Anjing adalah salah satu hewan populer yang paling banyak dipelihara di dunia setelah kucing. Tingkahnya yang lucu, senang bermain, pintar dan setia sukses melelehkan hati siapa pun yang melihatnya.

Di antara banyaknya ras anjing, beberapa di antaranya memiliki harga selangit, bahkan hingga miliaran rupiah. Faktor mahalnya harga ras anjing ini dipengaruhi oleh kemurnian, memiliki kemampuan lebih, kelangkaan ras, serta silsilah tinggi dari ras anjing.

Tak hanya dari harga, perawatan ras anjing ini juga cukup mahal dengan pemilihan makanan, obat, vitamin, dan check up medis yang rutin selama masa hidupnya.

Penasaran apa saja ras anjing termahal di dunia yang bikin kamu geleng-geleng? Melansir Peetkeen, yuk, tengok daftarnya!

1. Tibetann Mastiff

Berharga Fantastis, Berikut 10 Anjing Termahal di DuniaTibet Focus Travel & Tours

Masuk dalam urutan pertama anjing termahal di dunia, Tibetann Mastiff merupakan anjing kuno asal Tiongkok dan Nepal. Tampilannya yang mirip singa dengan bulu tebal di sekitar leher yang mencolok tampak seperti memakai syal. Tubuhnya yang besar dengan berat hingga 70 kilogram dan bersifat ganas menjadikan anjing ini ditugaskan untuk menjaga rumah dan kawanannya dari serigala serta macan tutul.

Tibetann mastiff yang gagah, agung, dan gahar ini dianggap simbol status di Tiongkok. Harga anjing ini bisa mencapai ratusan juta hingga miliaran rupiah, tergantung dari perawatan dan kondisi anjing ras ini. 

2. Cekoslowakia wolfdog

Berharga Fantastis, Berikut 10 Anjing Termahal di DuniaUnsplash.com

Memiliki fisik mirip Siberian Husky, Cekoslowakia Wolfdog masuk dalam jajaran anjing termahal selanjutnya. Populasi anjing nasional Cekoslowakia ini cukup langka dan hanya tersedia ekslusif di Cekoslowakia. Jika kamu ingin membelinya, kamu perlu terbang ke Cekoslowakia untuk meyakinkan keautentikannya.

Anjing Cekoslowakia wolfdog merupakan hasil persilangan antara German shepherd dengan serigala Carpathian pada tahun 1955.

Harga anjing Cekoslowakia wolfdog dibanderol sekitar U$50 ribu atau sekitar Rp745 juta.

3. Samoyed

Berharga Fantastis, Berikut 10 Anjing Termahal di DuniaThe Kennel Club

Samoyed Merupakan ras anjing kuno Siberia, Samoyed memiliki fisik yang besar, berbulu putih tebal, dan mirip serigala. Ekspresi wajahnya yang selalu tersenyum nan menggemaskan serta sifat ramah kepada manusia, menjadi daya magnet yang membuat orang kepincut. Untuk membelinya, kamu perlu merogoh kocek himgga U$14 ribu atau sekitar Rp200 juta.

Dahulu, anjing ini dibiakkannya untuk membantu menarik kereta luncur dan menjaga rusa oleh orang-orang ras Samoyed. Karena itulah, anjing ini dinamakan Samoyed lantaran pertama kali dikenalkan oleh penduduk ras tersebut.

4. Lowchen

Berharga Fantastis, Berikut 10 Anjing Termahal di DuniaPet Guide

Cerita di balik anjing Lowchen cukup mengiris hati. Pada awal 1970-an, Lowchen pernah diambang kepunahannya dan hanya tersisa 65 ekor di seluruh dunia. Populer sebagai "anjing singa kecil", anjing kecil ini cukup terkenal di Eropa selama 500 tahun lebih dengan rata-rata umur 15 tahun. Fisiknya yang kuat dan imunitas tubuh yag tebal menjadikan anjing ini jarang sakit.

Harga anak anjing Lowchen dapat menghabiskan biaya sebanyak Rp178 juta untuk mendapatkannya.

5. Chow chow

Berharga Fantastis, Berikut 10 Anjing Termahal di DuniaPinterest.com

Chow chow adalah salah satu anjing asli Tiongkok tertua dan terlangka di dunia. Seekor anjing Chow Chow dibanderol sekitar Rp164 juta. Biaya perawatan anjing Chow chow juga mahal dan membutuhkan pengecekan kesehatan secara berkala dan pemilihan makanan yang berkualitas. Hal ini karena chow chow sangat rentan terhadap penyakit, seperti displasia pinggul dan siku, masalah fungsi tiroid, dan entropion mata.

Chow chow memiliki karakteristik keras kepala dan arogan, sehingga melatihnya pun cukup membutuhkan waktu. Dentan latihan rutin dan pelatih berpengalaman, Chow chow dapat menjadi anjing peliharaan dan penjaga terbaik. 

6. Canadian Eskimo

Berharga Fantastis, Berikut 10 Anjing Termahal di DuniaPet Keen

Ras Canadian Eskimo srring dimanfaatkan sebagai anjing pekerja dan untuk menarik kereta luncur. Ras anjing tertua dan terlangka ini diperkenalkan oleh orang-orang Thule dari Siberia ke Amerika. Utara sekitar 1.000 tahun lalu.

Sayangnya, populasi anjing Canadian Eskimo menurun drastis lantaran penyakit bawaan dan berkurangnya kebutuhan kereta luncur

Diperkirakan hanya ada sekitar 300 anjing Canadian Eskimo murni yang tersisa di dunia ini. Harganya pun cukup mahal. Seekor anak anjing Eskimo Kanada murni berkocek Rp130 juta.

7. Rottweiler

Berharga Fantastis, Berikut 10 Anjing Termahal di DuniaThe Kennel Club

Sebagai anjing paling galak di dunia, nyatanya rottweiler juga masuk daftar anjing termahal di dunia. Rottweiler ras murni dari peternak Jerman asli dapat mencapai harga sekitar Rp134 juta.

8. Dogo Argentino

Berharga Fantastis, Berikut 10 Anjing Termahal di DuniaBe Chewy

Mastiff Argentina atau Dogo Argentino masuk dalam jajaran anjing termahal di dunia, yaitu berkisar Rp119 juta per ekornya.

Memiliki tubuh yang besar berwarna putih dan gagah ini, Dogo Argentino dibiakkan untuk berburu hewan besar seperti babi hutan dan singa gunung. Selain itu, anjing ini dimanfaatkan dalam pencarian dan penyelamatan, pekerjaan militer dan polisi, bahkan sebagai anjing pelayan. 

9. Akita Inu

Berharga Fantastis, Berikut 10 Anjing Termahal di DuniaThe Spruce Pets

Kesetiaan anjing Akita Inu direpresentasikan lewat legenda anjing Hachiko yang setia menunggu pemiliknya hingga 10 tahun, bahkan setelah pemiliknya meninggal.

Meskipun anjing ini memiliki semangat yang tinggi, tetapi temperamennya dapat meledak-ledak, galak serta cenderung keras kepala jika tidak dilatih dengan baik. Seekor anak anjing Akita pup dapat berharga Rp96 juta. 

10. French Bulldog

Berharga Fantastis, Berikut 10 Anjing Termahal di DuniaAmerican Kennel Club

Terakhirnya, anjing termahal di dunia adalah French bulldog karena eksklusivitasnya dan postur tubuhnya yang pendek nan menggemaskan. French bulldog juga terkenal sulit berkembang biak karena pinggulnya yang sempit sehingga membuatnya menghasilkan maksimal hanya tiga anak anjing. Anjing French bulldog dibanderol sekitar Rp89 juta per ekornya.

Bukan hanya itu, French Bulldog juga memerlukan operasi caesar karena pinggulnya terlalu kecil untuk melahirkan normal. 

Itulah deretan anjing termahal di dunia. Bagi kamu yang ingin memeliharanya, perlu menyiapkan kocek tambahan untuk biaya perawatan, makanan, dokter dan lainnya. Apakah kamu tertarik memeliharanya?

Baca Juga: 7 Ras Anjing dengan Usia Terpanjang, Ada yang Sampai 19 Tahun

Baca Juga: Kocak Banget, 12 Foto Bukti Kalau Anjing Bisa Lebih Besar dari Manusia

Baca Juga: 7 Jenis Kucing Berkaki Pendek, Gemes!