9 Keseruan G4ID 2022, Banyak Program Google Terbaru

9 Keseruan G4ID 2022, Banyak Program Google Terbaru untuk Indonesia

Pembicaranya pun nggak main-main

9 Keseruan G4ID 2022, Banyak Program Google Terbaru untuk Indonesia

Pandemi COVIDd-19 telah membuat banyak sekali perubahan, nggak hanya dari masalah kesehatan, pola hidup, melainkan juga dengan sektor-sektor lain seperti pendidikan, dan ekonomi ikut berdampak. Dua tahun lamanya Indonesia melewati masa-masa tersebut, sekarang keadaan sudah mulai membaik. Untuk itu saat ini adalah waktunya Indonesia untuk bangkit dan fokus untuk membangun masa depan Indonesia ke arah yang lebih baik. Salah satu faktor pendukung ialah digitalisasi.

Sejalan dengan hal tersebut, Google Indonesia telah memiliki banyak inovasi untuk membantu Indonesia menghadapi tantangan baru di dunia digitalisasi. Seperti yang kamu lihat, telah banyak aplikasi-aplikasi yang dibuat untuk mempermudah kehidupan masyarakat di masa pandemi.

Inovasi dan program-program terbaru Google tersebut secara resmi diumumkan dalam perhelatan Google For Indonesia 2022. Menjadi tahun ke-7 penyelenggaraan, acara tahun ini berlangsung dengan tema “Bangun Indonesia Terdepan”. 

9 Keseruan G4ID 2022, Banyak Program Google Terbaru untuk Indonesiadok. Google Indonesia

“Para pembicara kami hari ini akan membahas bagaimana go digital memiliki peranan yang sangat penting untuk mempersiapkan kita bersama-sama ke masa depan dan bagaimana program-program Google terbaru dapat mempercepat peralihan ini melalui dukungan bagi bisnis lokal inovator dan pelajar. Selain itu, akan Anda juga akan melihat bagaimana produk Google terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan untuk seluruh masyarakat Indonesia,” ungkap Randy Jusuf Managing Director Google Indonesia dalam pembukaan di acara G4ID 2022.

Nah, untuk melihat program dan keseruan apa saja yang berlangsung dalam acara Goole for Indonesia, yuk simak artikel berikut ini!

1. Luhut Binsar Panjaitan sebut Indonesia adalah negara kaya raya

9 Keseruan G4ID 2022, Banyak Program Google Terbaru untuk IndonesiaPopbela.com/Ayu Utami

Berbicara tentang digitalisasi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan yang hadir kala memberikan kata sambutan mengatakan bahwa banyak yang nggak sadar bahwa selama 8 tahun ini pekerjaan di Indonesia telah bertransformasi dalam digitalisasi. Selain itu, Luhut Binsar Panjaitan juga mengingatkan ke generasi muda Indonesia bahwa Indonesia itu adalah negara yang kaya raya. 

“Saya hanya mengingatkan Anda semua anak-anak muda yang ada di sini Indonesia itu besar sekali kadang-kadang kita lupa bahwa negara kita ini negara besar kita kaya akan mineral, seperti nikel, tin, bauksit yang dulu hanya bisa ekspor raw product, sekarang kita sudah menjadi pemain global,” ungkap Luhut.

Selain itu, Luhut memaparkan berbagai prestasi yang dimiliki oleh Indonesia. Untuk itu dirinya berpesan kepada seluruh anak muda di Indonesia untuk terus mengasah kemampuan dan pengetahuan, yang disertai dengan pembentukan karakter yang kuat.

“Saya berharap pada kalian yang muda-muda ayo kau belajar yang bagus pendidikan yang bagus tapi juga harus punya hati yang baik. Kamu mau marah boleh berbeda pendapat boleh, tapi harus selalu mencari solusi dan kau bangunlah team work yang baik karena negara ini negara begitu besar negara yang begitu kaya harus kita kelola bersama-sama dengan baik,” lanjutnya. 

2. Sandiaga Uno membacakan Keynote G4ID 2022 didahului pantun

9 Keseruan G4ID 2022, Banyak Program Google Terbaru untuk IndonesiaDok. Google Indonesia

mbah Google bantu kita cari informasi 

dari cara dandan sampai resep bakmi 

ekonomi kreatif jadi satu solusi 

kita pulih dan bangkit dari pandemi

Ini adalah pantun yang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno sampaikan sesaat sebelum menyampaikan Keynote dalam acara G4ID 2022 kemarin.

Muncul dengan penampilan yang terbarunya, Sandiaga Uno menyampaikan bahwa tahun ini dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan KTT G20 dan di KTT G20 Indonesia berkomitmen untuk bekerja keras memberikan kontribusi bagi dunia dan langkah penting yang pemerintah ambil adalah mempercepat transformasi digital pasca pandemi yang merupakan salah satu agenda prioritas dan dari sisi ekonomi.

Dirinya mengatakan bahwa Google juga memberikan kontribusi yang cukup banyak untuk mengembangkan ekonomi dan membuka lapangan pekerjaan. Ia juga mengungkapkan bahwa ekonomi kreatif juga memainkan peran yang sangat penting pasca pandemi.

“Saya melihat ternyata kehadiran Google sudah memberikan kontribusi terhadap perekonomian Indonesia sebesar 7,5 triliun rupiah, dan telah berhasil membuka lebih dari 200.000 lapangan pekerjaan baru berkat hadirnya solusi yang telah disampaikan oleh Google, terima kasih,” papar Sandiaga Uno. 

3. Gautam Anand bicara tentang dampak YouTube terhadap Indonesia

9 Keseruan G4ID 2022, Banyak Program Google Terbaru untuk Indonesiadok. Google Indonesia

Menjadi tahun ke-10 YouTube masuk ke Indonesia. YouTube adalah rumah bagi ribuan pewirausaha yang menciptakan bisnis dan lapangan kerja di seluruh Indonesia.

Pada tahun 2021, menurut laporan yang disusun oleh Oxford Economics dan dirilis hari ini, ekosistem kreatif YouTube berkontribusi sebesar Rp7,5 triliun (US$525 juta) terhadap PDB Indonesia, serta mendukung ekonomi yang setara dengan lebih dari 200.000 pekerjaan purnawaktu (FTE), sehingga membantu pemerintah untuk mencapai target penciptaan 4,4 juta lapangan kerja di sektor ekonomi kreatif hingga tahun 2024.

"Ekonomi kreator YouTube itu nyata, substansial, dan terus berkembang. YouTube adalah rumah bagi ribuan pewirausaha kreatif di Indonesia yang telah menemukan inspirasi dan membangun bisnis yang berkembang pesat,” pungkas Gautam Anand, Vice President, YouTube Asia Pasifik. 

Melihat dampak tersebut, Gautam juga menyampaikan akan terus berkomitmen untuk terus mendukung kreator, artis, dan bisnis di Indonesia, sekaligus menciptakan lebih banyak peluang di Indonesia, baik itu mendorong manfaat ekonomi, menciptakan lapangan kerja, atau mendapatkan pengakuan dari kancah global.

4. Google tawarkan program pelatihan bekerjasama dengan Unity

9 Keseruan G4ID 2022, Banyak Program Google Terbaru untuk Indonesiadok. Google Indonesia

Konsumsi gim digital di Indonesia kian meningkat, namun sayangnya belum ada gim lokal yang mendunia. Nah, ada kabar gembira nih untuk kamu para developer gim. Masih dalam acara yang sama, Google mengumumkan akan mendanai program uji coba bernama Google Play x Unity Game Developer Training, lho. 

Bekerja sama dengan Asosiasi Game Indonesia, program ini akan memberikan pelatihan dan sertifikasi Unity kepada 500 mahasiswa di lebih dari 15 universitas dan 50 developer profesional. Pelatihan ini diberikan tanpa biaya melalui kursus mandiri secara online, dan developer juga dapat memilih sesi pelatihan online yang dipandu instruktur.

Unity adalah salah satu mesin pengembangan game terkemuka di dunia. Unity digunakan secara global baik oleh developer besar maupun kecil, mulai dari studio game indie hingga studio game besar. Meningkatkan keterampilan mahasiswa dan developer lokal melalui berbagai kursus dan pelatihan yang tersedia di Unity akan membekali mereka dengan ilmu membuat game kelas dunia,” ucap Kunal Soni, Director of Google Play Partnerships untuk Asia Tenggara dan Australia.

5. Keliling melihat sandbox yang disediakan Google di Experience Zone

9 Keseruan G4ID 2022, Banyak Program Google Terbaru untuk IndonesiaPopbela.com/NabilaDamaan

Salah satu tujuan acara ini berlangsung ialah untuk  memberitahu kepada masyarakat apa saja sih hal yang sedang dilakukan oleh Google untuk membangun indonesia.

Tahun ini Google telah berkolaborasi dengan lebih banyak lagi mitra, terkhususnya pemerintah, asosiasi, kreator dan lapisan masyarakat. selain rangkaian acara yang dibuat untuk para developer serta kreator, di G4ID 2022 kamu juga akan disuguhkan berbagai sandbox persembahan Google di Experience Zone. 

Sebelum memasuki area ini kamu akan disambut dengan main gate yang penuh warna, dan kalau kamu perhatikan di bagian atas main gate terdapat sejumlah layang-layang yang melayang dengan warna yang menarik. Selanjutnya kamu akan melihat landmark Google for Indonesia yang siap menjadi latar belakang foto.

Memasuki area dalam akan ada sandbox dari Google Play, dan YouTube. Lalu, ada sandbox bangkit, Google for Education, Gedung Carinah, dan Stasiun keamanan. Beberapa akan kita bahas di bawah ini!

6. Melihat aplikasi buatan peserta bangkit

9 Keseruan G4ID 2022, Banyak Program Google Terbaru untuk IndonesiaPopbela.com/NabilaDamaan

Di area pameran kamu akan melihat ada sandbox persembahan dari bangkit. Apa sih itu bangkit? bangkit adalah program yang dirancang oleh Google bersama Goto dan traveloka, dan bekerja sama dengan program Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset dan Teknologi yang membantu mahasiswa membangun keterampilan yang relevan dalam bidang IT. Memberikan kesempatan talenta untuk terampil berinovasi baik dalam startup maupun kelas dunia.

Setiap tahun, Bangkit mencatat peningkatan jumlah mahasiswa yang mendaftar ke program tersebut, dengan lebih dari 100.000 lamaran diterima dalam tiga tahun terakhir. Dan, saat ini bangkit tengah membuka pendaftaran untuk program tahun 2023, lho. Ayo manfaatkan kesempatan ini, Bela.

9 Keseruan G4ID 2022, Banyak Program Google Terbaru untuk IndonesiaPopbela.com/NabilaDamaan

Nah, melipir ke samping, kamu akan melihat sebuah sandbox yang bertuliskan “Segera Tayang”. Di sinilah kamu akan melihat output yang diberikan bangkit terhadap para lulusannya. Di tempat ini kamu akan melihat 2 aplikasi buatan anak-anak Indonesia yang lulus program bangkit di tahun lalu. Dua aplikasi itu adalah tedi dan cariherb.

tedi sendiri adalah sebuah aplikasi yang dirancang untuk memudahkan penyandang disabilitas khusus untuk berkomunikasi ataupun memudahkan melakukan aktivitas. tedi atau teman disabilitas ini punya fitur yang canggih, salah satunya BISINDO Translator.

Fitur itu tersebut adalah fitur yang memungkinkan menerjemahkan gerakan bahasa isyarat BISINDO secara real time yang nantinya akan memudahkan komunikasi antara teman tuli dan teman dengar yang nggak paham bahasa isyarat, keren kan, Bela?

Nah, kalau cariheb sendiri adalah aplikasi yang memudahkan kita untuk mengidentifikasi tumbuhan tumbuhan herbal, nih. Jadi di salah satu fiturnya kita bisa dengan mudah mencari tahu nama tanaman, lengkap dengan manfaat dan cara perawatannya hanya dengan mengidentifikasinya lewat foto.

7. Cegah berita hoax jelang pemilu dengan Safer with Google

9 Keseruan G4ID 2022, Banyak Program Google Terbaru untuk IndonesiaPopbela.com/NabilaDamaan

Melipir ke sebelah kita akan menemukan Stasiun Keamanan Google. Di tempat ini kita akan melihat salah satu rencana inisiatif baru Google yang dipimpin oleh Centre for Strategic and International Studies (CSIS) yang berbasis di Jakarta, untuk mengembangkan Safer Internet Lab. Lab ini akan meneliti dan menganalisis sumber serta pola misinformasi dan disinformasi untuk membantu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap berbagai isu provokatif sebelum berkembang menjadi masalah yang lebih besar. 

Di sana kita akan melihat kinerja Saver with Google untuk membuat laporan dan menciptakan solusi potensial, yang akan membantu para pembuat kebijakan serta pengecek fakta untuk memahami bagaimana dan dari mana sumber masalah ini agar kepercayaan publik tetap terjaga.

8. Mengintip aplikasi buatan Indonesia di section Google Play

9 Keseruan G4ID 2022, Banyak Program Google Terbaru untuk IndonesiaPopbela.com/NabilaDamaan

Berjalan terus ke kanan kamu akan disambut gerbang bertuliskan Google Play Made in Indonesia. Seperti namanya, di dalam sana kamu akan disuguhkan berbagai aplikasi karya anak-anak bangsa yang nggak kalah keren. Mulai dari kebutuhan berbelanja, pembayaran, permainan, hingga masalah hati, nih Bela. 

9 Keseruan G4ID 2022, Banyak Program Google Terbaru untuk IndonesiaPopbela.com/NabilaDamaan

Beberapa aplikasi yang dipamerkan di section tersebut di antaranya, Segari, bicarakan.id, GRAMMARIAN LTD, dan Game Tahu Bulat yang menawarkan Tahu Bulat asli. Seru, banget deh. Semua aplikasi ini bisa kamu akses di Google Play, ya. 

9. Bersenang-senang dan asah kreativitas di Warung YouTube

9 Keseruan G4ID 2022, Banyak Program Google Terbaru untuk IndonesiaPopbela.com/NabilaDamaan

Dari sekian banyak sandbox, mungkin sandbox ini yang paling ramai dikunjungi. Sekarang kita akan melihat Warung YouTube, sandbox YouTube ini terdiri dari Warung Bung Ilham tempat di mana kamu bisa mencari tahu ide konten seperti apa yang akan kamu buat, selanjanjutnya akan ada Studio Sus Syuting tempat di mana kamu bisa memproduksi sebuah konten.

9 Keseruan G4ID 2022, Banyak Program Google Terbaru untuk IndonesiaPopbela.com/Ayu Utami

Lalu, ada Roemah Irama yang sempat didatangi oleh Najwa Shihab, tempat ini adalah tempat untuk memproduksi lagu. Dan, terakhir ada Pusat Pijit Pak Edit dengan warna yang sangat mencolok. Konsepnya seperti pedagang kaki lima, ya namun kalau ditelusuri ternyata tempat-tempat tersebut adalah menunjukkan langkah-langkah ketika kamu akan membuat YouTube Short, Bela. 

Bagaimana seru bukan? Google juga mengumumkan penandatanganan perjanjian non-komersial dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk menghadirkan Project Green Light di Jakarta.

Tim peneliti dari Google akan memberikan rekomendasi kepada Pemerintah DKI Jakarta untuk mengoptimalkan pengaturan waktu lampu lalu lintas guna mengurangi lalu lintas yang tersendat, berdasarkan data lalu lintas anonim dan data mobilitas masyarakat berbasis Android.

Demikianlah keseruan acara Google For Indonesia 2022. Jangan lewatkan program-program Google yang ditawarkan, ya Bela!

Baca Juga: #Google4ID Inisiasi Google Bantu Indonesia Bangkit di Tengah Pandemi

Baca Juga: 5 Tools Penerjemah yang Bisa Kamu Gunakan Selain Google Translate 

Baca Juga: Tepat! Google Indonesia Dapuk Voice of Baceprot untuk Patahkan Bias

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

5 Arti Mimpi Bertemu Anjing Ini Memiliki Makna yang Mendalam

5 Arti Mimpi Bertemu Anjing Ini Memiliki Makna yang Mendalam

trending

Trending

10 Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Agama Islam, Ingat Kembali, Yuk!

10 Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Agama Islam, Ingat Kembali, Yuk!

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Inspiration

7 Misteri di Film Marvel yang Masih Jadi Teka-Teki

7 Misteri di Film Marvel yang Masih Jadi Teka-Teki