Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Inspirasi Konsep Desain Ruang Tamu yang Bikin Nyaman

Bikin tamu senang saat berkunjung

Angga Prayudhatama

Dari desain minimalis, monokrom, hingga kontemporer, ruang tamu biasanya menjadi ruang pemikat rumah pertama, ketika ada yang berkunjung. Dari ragam desain pilihan sang empunya inilah, seolah menjadi gambaran gaya, kepribadian hingga selera pemilik hunian.

Tentu saja meskipun di benak memiliki ide bagaimana kamu ingin menata ruang tersebut, bisa jadi malah terealisasi dengan tidak adanya kesatuan dan sinergi gaya desain. Agar mempermudahmu untuk menentukan desain ruang tamu, simak inspirasi desain ruang tamu dari Popbela berikut ini.

1. Gaya monokrom modern

instagram / @topmdm

Nuansa monokrom merujuk pada pengertian tone satu hingga dua palet, antara hitam, putih dan abu-abu. Paduan ini memberikan kesan yang simple namun tetap berkesan modern dan berkelas.

Pilihan palet ini adalah yang paling mudah untuk memberikan tampilan desain aman bagi ruang tamu. Sehingga, kamu tinggal menentukan apakah mau desain ruang tamu yang ramai dengan beragam pernak pernik monokrom, atau minimalis dengan penempatan perabotan yang perlu saja.

2. Earth tone

instagram / @woodlandwhim

Inspirasi desain ruang tamu selanjutnya adalah dengan nuansa earth tone. Bagi kamu yang menyukai hal bersifat alam, desain ini cocok untuk kamu terapkan pada desain ruang tamu kamu, Bela.

Kombinasikan warna-warna alam seperti cokelat, jingga, hijau, hingga terracotta, untuk perabotan, tanaman hias serta cat dinding. Hindari menempatkan pernak-pernik terlalu banyak, agar tidak terlalu berantakan dan menjadi terlalu bergaya bohemian.

3. Klasik minimalis

instagram / @mama_homeliving

Mengambil gaya klasik minimalis bagaikan penghargaan terhadap budaya namun tidak ketinggalan zaman. Misalnya, memadukan lampu gantung klasik khas joglo Jawa, dengan dinding aksen batu bata, namun memilih mebel gaya minimalis. Masih cocok, kok!

4. Open Concept

twitter.com/@INTERIORPORN1

inspirasi desain ruang tamu yang satu ini cocok untuk kamu yang memiliki rumah minimalis. Open concept menerapkan ruangan yang serba terbuka tanpa sekat anatara ruang tamu, ruang makan bahkan dapur. 

Pencahayaan yang efektif sudah pasti didapatkan dengan konsep ruang tamu seperti ini, karena biasanya mengutamakan jendela yang lebar agar cahaya alami mudah masuk dan membuat ruangan terasa lebih luas.

5. Luxury

instagram / @mrstylovesdecor

Punya ruang tamu tak terlalu besar tapi ingin kesan mewah? Bisa kok, Bela. Tonjolkan kesan luxury dengan perabotan serba tufted berwarna gelap, dengan karya seni berupa lukisan menarik, serta penataan cahaya yang tepat. Jangan ketinggalan, karpet yang lux juga, ya!

6. Kontemporer

dhgate.com

Konsep desain kontemporer sesuai bagi kamu yang berjiwa seni dan berani berpendapat. Konsep ruang tamu bergaya kontemporer adalah yang memiliki ciri khas fleksibel dan berani mendobrak aturan desain konvensional.

Namun, sebelum mengubah ruang tamu kamu menjadi lebih unik, konsultasikan dulu atau cari tahu dulu di internet, pakem warna maupun jenis mebel yang cocok untuk gaya ini, ya.

7. Minimalis

instagram / @sylahome

Tentu saja desain minimalis nuansa kayu menjadi pilihan banyak millennial, dalam beberapa tahu terakhir ini. Dengan gaya minimalis ini, kamu bisa mendapatkan ruang tamu yang terkesan adem, dingin dan nyaman untuk disinggahi dalam waktu lama.

8. Desain coastal style

southernliving.com

Sesuai namanya, gaya desain ruang tamu bertema coastal style memang mengutamakan estetika tepi laut. Namun, gaya ini tidak perlu membuat kamu mengaplikasikan berbagai elemen laut. Dengan paduan karpet biru muda, sofa putih, tanaman hias daun hijau,sedikit dekorasi pantai di sebuah wadah, hingga furnitur kayu lapuk, maka kamu sudah mendapatkan desain pantai secara klasik yang menenangkan dan indah.

9. Desain rustic

bloglovin.com

Konsep desain ruang tamu yang bisa kamu jadikan inspirasi selanjutnya adalah dengan konsep rustic. Desain ini mewakili gaya alami, kasar, dan sedikit kuno namun menawan. Intinya, sebuah gaya pedesaan yang menonjolkan kesan alam pada tata ruang, namun tetap terlihat nyaman dan sejuk.

Jadi, dari 9 inspirasi desain ruang tamu di atas mana yang menjadi desain favorit dan cocok untuk ruang tamu kamu? 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration