Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Fakta Menarik Anjing Corgi, Si Semok yang Menggemaskan

Anjing ini juga menjadi kesayangan Ratu Elizabeth II

Natasha P.

Corgi menjadi ras anjing populer di kalangan pecinta hewan. Memiliki postur tubuh seperti roti, berkaki pendek dengan bokong yang semok membuat orang gemas ingin memeluk serta menepuknya.

Anjing ini memiliki kecerdasan tinggi dan memiliki sifat patuh tentu menjadi daya tarik, bahkan dapat mencuri hati Ratu Elizabeth II dan menjadikannya sebagai hewan kesayangan.

Sang Ratu memiliki lebih dari 30 Corgi yang sudah dipeliharanya selama hidupnya. Tak hanya itu saja, Corgi juga menyimpan banyak keistimewaan, lho Bela. Bagi kamu pencinta doggie, yuk simak fakta menarik Corgi yang membuatmu ingin memeliharanya. Cekidot!

1. Ada dua jenis Corgi

Unsplash.com/ Y Tsui

Terdapat dua jenis Corgi yang kita kenal, yakni Corgi Pembroke Welsh dan Corgi Cardigan Welsh. Meskipun sama-sama Corgi, ternyata keduanya memiliki nenek moyang yang berbeda.

Perbedaan mencoloknya terdapat pada ekor dan telinganya. Corgi Pembroke tak memiliki ekor dan umumnya telinga berbentuk runcing. Sedangkan Corgi Cardigan berekor panjang dengan telinga bulat. Jangan sampai tertukar, ya, Bela!

2. Sudah ada sebelum masehi

Unsplash.com/Ivana La

Fakta menarik selanjutnya, ras Corgi adala ras murni tanpa perkawinan silang yang sudah ada sebelum masehi. Menurut sejarah, awalnya Corgi dibawa oleh Suku prajurit Celtic dalam bentuk asli mereka ke Cardiganshire, Wales, Inggris pada 1200 Sebelum Masehi. Hal ini membuktikan bahwa anjing ini sudah ada di Wales selama 3000 tahun.

3. Bertugas sebagai anjing gembala

Unsplash.com/shiangling

Banyak orang memelihara Corgi sebagai anjing keluarga dan diajak bermain. Nyatanya, Corgi dimanfaatkan sebagai anjing gembala pada abad ke-10. Meskipun bertubuh pendek, anjing ini bertugas menjaga hewan ternak agar tidak terpisah dari koloninya. Uniknya, Corgi menggiring hewan ternak ini dengan mengigit kaki mereka.

4. Hewan yang cerdas

Unsplash.com/Alvan Nee

Corgi terbilang cukup cerdas dalam memahami perintah dan perasaan orang lain. Selain itu, mereka memiliki insting yang cukup tajam. Ras anjing ini juga memiliki tata krama yang baik dan mudah diajari oleh tuannya.

5. Memiliki mantel ganda

Unsplash.com/Fatty Corgi

Sama seperti Husky dan Malamute, Corgi memiliki bulu yang sangat tebal atau dikenal double-coated fur. Bulu-bulu ini berfungsi melindungi tubuh agar tetap hangat saat cuaca dingin.

Sayangnya, Corgi akan mengalami kerontokan bulu pada musim semi dan musim panas. Karena itu, Corgi perlu diberi asupan vitamin bulu dan makanan bergizi agar bulunya tetap sehat dan berkilau.

6. Dipercaya muncul dari sarang peri dan elf

Unsplash.com/Alvan Nee

Menurut legenda masyarakat Wales, alkisah dua anak laki-laki sedang mengawasi hewan ternak di ladang. Ketika itu, mereka menemukan beberapa ekor anjing lucu dan memutuskan dibawa ke rumah.

Ketika dibawa pulang, orang tua mereka menceritakan bahwa anjing tersebut adalah hadiah yang para peri bagi penduduk yang tinggal di ladang. Sejak itulah, Corgi dipercaya sebagai anjing yang muncul dari sarang peri dan elf.

7. Hewan kesayangan Ratu Elizabeth II

Dok. Internet

Sudah bukan rahasia umum lagi Ratu Elizabeth II sangat menyayangi ras anjing satu ini. Kecintaannya terhadap anjing corgi berawal ketika orang tua Ratu Elizabeth II memboyong anjing corgi bernama Dookie sebagai anggota keluarga Kerajaan Inggris pada 1933.

Menurut informasi, Ratu Elizabeth II telah memelihara lebih dari 30 ekor Corgi selama hidupnya. Anjing Corgi milik Ratu juga diberlakukan layaknya anggota Kerajaan Inggris. Mereka tidur di kamar masing-masing, kesehatan yang dipantau 24 jam oleh dokter hewan pribadi dan mengonsumsi makanan yang disajikan langsung oleh koki pribadi keluarga Kerajaan Inggris.

8. Warna Corgi didominasi warna putih dan cokelat

Unsplash.com/Florencia Potter

Selain berkaki pendek, ciri khas Corgi yang mudah kenali lainnya adalah berbulu cokelat-putih, mata berbentuk oval cokelat gelap dengan bentuk kepala seperti rubah dan telinga yang tegak. Ada 3 warna yang diakui oleh United Kennel Club, yaitu red & white, sable & white dan tricolor.

9. Berumur panjang hingga 12-15 tahun

Unsplash.com/Jacob van Blacorm

Penelitian menyatakan bahwa anjing bertubuh kecil memiliki masa hidup lebih lama, termasuk Corgi. Corgi dapat berumur. hingga 12-15 tahun.

Anjing ini termasuk tipe achondroplastic atau kerdil sejati dan rentan menderita gangguan tulang belakang, hip dysplasia, dan monorchidism. Nafsu makan Corgi yang cukup besar membuat anjing ini berisiko menderita obesitas.

10. Merupakan anjing yang ceria dan sangat aktif

Unsplash.com/Egor Vikhrev

Tak hanya penyayang dan setia, Corgi juga memiliki sifat ekstrovert yang sangat aktif dan senang bermain. Anjing ini sangat suka menyenangkan pemiliknya. Karena itu, Corgi memiliki energi yang mengembara dan mudah sekali dilatih. Sifatnya yang ramah terhadap orang baru membuat anjing ini dicintai pecinta hewan.

Nah, itu tadi ke-10 fakta menarik anjing Corgi. Tingkahnya yang imut dan menggemaskan membuat orang senang memeliharanya. Tertarik memelihara Corgi, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration