Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Berkat AI, Jungkook dan Ariana Grande Bisa Nyayikan Lagu Indonesia

Artificial intelligence semakin canggih

Natasha P.

Seorang kreator Instagram dengan akun @ianyxi mengunggah video berisikan Jungkook dan Ariana Grande sedang melantunkan lagu hits Indonesia. Dalam waktu singkat, unggahan ini pun menyedot atensi warganet dan membuat gempar dunia maya.

Usut punta usut, Octavianus Kalistus, sang empunya akun @ianyxi mengatakan bahwa konten tersebut adalah buah tangan dari kecanggihan teknologi AI (artificial intelligence). Belum diketahui aplikasi AI apa yang ia gunakan, pria yang akrab dipanggil Ian ini pun berhasil membuat Ariana dan Jungkook seperti menyanyikan lagu Bahasa Indonesia sungguhan.

Dalam akun Instagramnya, terlihat Ariana Grande menyanyikan banyak sekali lagu Indonesia yang populer. Seperti "Sial", "Komang", "Domba Kuring", "Tak Segampang Itu", "Sambalado" hingga "Bengawan Solo".

Begitu juga dengan Jungkook memiliki logat dan intonasi Indonesia yang fasih, ketika menyanyikan lagu "Janji Setia" karya Tiara Andini.

Lantas, seperti apa lagu yang dilantunkan kedua musisi papan atas ini? Simak selengkapnya dengan menggulir di bawah ya, Bela!

1. Octavianus mengunggah sekitar 37 video di Tiktok dan 12 video di Instagram, yang berisikan Ariana Grande dan Jungkook lihai menyanyikan lagu-lagu Indonesia. Kamu bisa mendengarkannya dengan gratis melalui akun Tiktok @ianyxi_ dan Instagram @ianyxi.

Instagram.com/ianyxi

2. Ia pertama kali menunjukkan kreasinya dalam menyulap lagu pada 22 April 2023. Adapun lagu sulapan pertamanya adalah saat Ariana Grande meng-cover lagu "Sial" karya Mahalini.

3. Lagu sulapan konten kreator ini pun diracik ajaib, dengan memperlihatkan kemampuan Ariana Grande dan Jungkook meng-cover lagu Indonesia tanpa kesulitan. Bahkan aksennya pun sangat mulus seperti bernyanyi sungguhan.

4. Kreasinya ini dikemas dengan desain playlist Spotify, membuat lagu hasil Artificial Intelligence ini tampak seperti nyata.

Instagram.com/iamyxi

5. Selain "Sial", Ian juga menyuguhkan konten Ariana menyanyikan lagu populer Indonesia lainnya, seperti "Komang", "Tak Segampang Itu", "Rungkad", "Merasa Indah", hingga "Deen Assalam".

Instagram.com/iamyxi

6. Dirinya "menggandeng" Jungkook untuk membawakan beberapa lagu populer Indonesia, seperti "Mesin Waktu" milik Budi Doremi dan "Janji Setia" dari Tiara Andini.

Layar tangkap akun @iyanyxi

7. Kontennya pun semakin santer, setelah ia menduetkan Ariana Grande dan Jungkook saat menyanyikan lagi "Percayalah" yang dipopulerkan Raisa dan Afgan.

8. Saat ini, akun Tiktok miliknya mencapai 2,9 juta likes dengan pengikut 32,5 ribu orang. Sedangkan akun Instagramnya diikuti 12,2 ribu pengikut.

Tiktok.com/ianyxi_

9. Buah tangan Octavianus dalam menyulap lagu ini pun dibanjiri pujian dan komentar positif dari warganet, dan memintanya untuk terus berkreasi.

Instagram.com/ianyxi

11. Namun, ada juga warganet yang justru khawatir akan kecanggihan Artificial Intelligence dapat dimanfaatkan untuk kejahatan. Salah satunya yang kontra akan hal tersebut adalah akun @dandhypangestu di Instagram.

Instagram.com/ianyxi

11. Saat ini, Octavianus hanya "meminang" Jungkook dan Ariana Grande saja dalam membawakan lagu sulapannya. Namun, tak menutup kemungkinan jika ia akan "menggaet" penyanyi kelas dunia lainnya untuk melantunkan lagu Indonesia.

Instagram.com/ianytx

Tak dapat bisa kita hindari, perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) semakin luar biasa. Bagai pedang dua sisi, AI dapat meringankan pekerjaan kita, mengingat mobilitas industri yang semakin cepat.

Namun di satu sisi, teknologi canggih ini  bisa menjadi ancaman bagi para pelaku industri kreatif, seperti musik, seni, dan jurnalisme. Mengingat, AI mampu menciptakan sebuah karya layaknya manusia dengan instan.

Bagaimana menurutmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration