10 Hantu paling menakutkan dari Bugis

10 Hantu Paling Menakutkan dari Bugis, Ada yang Suka Makan Anak Kecil

Percaya nggak percaya

10 Hantu Paling Menakutkan dari Bugis, Ada yang Suka Makan Anak Kecil

Hantu ada di tempat yang ingin kita percayai mereka ada. Di Indonesia sendiri, kisah horor sudah seperti bagian dari budaya. Tingginya angka penonton yang hadir di bioskop saat ada tayangan film horor baru, menandakan jika kisah horor di Tanah Air memang memiliki banyak penggemar.

Berbicara tentang horor, pasti nggak jauh dari hantu-hantu beken di Tanah Air. Sebut saja kuntilanak, pocong, genderuwo, sundel bolong, suster ngesot, hingga tuyul. Sebagian besar dari kita pasti mengenal mereka, bahkan tak jarang ada yang mengaku telah melihatnya secara langsung.

Di antara banyaknya hantu populer, masih banyak jenis hantu yang belum dikenal. Biasanya, mereka berasal dari kisah-kisah leluhur dan hanya terkenal di daerah tertentu. Salah satunya sosok hantu-hantu dari tanah Bugis yang sering diceritakan dari mulut ke mulut. Penasaran? Berikut daftar hantu paling menakutkan dari Bugis.

1. Kandoleng

10 Hantu Paling Menakutkan dari Bugis, Ada yang Suka Makan Anak Keciltheconversation.com

Mirip seperti kuntilanak, hantu kandoleng merupakan hantu perempuan dengan punggung berlubang dengan bau yang menyengat. Selain itu, kabarnya hantu kandoleng memiliki suara yang khas, membuat siapa saja takut saat mendengarnya. Diyakini jika hantu kandoleng berasal dari arwah ibu hamil yang meninggal saat melahirkan. 

2. Kongkong pancing

10 Hantu Paling Menakutkan dari Bugis, Ada yang Suka Makan Anak Kecilnypost.com

Senang mendatangi kampung-kampung di malam hari secara berkelompok, kongkong pancing terdiri dari anjing siluman, kuda siluman, burung siluman, dan penunggang kuda siluman.

3. Poppo

10 Hantu Paling Menakutkan dari Bugis, Ada yang Suka Makan Anak Keciltheguardian.com

Hantu paling menakutkan dari Bugis selanjutnya ada poppo. Menurut penuturan, hantu poppo biasa ditemukan di daerah dataran tinggi atau pegunungan. Hantu manusia yang dapat terbang ini memiliki suara yang khas. Saat terbang suaranya seperti sayap tanpa bulu yang dikepakkan. Beberapa sumber mengatakan jika hantu poppo juga suka menirukan suara anak kecil.

4. Asu Panting

10 Hantu Paling Menakutkan dari Bugis, Ada yang Suka Makan Anak Kecilbloody-disgusting.com

Asu panting memiliki dua kaki depan yang lebih pendek dari kaki belakang, sehingga membuatnya dapat berlari dengan cepat. Orang-orang mengatakan jika asu panting adalah serigala versi Bugis. Dahulu, banyak yang percaya jika kamu menginjak bulu asu panting maka kaki akan bengkak dan sulit untuk disembuhkan.

5. Tallu Ana

10 Hantu Paling Menakutkan dari Bugis, Ada yang Suka Makan Anak Kecilbleedingcool.com

Saat kabut turun, hantu roh perempuan yang biasa disebut tallu ana kabarnya akan muncul. Ia senang menyembunyikan anak kecil di hutan. Biasanya, tallu ana akan menyembunyikan mereka selama tiga hari lamanya.

6. Batitong

10 Hantu Paling Menakutkan dari Bugis, Ada yang Suka Makan Anak Kecilsyfy.com

Hantu paling menakutkan dari Bugis berikutnya adalah patitong atau batitong. Hantu ini kabarnya dapat muncul di siang dan malam hari. Batitong sering muncul di tempat yang kotor seperti tempat pembuangan sampah dan pembuangan kotoran manusia. Pada malam hari, hantu ini akan berjalan dengan bantuan cahaya yang berasal dari lubang hidungnya.

7. Dongga

10 Hantu Paling Menakutkan dari Bugis, Ada yang Suka Makan Anak Kecilnpr.org

Memiliki bentuk seperti bayang hitam yang tinggi—ada yang setinggi pohon kelapa—hantu dongga senang menyembunyikan anak-anak saat menjelang Maghrib. Konon, anak-anak yang diculik bisa jadi masih berada di sekitar rumah, namun tak terlihat oleh mata telanjang. Saat menculik mereka, dongga akan memberikan makanan seperti kaki seribu, cacing, dan binatang lainnya.

8. Parakang

10 Hantu Paling Menakutkan dari Bugis, Ada yang Suka Makan Anak Kecilthestar.com.my

Parakang adalah hantu paling menakutkan dari Bugis yang berwujud siluman. Hantu ini memiliki hidung agak merah, mata tajam, rambut acak-acakan, dan bau yang khas. Parakang dicap berbahaya karena dapat memangsa manusia, terutama bayi dan anak-anak. Beberapa menganggap jika ilmu pesugihan parakang dapat memperkaya dan membuat pemiliknya panjang umur.

9. Dompe

10 Hantu Paling Menakutkan dari Bugis, Ada yang Suka Makan Anak Kecilthecompanion.app

Dompe memiliki dua telinga lebar untuk terbang dengan tubuh yang kecil. Dikisahkan jika hantu paling menakutkan dari Bugis ini senang menakut-nakuti pemilik kebun agar dapat mengambil hasil perkebunan mereka.

10. Bombo

10 Hantu Paling Menakutkan dari Bugis, Ada yang Suka Makan Anak Kecilies.bio

Jika hantu-hantu lain senang memakan manusia, bombo hanya senang menakut-nakuti. Dipercaya jika bombo merupakan penunggu tempat keramat seperti pohon atau batu. Biasanya, bombo akan muncul dengan bentuk seperti tangan atau kepala yang dapat terbang.

Itulah deretan hantu paling menakutkan dari Bugis. Terkadang orang tua menceritakan kisah mereka untuk menakut-nakuti anak-anak agar tidak bermain saat menjelang maghrib dan di malam hari. Percaya atau tidaknya tergantung kepercayaan masing-masing, ya!

Baca Juga: 10 Rumah Berhantu yang Jadi Inspirasi Film Horor Ini Bisa Dikunjungi

Baca Juga: Percaya Nggak Percaya, Ini 9 Gambar Penampakan Hantu di Rumah Artis

Baca Juga: 10 Arti Mimpi Melihat Hantu dan Maknanya, Pertanda Agar Tetap Waspada!

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

10 Tempat Nongkrong di Surabaya yang Murah dan Hits

10 Tempat Nongkrong di Surabaya yang Murah dan Hits

trending

Trending

10 Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Agama Islam, Ingat Kembali, Yuk!

10 Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Agama Islam, Ingat Kembali, Yuk!

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Travel

Stop Overwork & Chill di BINTANG Crystal Chill Museuum M Bloc Space

Stop Overwork & Chill di BINTANG Crystal Chill Museuum M Bloc Space