngiang-ngiang dengan bait lagu tersebut? Sepertinya, penggalan lirik tersebut sempat mewarnai konten FYP TikTok kamu, apalagi adanya gabungan tren video "Lagi dengerin lagu apa?". Namun, pada awalnya sang penyanyi, Meli Dedi, tengah menjadi pembawa acara suatu pernikahan dan secara spontan ia menyanyikan lagu ini di atas panggung.

Pada saat yang bersamaan, sekelompok tamu dan temannya merekam Meli saat menyanyikan lagu tersebut. Video tersebut viral setelah diunggah ke TikTok dan YouTube. Dulunya sempat menimbulkan kontroversi lantaran dugaan lagu tersebut bermakna mengajak untuk memakai narkoba. Meskipun begitu, Meli tidak bermaksud apapun dan hanya memeriahkan acara pada saat itu.

Itulah 10 lagu paling banyak dicari di Google Indonesia 2022. Tahun ini begitu banyak hal yang mewarnai kehidupan kita, terlebih lagu-lagu yang menjadi teman dalam beraktivitas maupun bersantai. Adanya lagu-lagu baru yang catchy dan easy listening membuat kita penasaran bagaimana lirik keseluruhannya dan ikut memahami makna yang tersirat. Dari deretan lagu di atas, adakah yang menjadi favoritmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration