Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Film Terseram Tahun 2023, Menurut Penelitian Science of Scare

Diukur dari detak jantung dan tingkat stres

Cynthia Claudia

Apa yang membuat kamu senang nonton film horror, Bela? Apakah karena alur ceritanya yang selalu memicu adrenalin dan membuat penasaran?

Sebuah proyek bernama Science of Scare membagikan 20 film horor berbahasa Inggris yang paling seram tiap tahunnya. Indikatornya diukur berdasarkan pengujian yang dilakukan terhadap 250 orang.

Berbagai variasi detak jantung mereka dicatat, dan digunakan untuk mengukur skor ketakutan keseluruhan para partisipan.

Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa film-film berikut ini berhasil didapuk sebagai 10 film terseram tahun 2023. Mari kita simak, yuk, film apa saja yang dimaksud.

10. Talk to Me (2023) - Skor: 75

Talk to Me merupakan film terseram tahun 2013 yang menempati peringkat ke 10. Film ini merupakan debut dari Youtuber RackaRacka, si kembar Danny dan Michael Philippou.

Film ini membawa penonton ke perjalanan anak muda yang mencekam. Kisahnya berpusat tentang anak muda yang bermain-main dengan alam roh melalui makhluk halus berbentuk tangan yang misterius.

9. Hell House LLC (2015) - Skor: 75

Hell House LLC merupakan sebuah film bergaya dokumenter horror yang menceritakan mengenai perusahaan spesialis wahana rumah berhantu Halloween. Rumah Hantu ini mengalami “kerusakan” tragis pada malam pembukaannya di sebuah kota kecil dekat New York, yang menewaskan 15 pengunjung tur dan staf.

Film ini ditulis dan disutradarai oleh Stephen Cognetti, dan diproduksi oleh Fbi Films.

8. The Exorcism of Emily Rose (2005) - Skor: 76

Exorcism of Emily Rose yang tayang pada tahun 2005 ini merupakan karya Sutradara Scott Deerrickson dan ditulis Paul Harris Boardman dan Scott Derrickson. 

Film yang diangkat dari kejadian nyata ini mengadaptasi kisah Anneliese Michel, perempuan kelahiran Bavaria pada tahun 1952. Ia mengidap penyakit epilepsi yang membuatnya harus mengonsumsi obat-obatan selama 16 tahun. 

Efek samping dari obat ini membuatnya depresi dan selalu ingin coba bunuh diri. Ia juga mampu melihat hal-hal aneh diluar nalar.

7. Smile (2022) - Skor: 78

Smile merupakan salah satu film psychological thriller menyoroti permasalahan trauma masa lalu sekaligus kutukan. Kisahnya membahas mengenai kehidupan dokter Rose Cotter, seorang therapist di salah satu RSK.

Ia bekerja cukup lama di RSJ tersebut demi menghindari mimpi buruk yang selalu menghantuinya. Mimpi buruk ini berhubungan dengan peristiwa masa lalu yang mnyebabkan trauma.

Panggilan dari salah satu pasiennya pun mengejutkan Rose dan membuat berpikiran kacau balau. Hal-hal aneh juga terjadi dalam kehidupan Rose.

Film ini menghadirkan jump scare sekakigus adegan gore bertubi-tubi. Namun, sebagian besar adegan yang menyeramkan ini ditunjukkan melalui suara-suara aneh yang muncul secara tiba-tiba.

6. Hereditary (2022) - Skor: 81

Film Hereditary juga masuk dalam peringkat film paling seram sepanjang masa, Sesuai judulnya yang artinya turun temurun, kisah film ini menceritakan kutukan menyeramkan yang turun temurun dari sang nenek.

Semuanya dimulai dari kematian nenek dari salah satu keluarga, yang akhirnya membuat keluarga ini diganggu oleh sosok misterius setelah berduka. Rasadukua ini menjadi sangat menganggu, dan memunculkan aib keluarga yang diturunkan oleh nenek tersebut. 

5. The Conjuring (2013) – Skor: 88

Film terseram tahun 2013 yang selanjutnya adalah The Conjuring, film horror supranatural yang diadaptasi berdasarkan kisah nyata paranormal Ed dan Lorraine Waren.

Kisahnya berpusat tentang aktivitas supernatural di kawasan Rhode Island di tahun 1971. Keluarga pasangan Carolyn (Lili Taylor) dan Roger Perron (Ron Livingston) bersama 5 putrinya diceritakan pindah ke sebuah rumah, kejadian yang mencurigakan kerap terjadi di hari kedua pindah rumah.

Pasangan paranormal ini akhirnya berusaha mencari tahu sejarah di balik rumah tersebut. 

4. Insidious (2010) – Skor: 90

Film Insidious yang pertama berhasil menempati peringkat ke-4. Film karya sutradara James Wan ini berpisat pada masalah yang terjadi pada keluarga Lambert.

Anak sulung mereka bernama Dalton Lambert (Ty Simpkins) yang terbaring koma ini ternyata dinyatakan tidak sakit, tapi  menjadi wadah bagi entitas iblis dan roh jahat. Roh Dalton sebenarnya sedang tersesat di dimensi lain bernama The Further. 

Film ini juga sesekali menyajikan jumpscare yang mengagetkan para penonton. 

3. Skinamarink (2022) – Skor: 91

Film Skinamarink menyajikan suasana yang bisa menakutkan siapapun yang mengikuti kisahnya. Skinamarink bercerita tentang dua anak yang terbangun di tengah malam.

Mereka menyadari bahwa rumah mereka sudah gelap, dan berusaha mencari ayah mereka yang tidak diketahui keberadaannya.

Ketika menunggu ayahnya kembali, mereka menyadari ada sesuatu yang janggal di rumah. Mereka mendengar suara-suara aneh, seperti suara anak kecil memanggil mereka.

Kejadian janggal ini menunjukkan bahwa mereka tidak sendiri di rumah.

2. Host (2020) – Skor: 95

Host merupakan salah satu film horor di era pandemi tahun 2020, dengan konsep yang menarik sekaligus menakutkan. Kisahnya menceritakan mengenai sekelompok teman yang mengasingkan diri dan mencoba menghubungi dunia roh melalui Zoom selama pandemi COVID-19. 

Beberapa hal mengerikan pun terjadi meski masing-masing dari mereka tidak bersapa. Penampilan para pemain yang ketakutan benar-benar terlihat realistis.

1. Sinister (2012) - Skor: 96

Sinister dipilih sebagai film terseram sepanjang masa. Film ini menempati urutan pertama dalam proyek Science of Scare. Kisahnya berpusat di keluarga Ellison Oswalt yang pindah ke rumah baru.

Tokoh utamanya yanng bernama Eliison, seorang penulis kriminal sejati, menemukan rekaman tua yang menggambarkan berbagai pembunuhan yang mengerikan. Ketika ia berusaha mengulik misteri di balik video tersebut, ia ternyata juga menjadikan keluarganya target berikutnya dari bahaya.

Menurut The Tab, film ini benr-benar suram, menyerapkan, dan akhir kisah ceritanya benar-benar gelap.

Itulah deretan film Terseram tahun 2023, menurut penelitian Science of Scare, Bela. Apakah ada film horror favoritmu di atas?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration