11 Hantu Paling Seram di Pontianak

Serta wilayah Kalimantan lainnya

11 Hantu Paling Seram di Pontianak

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Di zaman yang serba canggih dan modern, cerita horor masih menjadi favorit banyak orang. Bahkan, tak jarang kursi bioskop dibuat penuh saat ada penayangan film horor terbaru. Terlebih di Tanah Air horor layaknya budaya yang tiada habisnya untuk digali dan dibahas. Bahkan, menurut beberapa sumber, penamaan salah satu kota di Indonesia berhubungan dengan salah satu ikon horor yang paling terkenal, yaitu “kuntilanak”.

Dikisahkan jika nama Pontianak berkaitan dengan kisah hantu kuntilanak yang selalu mengganggu Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie—sultan pertama di Kerajaan Pontianak. Menurut buku "Asal-usul Kota-kota di Indonesia Tempo Doelo", saat ia menyusuri Sungai Kapuas dirinya sering mendapat gangguan dari kuntilanak. Karena itu ia pun terpaksa melepaskan tembakan meriam untuk mengusir mereka sekaligus menandakan di mana meriam itu jatuh maka disitulah kesultanannya didirikan. 

Penamaan Pontianak diberikan karena warga sering menyebut kota ini sebagai Puntianak yang berarti ‘perempuan mati beranak’. Namun, ada juga yang beranggapan jika kata Pontianak berasal dari pohon punti, sebab dahulu Kalimantan terkenal karena ditumbuhi oleh pepohonan yang sangat tinggi. 

Nah, meski terdapat banyak versi mengapa ibu kota Kalimantan Barat ini diberi nama Pontianak, kisah hantu kuntilanak yang melatar belakangi penamaan kota tentu menarik perhatian. Selain kuntilanak, ada beberapa hantu lain dari kota ini yang juga terkenal. Berikut, daftar hantu paling seram di Pontianak.

1. Kuntilanak

Hantu paling seram di Pontianak yang pertama adalah kuntilanak. Digambarkan jika kuntilanak adalah sosok perempuan yang meninggal saat melahirkan. Arwahnya kemudian gentayangan di desa untuk menuntut balas. Konon katanya, kuntilanak senang tinggal di atas pohon tertentu, misalnya pohon waru. 

2. Kuyang

Diceritakan jika kuyang awalnya adalah perempuan yang menuntut ilmu hitam agar ia dapat awet muda dan hidup abadi. Kuyang sendiri terkenal di Kalimantan, wujudnya berupa kepala manusia yang melayang dengan organ dalamnya—usus, jantung, hati, paru-paru. 

Kabarnya, sosok kuyang senang menampakan diri saat ada perempuan yang baru melahirkan. Oleh karena itu, untuk menjauhkan kuyang ditaruhlah gunting, pisau, dan pemotong kuku di samping tempat tidur bayi yang baru lahir.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here