Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Daftar Lagu Lebaran Jadul 

Ada lagu Lebaran sejak tahun 1950-an lho

Dina Lathifa

"Lebaran sebentar lagi!"

Kalimat di atas rasanya seperti lirik lagu terkenal yang selalu didendangkan setiap kali menyambut Hari Raya Idul Fitri, ya? Faktanya, ada banyak lagu bertemakan Hari Raya Lebaran yang diciptakan dan diputar untuk memeriahkan suasana Hari Kemenangan yang dirayakan oleh umat Muslim di Indonesia. Ada yang membahas tentang Idul Fitri itu sendiri, ada yang membahas soal tradisi mudik, ada pula yang membahas doa yang dipanjatkan untuk Yang Maha Esa.

Lagu Lebaran sebenarnya sudah ada sejak tahun 1950-an silam, lho! Lirik lagu Idul Fitri yang biasa kamu nyanyikan boleh jadi dibuat dan dinyanyikan oleh musisi zaman dahulu kala. Coba cek beberapa daftar lagu Lebaran jadul yang pernah memeriahkan suasana Hari Kemenangan di masa silam.

1. Selamat Hari Lebaran-Ismail Marzuki (1950)

Pasti pernah mendengar nama Ismail Marzuki, 'kan? Pencipta lagu ini juga membuat lirik lagu Lebaran dengan judul 'Selamat Hari Lebaran'. Lagu ini kemudian dinyanyikan oleh grup vokal Lima Seirama, kemudian terkenal hingga masih dibawakan oleh musisi-musisi Indonesia masa kini. Menurut pemerhati sejarah, lagu lebaran jadul inilah yang memperkenalkan istilah 'Mohon maaf lahir dan batin', yang sering diucapkan penduduk Indonesia untuk meminta maaf di Hari raya Idul Fitri.

2. Lebaran-Oslan Husein (1959)

"Selamat hari Lebaran, minal 'aidin wal faizin. Mari bersalam-salaman, saling memaaf-maafkan...." Sepenggal lirik lagu berjudul 'Lebaran' ini sebenarnya merupakan lagu lebaran jadul yang diciptakan dan dinyanyikan oleh musisi bernama Oslan Husein pada tahun 1959! Berbeda dengan versi yang dibawakan pada masa kini, lagu 'Lebaran' versi Oslan terdengar lebih syahdu dengan instrumen musik yang lebih sederhana khas masa lampau. Mendengarnya membuat hati merasa lebih damai dan ikhlas.

3. Lebaran Sebentar Lagi-Bimbo (1984)

Kamu tentunya nggak asing dengan lagu 'Lebaran Sebentar Lagi", ya? Lagu yang telah dinyanyikan ulang dan dibawakan oleh musisi-musisi masa kini ini aslinya diciptakan pada tahun 1984 oleh musisi ternama Bimbo. Lagu versi aslinya terdengar lebih mendayu-dayu dan sarat suasana Idul Fitri bila dibandingkan dengan versi lainnya yang sudah dibawakan musisi lain.

4. Ngawinin-Benyamin Sueb (1980-an)

Mungkin lagu lebaran jadul ini nggak populer diputar saat momen Hari Raya Idul Fitri. Namun, lagu berjudul 'Ngawinin' karya seniman Betawi bernama Benyamin Sueb ini terkenal pada tahun 1980-an. Lagu ini menceritakan soal momen Lebaran dan budaya Indonesia yang senang mengadakan acara pernikahan setelah Lebaran atau di bulan syawal.

5. Raihlah Kemenangan-Elfa Secioria (1991)

Tahun 90-an, Elfa Secioria bersama Elfa's Singer merilis satu album religi dengan genre musik pop modern. Album itu bernama Lebaran, dan semua lagunya berisikan tentang momen Ramadan dan Idul Fitri, salah satu yang paling terkenal adalah 'Raihlah Kemenangan'. Lagu lebaran jadul itu masih sering dibawakan dan didaur ulang oleh musisi besar di masa kini.

6. Mudik-P-Project (1997)

Lagu yang dibawakan oleh P-Project ini mengangkat mudik yang menjadi tradisi masyarakat Indonesia saat Lebaran. Uniknya, lagu ini merupakan sebuah cerita di mana seorang perantau yang bekerja di kota, ingin pulang ke desa setelah menerima THR dan membawa berbagai oleh-oleh, namun harapan itu sirna karena uangnya yang raib. Apes, apes....!

7. Selamat Lebaran-Dea Ananda (1995)

"Yale yale yale... Selamat Hari Lebaran", kamu yang kelahiran tahun 1990-an pasti nggak asing dengan intro lagu ini, ya? Benar, ini merupakan lagu 'selamat Lebaran' yang dinyanyikan oleh penyanyi ciliki Dhea Ananda. Liriknya yang mudah dinyanyikan berpadu dengan musik yang ceria membuat lagu ini populer di kalangan anak-anak pada tahun tersebut.

8. Ketupat Lebaran-Cikitah Meidy (1990-an)

Tidak jauh dengan dirilisnya lagu lebaran dari Dhea Ananda, mulai banyak lagu lebaran anak-anak yang turut populer pada masa tersebut. Salah satunya yang nggak kalah tersohor adalah 'Ketupat Lebaran' yang dinyanyikan oleh Chikita Meidy. Seperti judulnya, isi lagu lebaran ini bertemakan ketupat yang menjadi santapan khas masyarakat Indonesia saat Lebaran.

9. Ikut Lebaran-Enno Lerian (2000-an)

Penyanyi cilik Enno Lerian pada tahun itu juga mengeluarkan lagu berjudul 'Ikut Lebaran' pada tahun 2000-an. Lagu ini turut populer karena liriknya meceritakan keceriaan anak-anak saat menyambut momen Idul Fitri. Lagu ‘Ikut Lebaran’ ini dirilis dalam sebuah album berisikan lagu-lagu religi yang ditulis oleh Papa T Bob.

Itulah daftar lagu lebaran Idul Fitri jadul yang populer mengisi momen Idul Fitri di masa silam. Beberapa di antaranya masih terkenal sampai sekarang hingga didaur ulang oleh musisi masa kini. Coba putar dan dengarkan versi aslinya, Bela! Nuansa Lebaran di rumahmu akan berubah, terasa seperti menikmati lebaran seperti tempo dulu.

 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration