Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Sumber Mimpi Buruk, Ini 12 Karakter Penjahat Paling Ikonik & Sadis

Nggak kebayang kalau harus bertemu di dunia nyata

Aisyah Banowati

Kehadiran tokoh antagonis membuat jalan cerita menjadi lebih kaya sekaligus mendorong tokoh protagonis untuk melakukan sesuatu. Hadirnya tokoh penjahat akan mengundang konflik agar semakin menarik perhatian pembaca, serta membantu karakter protagonis untuk semakin bersinar.

Tidak jarang, karena kehadirannya yang begitu berpengaruh, terdapat jajaran penjahat yang benar-benar sulit dilupakan oleh penonton. Mulai dari penjahat yang sebenarnya hanyalah korban hingga yang benar-benar murni penjahat ada di dalam daftar ini. Yuk, simak sampai habis!

1. Vecna — Stranger Things

instagram.com/strangerthingstv

Monster humanoid dengan kulit mengerikan dan tanaman yang menonjol pada tubuhnya, Vecna, pertama kali diperkenalkan dalam penayangan musim keempat Stranger Things. Pada dasarnya, yang dilakukan Vecna adalah meneror anak-anak Hawkins, mengambil alih tubuhnya, kemudian membunuh korbannya. 

Pembunuhan pertama telah menyebabkan Chrissy Cunningham meninggal dengan tragis. Vecna yang mengetahui jika Chrissy menderita gangguan makan mempengaruhi si pemandu sorak dengan membangun halusinasi terkait trauma pribadinya. Pada akhirnya, Chrissy harus mati dengan semua tulang yang patah dan mata yang tercungkil.

2. Jobu Tupaki — Everything Everywhere All at Once

twitter.com/jim_benjaminn

Meski berperan sebagai antagonis dalam film, Jobu Tupaki lebih seperti karakter tragis yang harus menanggung beban sebagai penjahat. Jobu Tupaki lahir dari perasaan sedih, marah dan sakitnya Joy Wang—putri dari Alpha Evelyn—akibat ketidaktahuan Evelyn bahwa selama ini putrinya menderita karena perlakuannya.

Lewat kekuatannya yang luar biasa, Jobu Tupaki berhasil menciptakan bagel hitam yang mampu menelan semua energi ke dalamnya. Di sisi lain, lewat keyakinannya, Jobu Tapaki percaya bahwa pada dasarnya semua yang di alam semesta ini tidak ada yang penting.

3. The Riddler — The Batman

twitter.com/movietvtechgeek

Menjadi salah satu penjahat yang paling ikonik selain Joker dan Catwoman, karakter The Riddler dibuat oleh Bill Finger dan Dick Sprang pada tahun 1948. Dikisahkan, Edward Nygma mendapat banyak kekerasan saat masih kecil oleh ayahnya. Sang ayah tidak memahami fakta bahwa anaknya begitu cerdas dan memukulinya setiap kali dirasa Edward telah berbohong.  

Pada akhirnya, Edward—dengan kecerdasannya yang luar biasa—tumbuh dengan obsesi tentang pengakuan akan kecemerlangannya dan juga teka-teki. Hal ini lah yang membuatnya selalu meninggalkan teka-teki di tempat dirinya melakukan kejahatan—bahkan dengan sengaja menaruhnya—meski dengan risiko kejahatannya akan terungkap saat teka-teki miliknya terjawab.

4. Darth Vader — Obi-Wan Kenobi

twitter.com/nightwaynes

Anakin Skywalker yang kini dikenal sebagai Darth Vader merupakan karakter pertama yang diciptakan oleh George Lucas saat membangun Star Wars. Helm yang dikenakannya sendiri terinspirasi dari atribut yang digunakan oleh pasukan Nazi pada Perang Dunia II. 

Lewat serial Obi-Wan Kenobi, penggemar Star Wars dapat menyaksikan kembali kehadiran murid Obi-Wan Kenobi yang kabarnya salah jalan ini. Anakin yang berambisi untuk menjadi lebih kuat memutuskan untuk meninggalkan ajaran-ajaran yang diberikan Obi-Wan. Dirinya lebih memilih untuk berguru dengan Emperor Palpatine. Pada akhirnya, pertarungan antara mantan guru dan murid pun tak terelakkan. 

Naas, kemenangan yang diterima Obi-Wan di Mustafar menjadi mimpi buruk untuk dirinya sendiri. Hal ini terjadi sebab setelah selesai pertarungan Obi-Wan meninggalkan Anakin yang tengah sekarat, membuatnya dihantui mimpi buruk akibat rasa bersalah dalam tidurnya.

5. Harmony Cobel — Severance

twitter.com/JupiterSpurlock

Berperan sebagai manajer di Lumon Industries, Harmony Cobel benar-benar menunjukkan dedikasinya untuk perusahaan. Dirinya berupaya—dengan melakukan apa pun—untuk menjaga bisnis tetap berjalan, termasuk menyiksa karyawan mereka dan menguncinya di dalam kantor. 

Diperankan oleh Patricia Arquette, karakter Harmony Cobel diketahui menjalani kehidupan ganda. Selain menjadi manajer, Harmony merupakan tetangga Mark S.—kepala divisi Penyempurnaan Microdata di Lumon Industries—serta bertanggung jawab sebagai pengasuh bayi saudara perempuannya.

6. Goff — Peacemaker

twitter.com/Massive_Peace

Royland Goff atau yang akrab dipanggil Goff merupakan perwujudan betapa berbahayanya kupu-kupu kecil yang dapat mengambil alih manusia. Para kupu-kupu mampu menyusup ke dalam pikiran manusia, berperilaku seperti manusia, hingga meniru kepribadian manusia yang sedang mereka rasuki. 

Hal inilah yang terjadi dalam pemerintahan Amerika, senator Royland Goff ternyata bukanlah manusia seutuhnya. Dirinya telah dirasuki oleh si kupu-kupu yang sedang menjadi target penting dari Task Force X. Awalnya, para kupu-kupu hanya ingin tinggal di bumi seperti manusia, namun pada akhirnya, Goff mengubah rencana untuk mengambil alih bumi karena planet mereka sedang sekarat.

7. Pearl — X

twitter.com/ComedianCinema

Pearl merupakan ibu rumah tangga yang terobsesi dengan masa muda dan cemburu pada orang yang masih muda. Ditambah dengan kondisi kesehatan suaminya yang buruk membuat keduanya tidak bisa bercinta. 

Pembunuhan pertamanya terjadi pada awal 1918, korbannya adalah seorang laki-laki muda yang menyewa kamar di rumah kos miliknya. Sang korban ditemukan digantung di ruang bawah tanah rumah mereka, namun tidak diketahui secara pasti apakah si korban sempat mengalami pelecehan seksual sebelum kematiannya.

8. Scarlet Witch — Doctor Strange in the Multiverse of Madness

twitter.com/MarveIStudiios

Wanda Maximoff atau Scarlet Witch merupakan pahlawan sekaligus penjahat yang muncul dalam Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Menarik tali ke belakang, selama WandaVision (2021), Wanda telah menghadapi konflik batin yang begitu kuat.

Dirinya harus merasakan kesedihan dan trauma sembari terus memperbaiki kesalahannya dengan bantuan dari Agatha Harkness. Namun, apa yang telah hancur tidak lagi dapat diperbaiki. Rasa bersalah yang begitu kuat membuatnya beberapa kali harus melawan iblis dalam dirinya. Hal inilah yang menjadikannya penjahat dalam ceritanya sendiri.

9. Gorr the God Butcher — Thor: Love and Thunder

twitter.com/theNDExperience

Sepanjang hidupnya, Gorr tinggal di sebuah planet tanpa nama yang dihuni oleh makhluk pemangsa dan matahari yang terus memancarkan sinarnya. Ibu dan ayahnya meninggal sejak ia kecil, istrinya meregang nyawa akibat gempa bumi, dan pada puncaknya sang anak harus meninggal karena kelaparan. “Semua dewa akan mati” menjadi sumpah dan ambisinya setelah kehilangan kepercayaan kepada para dewa.

10. Ghostface — Scream

twitter.com/GhostfaceTalks_

Pertama kali muncul dalam Scream, sosok Ghostface merupakan ciptaan Kevin Williamson. Selalu mengenakan topeng saat berburu, topeng milik Ghostface terinspirasi dari lukisan karya Edvard Munch, The Scream. 

Pada awalnya, karakter Ghostface tidak pernah berbicara, namun, pada akhirnya Roger L. Jackson menjadi orang pertama yang membuat penonton setia Scream mendengar suara sang psikopat ini. Sebelum menikam korbannya sampai mati dengan pisau, Ghostface akan menghubungi lewat sambungan telepon untuk mengejek atau mengancam mereka.

11. The Grabber — The Black Phone

twitter.com/cherrypsychooo

Topeng bertanduk milik The Grabber membuatnya berkali-kali lipat menjadi lebih menyeramkan. Pembunuh berantai yang suka menculik anak-anak ini adalah perwujudan mimpi buruk yang suka meneror kota dan menjebak korbannya di ruang bawah tanah miliknya.

Diperankan oleh Ethan Hawke, sang aktor yang sempat masuk ke dalam nominasi Academy Award ini mengaku bahwa karakter The Grabber terlalu jahat dan jauh untuk menjadi orang yang bisa dimaafkan. Sebab, alasan mengapa The Grabber melakukan tindak kejahatannya sampai saat ini belum pernah diceritakan oleh sang sutradara, Scott Derrickson.

12. Dr. Robotnik — Sonic the Hedgehog 2

twitter.com/PlayEnjy

Setelah kalah telak di tangan Sonic, Dr. Robotnik kembali untuk membalas dendam dengan rekannya yang baru, Knuckles. Mereka bekerja sama untuk mencuri Master Emeralds dan memanfaatkan kekuatannya untuk mengendalikan alam semesta.

Diperankan oleh Jim Carrey, penampilan Dr.Robotnik setelah kembali dari Planet Jamur yang mengurungnya membuatnya berubah. Kini, dirinya digambarkan sebagai sosok berkumis dengan kepala botak yang selalu mengenakan kacamata sebagai aksesoris kepala.

Itulah deretan penjahat paling ikonik dan sadis yang membuat penonton geleng-geleng kepala saat menontonnya. Meski menjadi karakter yang jahat, kepopuleran mereka tidak kalah dari sang tokoh utama. Adakah karakter favorit kamu?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration