Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Legenda Hantu Seram Paling Terkenal Di Thailand, Bikin Takut

Hati-hati kalau ketemu mereka saat liburan di Thailand

Audia Natasha Putri

Wilayah Asia Tenggara atau populer dengan ASEAN terkenal akan wisatanya yang eksotis dan mempesona. Maka tak heran, banyak sekali pelancong yang menyambangi Asia Tenggara sebagai destinasi liburan.

Salah satunya yang paling tersohor adalah Thailand. Negeri Gajah Putih ini punya banyak objek wisata menakjubkan yang memanjakan turis. Belum lagi wisata kulinernya yang eksentrik, menjadi daya tarik sendiri.

Bicara soal Thailand, tak lengkap rasanya kalau belum mengobrol soal cerita seramnya yang bikin bulu kuduk merinding. Urban legend ini seringkali diangkat menjadi film horor dan sebagian di antaranya sangat laris di kancah internasional.

Mengutip dari The Culture Trip, inilah 9 legenda hantu menyeramkan di Thailand.

1. Krasue

Wikipedia

Krasue adalah seorang perempuan penganut ilmu hitam. Dalam kesehariannya, mereka mengincar perempuan hamil atau bayi baru lahir untuk dimakan daging dan darahnya. Aksinya ini merupakan syarat untuk mempertahankan ilmu hitam yang dimilikinya supaya sakti mandraguna.

Di siang hari, krasue berbaur dengan masyarakat dan hidup seperti perempuan normal pada umumnya. Tapi saat malam tiba, badan dan kepalanya akan terpisah. Ia terbang dengan kepala dengan jeroannya yang melayang untuk mencari korban.

Bisa dibilang, krasue mirip dengan leak atau kuyang khas Indonesia. Bedanya, ia dikenal Sebagai hantu kepala di Thailand.

2. Mae Nak

Livingnomads.com

Kisah hidup Mae Nak pernah diangkat menjadi sebuah film horor berjudul Pee Mak. Walau seram, sebenarnya film ini punya jalan cerita yang menyedihkan. Mengisahkan Mae Nak dan bayinya yang meninggal karena melahirkan. Semakin miris, ia meninggal dalam keadaan sendiri saat sang suami pergi ke medan perang.

Cintanya yang besar, membuat hantu Mae Nak tetap melayani sang suami yang sudah pulang berperang.  Penduduk setempat memperingatkannya bahwa Nak adalah hantu. Namun, ia tidak percaya hingga melihat sendiri istrinya bukan lagi manusia.

3. Pret

ttnotes.com

Pret sendiri sebenarnya bukan hantu gentayangan, apalagi arwah jahat yang menuntut balas dendam. Melainkan adalah reinkarnasi dari orang materialistis dan tidak tahu bersyukur selama hidupnya. Sosoknya memiliki postur raksasa setinggi pohon palem dan sifatnya sangat rakus. Pret menghabiskan hari-harinya dengan memohon pengampunan kepada Sang Dewa atas dosa yang ia lakukan selama hidupnya.

Sebenarnya, urban legend ini masih ada kaitannya dengan ajaran Buddha. Di mana menurut kepercayaan Buddha, orang yang meninggal akan pergi ke Nirvana (surga) atau bereinkarnasi sesuai karma yang ia emban di kehidupan sebelumnya. 

4. Krahang

Bangkokpost.com

Krahang bisa dibilang hampir mirip dengan versi laki-laki dari krause. Ia menyamar sebagai manusia di siang hari dan akan membunuh perempuan-perempuan di malam hari. Para korbannya akan dijadikan tumbal untuk memperkuat ilmu hitamnya.

Bedanya, ia tidak terbang dengan kepala beserta organnya. Melainkan terbang dengan bertelanjang dada dan bagian bawah tubuhnya ditutup menggunakan cawat. Ia mudah dikenali lewat sayapnya yang menggunakan keranjang beras untuk terbang.

5. Nang tani

thescaryreviews.com

Berbeda dengan kebanyakan hantu yang berwujud seram, Nang tani adalah sosok perempuan cantik berpakaian tradisional Thailand berwarna hijau dan lipstik merah tua. Ia akan menunjukan dirinya di pohon pisang dan merayu para pria untuk bercinta dengannya dalam jangka waktu yang panjang.

Saat seorang pria disukai oleh Nang Tani, ia akan diincar selamanya. Nang Tani tak segan membunuh pria danbaannya apabila cintanya dikhianati. D sisi lain, hantu cantik ini sangatlah baik hati dan sering memberi makanan untuk biksu yang lewat.

6. Phi Am

Bangkokpost.com

Hantu Phi Am menjadi pelaku utama mayoritas peristiwa ketindihan saat tertidur di Thailand. Ia suka mengganggu orang yang sedang terlelap dan duduk di atas dada. Biasanya Phi Am mengincar kaum Adam dan tidak menyerang perempuan. Terbilang hantu yang meresahkan, karena kehadirannya dapat menyebabkan ketidaknyamanan, bahkan kematian.

Kamu bisa menghindari terornya dengan memakai lipstik saat tidur. Lantaran, trik ini dapat mengelabuinya dan menganggapmu sebagai perempuan.

7. Phi Tai Hong

thestir.cafemom.com

Phi Tai Hong memiliki perwujudan perempuan berdaster putih dan berambut panjang. Ia adalah Sadako versi Thailand, karena dirinya mati dalam keadaan pilu dan mengenaskan. Masyarakat Thailand meyakini bahwa hantu ini merupakan arwah gentayangan dari perempuan yang semasa hidupnya mengalami kekerasan dan kematian mendadak.

Ia hidup bergentayangan dengan jiwa penuh amarah dan sulit diusir. Dirinya tak segan menghabisi orang-orang yang telah mengusiknya. Terlebih jika ia meninggal dalam keadaan melahirkan atau hamil, lantaran energinya sangat kuat dan sulit sekali untuk melawannya.

8. Phi Lang Kluang

Kuaibao.qq.com

Saat berlibur ke pantai di Thailand bagian selatan, kamu perlu waspada saat seorang wisatawan memintamu untuk menggaruk punggungnya. Mengapa? Kemungkinan ia adalah Phi Lang Kluang, hantu penghuni pantai selatan Thailand yang sering kali usil dan mengganggu wisatawan.

Saat kamu mengiyakan peemintaannya, ia akan menunjukan punggungnya yang bolong, berisikan nanah belatung, cacing dan kaki seribu. Mirip seperti sundal bolong, ya.

9. Phi Kong Koi

Laosinthehouse.com

Hantu satu ini hampir mirip dengan pocong. Dia berjalan dengan cara melompat-lompat di dalam hutan sambil berkata "kong koi". Ia mengincar orang-orang yang sedang kemah di hutan. Rupanya yang menyeremkan dan mempunyai satu kaki dan belalai, bikin takut siapa pun yang melihatnya

Kong koi mengganggu korbannya dengan mengisap darah dari jari-jari kaki mereka saat tidur. Cara menghindarinya dengan menyilangkan kaki atau letakkan sesuatu di kaki saat tidur.

Itulah sembilan legenda hantu menyeramkan dari Thailand. Mana yang menurutmu paling seram?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration