Feng shui adalah praktik tradisional pseudoscientific masyarakat Tionghoa, yang dalam keyakinannya, berdampak positif seperti melancarkan rezeki, membawa hoki dan menjauhkan hal-hal negatif dari rumah, jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam praktiknya, feng shui bertujuan menciptakan harmoni antara energi alami atau yang dikenal dengan sebutan ‘chi’ dengan lingkungan sekitar individu. Praktik ini bisa diterapkan dalam penataan ruang di rumah. Salah satunya, ruang tamu.

Dikatakan sebagai jantung rumah, bagi kamu yang ingin mengatur tata letak dan barang dengan teknik feng shui, berikut 17 tips feng shui untuk menata ruang tamu agar nyaman yang sudah Popbela kumpulkan untuk kamu.

1. Memperhatikan peta energi

17 Tips Feng Shui  untuk Ruang Tamu yang Sehat dan NyamanJawara Corporation

Sebelum menata ruang tamu kamu dengan teknik feng shui, kamu perlu melihat letak ruang tamu kamu menurut ‘Bagua’ atau peta energi. Peta ini akan menunjukkan menghubungkan ruangan dengan sembilan bidang kehidupan berupa kreativitas, kesehatan, hubungan, perjalanan, diri sendiri, karier, kemakmuran, kebijaksanaan dan ketenaran.

2. Menambahkan elemen feng shui pada ruang tamu

17 Tips Feng Shui  untuk Ruang Tamu yang Sehat dan NyamanRukita

Bersama dengan sembilan elemen kehidupan, 'Bagua' juga merinci lima elemen penting bagi feng shui. Kelima elemen tersebut adalah kayu, api, logam, tanah dan air. Elemen tersebut akan diwakili oleh warna, arah dan material yang membawa keharmonisan dan kedamaian pada ruang. Kamu perlu menambahkan elemen di dalam ruang tamu berupa mebel, warna cat, dekorasi dan karya seni. Ini dilakukan untuk menyeimbangkan antara energi ruang dengan aliran chi.

3. Menguatkan aliran chi lewat warna cat

17 Tips Feng Shui  untuk Ruang Tamu yang Sehat dan NyamanDekoruma

Untuk kamu yang bingung cara menggabungkan berbagai elemen, salah satu cara termudah adalah dengan mengecat ruangan. Jika ingin nuansa bahagia yang kuat, gunakan warna oranye atau merah dari elemen api. Kamu juga bisa meningkatkan hubungan dan kesehatan, dengan warna kuning atau cokelat dari elemen tanah. Kamu juga bisa merangsang kreativitas dengan elemen logam warna putih dan abu-abu.

4. Meminimalkan kekacauan dengan aliran chi

17 Tips Feng Shui  untuk Ruang Tamu yang Sehat dan Nyamanminimalisxrumah.com

Agar chi dapat mengalir dengan baik, kamu harus meminimalkan kekacauan yang bisa terjadi di ruang tamu. Dengan chi yang mengalir dengan baik, akan membuat ruangan terasa lebih nyaman. 

Jika diibaratkan, chi adalah air. Kamu harus memastikan chi dapat bergerak bebas di ruang tamu. Jika chi tidak dapat mengalir, itu adalah tanda untuk segera mengatur ulang tata letak ruang tamu.

5. Gunakan mebel dengan sudut bulat

17 Tips Feng Shui  untuk Ruang Tamu yang Sehat dan NyamanDekoruma

Potongan mebel dengan sudut yang tajam selain berbahaya, akan menghalangi aliran chi untuk bergerak. Sudut tajam akan membuat aliran chi terpotong, sehingga membuat ruang tamu terasa tidak nyaman. Kamu bisa menggunakan meja dengan sudut bundar untuk membuat aliran chi tetap mengalir bebas.

6. Menambahkan meja kopi

17 Tips Feng Shui  untuk Ruang Tamu yang Sehat dan NyamanRumah123.com

Ruang tamu adalah tempat kamu berkumpul dan bersosialisasi. Kamu bisa menggunakan meja kopi sebagai pusat perhatian di ruang tamu. Kamu juga bisa menggunakan meja kopi yang terbuat dari kayu maupun logam. Tetap jaga permukaan meja agar tidak berantakan, sehingga tidak memengaruhi aliran chi.

7. Peletakan televisi

17 Tips Feng Shui  untuk Ruang Tamu yang Sehat dan NyamanDekoruma

Jika memikirkan kembali 'Bagua' atau peta energi, televisi juga memainkan peran yang penting. Televisi yang diletakkan di sisi utara akan membawa keberuntungan untuk karier kamu. Jika kamu meletakkan televisi di bagian selatan akan meningkatkan peluang kamu untuk terkenal.

Namun, saat tidak digunakan sebaiknya kamu menutup televisi kamu, atau meletakkannya di dalam lemari khusus televisi. Menurut ilmu feng shui, televisi yang mati akan berubah fungsi menjadi cermin sehingga memantulkan aura negatif di dalam ruangan.

8. Pastikan ruang tamu kamu terlihat

17 Tips Feng Shui  untuk Ruang Tamu yang Sehat dan NyamanDesain Rumah Minimalis

Kamu harus memastikan pengaturan tata letak kursi yang baik. Atur kursi agar dapat melihat ke arah pintu. Kursi yang membelakangi pintu membuka peluang terjadinya konflik. Jika kamu tidak bisa melihat pintu, akan menimbulkan kecemasan. Ini buruk, karena akan menghilangkan harmoni.

9. Sisihkan ruang untuk duduk

17 Tips Feng Shui  untuk Ruang Tamu yang Sehat dan Nyamantemonggo.com

Tidak peduli seberapa besar atau kecil ruang tamu yang kamu miliki, ruang tamu kamu harus bisa memuat keluarga atau tamu yang akan duduk. Selain sofa yang nyaman, tambahkan kursi berlengan agar ada variasi tempat untuk dipilih. 

10. Berikan ruang tamu banyak cahaya

17 Tips Feng Shui  untuk Ruang Tamu yang Sehat dan Nyamantokopedia

Dengan cahaya yang baik, akan meningkatkan kesehatan dan vitalitas orang yang sedang berada di ruang tamu. Dalam ilmu feng shui, ruang tamu harus memiliki cahaya yang cukup dengan jendela yang terbuka. Jika tidak memiliki jendela, kamu bisa menambahkan elemen seperti lilin atau lampu. Penambahan cermin juga dapat dilakukan karena cermin berfungsi memantulkan cahaya dan membuat ruangan terasa lebih terbuka.

11. Letakkan sofa dengan menempel di dinding

17 Tips Feng Shui  untuk Ruang Tamu yang Sehat dan NyamanAjeg

Sofa harus diletakkan dengan menempel dinding, untuk menciptakan rasa aman. Hindari meletakkan sofa di tengah ruangan. Hindari pula menaruh sofa di depan jendela. Tidak hanya menghalangi chi untuk masuk, ini akan membuat kamu sulit melihat pemandangan.

12. Gunakan hiasan yang dilapisi logam

17 Tips Feng Shui  untuk Ruang Tamu yang Sehat dan NyamanKontraktor Jogja

Untuk kamu yang menyukai dekor ruangan dengan pernak-pernik kecil, kamu bisa menggunakan hiasan dengan elemen logam. Logam berarti organisasi dan perencanaan, contoh hiasan yang mengandung logam adalah mangkuk, tempat lilin dan bingkai foto. 

Bentuk bundar juga dapat diasosiasikan dengan logam. Kamu bisa menambahkan karpet bundar, atau hiasan dengan pola melingkar untuk meningkatkan chi produktif.

13. Tambahkan energi positif dengan jam

17 Tips Feng Shui  untuk Ruang Tamu yang Sehat dan NyamanRuparupa

Dalam feng shui, gerakan berirama yang dihasilkan jam dapat meningkatkan chi positif. Hal ini juga dapat membuat rutinitas keluarga menjadi disiplin dan teratur, serta dapat mengusir roh jahat. Letakkan jam di samping pintu atau menghadap jendela. Taruh jam setinggi mata atau dada agar tidak menghalangi aliran chi.

14. Perhatikan peletakan cermin

17 Tips Feng Shui  untuk Ruang Tamu yang Sehat dan NyamanDekoruma

Menurut peta energi atau 'Bagua', cermin mewakili elemen air yang bagus ditempatkan di timur, tenggara dan utara ruangan. Cermin dapat menambah cahaya sehingga mengundang banyak energi positif dan negatif. Untuk efek negatifnya, pastikan cermin tidak memantulkan tampilan dari seseorang yang sedang berbuat kekacauan di pintu masuk.

15. Menambahkan aquarium ikan

17 Tips Feng Shui  untuk Ruang Tamu yang Sehat dan NyamanRumah Unik

Menambahkan aquarium akan membuat ruangan kamu terlihat lebih cantik dan damai. Dalam feng shui, aquarium juga dapat meningkatkan energi kamu. Kamu bisa meletakkannya di sudut tenggara, karena di sudut ini menyimpan banyak energi untuk  kekayaan dan kelimpahan.

16. Menggunakan hiasan dinding

17 Tips Feng Shui  untuk Ruang Tamu yang Sehat dan NyamanInterior Desain

Karya seni, foto, ataupun patung, mampu menyerap energi positif. Kamu bisa menambahkan hiasan dinding berupa pemandangan alam, atau wajah orang yang sedang tersenyum. Dinding bagian utara cocok untuk meletakkan lukisan air terjun atau danau.

Di sebelah barat, kamu bisa menaruh lukisan abstrak. Untuk sisi timur paling bagus untuk meletakkan foto keluarga. Sementara, sisi selatan dapat kamu gantungkan pemandangan alam.

17. Jangan lupakan bagian pojok

17 Tips Feng Shui  untuk Ruang Tamu yang Sehat dan Nyaman99.co

Last but not least, kamu bisa memanfaatkan sudut ruangan dengan menaruh tanaman kecil, atau bisa juga air mancur kecil. Sudut tenggara menyimpan banyak kekayaan energi, sedangkan sudut selatan menyimpan kekayaan energi sekunder.

Ruang tamu biasa digunakan untuk bersantai dan berkumpul bersama keluarga. Dengan menerapkan teknik feng shui di ruang tamu, kamu akan menciptakan ruang tamu yang aman dan nyaman. Kira-kira teknik feng shui mana, nih, yang sudah kamu coba?

Baca Juga: 10 Kesalahan Interior Rumah Menurut Feng Shui

Baca Juga: 7 Hiasan Rumah yang Bisa Membawa Energi Negatif menurut Feng Shui

Baca Juga: Menurut Feng Shui, 7 Warna Kamar Tidur Ini Membawa Energi Positif