Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Mengenal 7 Fitur AI dalam Samsung Galaxy S24 Series

Samsung Galaxy S24 Series dijual mulai dari >Rp13 juta

Aisyah Banowati

Seiring penggunaan AI yang semakin berkembang, Samsung menghadirkan inovasi terbaru dan membawa smartphone revolusioner melalui mobile AI pertama Galaxy. Melalui Galaxy S24 Series, Samsung mengajak penggunanya merasakan peningkatan pengalaman mobile di era yang baru. 

“Hari ini Galaxy S kita akan membawa Galaxy AI yang akan membawa hidup kita menjadi lebih praktis dan smart. Akan membuka banyak peluang baru untuk membuat terobosan,” ungkap Lo Khing Seng selaku Head of Mobile Experience Business, Samsung Electronics Indonesia. 

Berkesempatan hadir dalam rangkaian acara New Era of Mobile, The First Galaxy AI is Here pada Kamis (1/2/24) lalu, POPBELA sempat melihat dan merasakan langsung kecanggihan smartphone flagship terbaru dari Galaxy S24 Series ini. Mau tahu ada fitur AI apa saja yang dimiliki Galaxy S24 Series? Berikut penjelasannya.

1. Note Assist dan Transcript Assist

instagram.com/samsungmobile

Untuk meningkatkan produktivitas, Galaxy S24 Series menghadirkan fitur Note Assist dan Transcript Assist yang membantu penggunanya untuk mengconvert suara menjadi teks. Bahkan, hanya dengan sekali tap, pengguna dapat melihat hasil rangkuman dari teks tersebut.

Keunggulan fitur ini dapat dimanfaatkan untuk merangkum pembicaraan selama meeting dengan output berupa teks (notulensi), ataupun untuk pekerja seperti jurnalis yang seringkali harus melakukan transkrip pembicaraan dengan narasumber. 

2. Live Translate

instagram.com/samsungmobile

Adanya fitur AI dalam Galaxy S24 Series membuat pengguna tak perlu lagi kebingungan saat berkomunikasi dengan orang asing. Kecerdasan buatan yang satu ini memungkinkan alih bahasa secara langsung saat berkomunikasi lewat telepon. 

Ditambah dengan hadirnya fitur Interpretrer. Lewat fitur ini pengguna dapat menerjemahkan percakapan secara instan dalam layar perangkat—dari suara menjadi teks—sehingga lawan bicara dapat membaca transkrip teks dari apa yang telah dikatakan. 

Baik, Transcript Assist maupun Live Translate, keduanya menggunakan fitur AI on device yang tidak lagi menggunakan Cloud. Hasilnya? Keamanan dan privasi pengguna semakin terjaga karena tak perlu sambungan internet untuk mengaksesnya.

3. Circle to Search

instagram.com/samsungindonesia

Kini, tak perlu bingung saat harus mencari suatu produk sebab fitur Circle to Search memudahkan pengguna Samsung untuk melakukan pencarian lewat gambar. Hanya perlu melingkari gambar yang akan dicari, selanjutnya mesin pencari Google akan mengeluarkan hasil pencarian yang akan sangat membantu penggunanya. 

4. Chat Assist

instagram.com/samsungindonesia

Kelebihan lain yang dimiliki Galaxy S24 Series adalah dengan keberadaan fitur Chat Assist. Adanya fitur ini dapat membantu pengguna menerjemahkan pesan secara real time ke dalam 13 bahasa. 

Sayangnya, belum tersedia translate otomatis ke dalam bahasa Indonesia. Saat ini pengguna dapat menggunakan fitur Chat Assist untuk menerjemahkan pesan dalam bahasa Inggris, Jepang, Korea Selatan, Italia, Jerman, hingga Thailand. 

Kabarnya, fitur Chat Assist berbahasa Indonesia akan hadir pada kuartal kedua tahun ini. Selain itu, terdapat sistem Android Auto yang secara otomatis meringkas pesan yang masuk, serta menyarankan balasan yang relevan untuk menjawab pesan. 

5. Photo Assist

instagram.com/samsungindonesia

Dahulu, diperlukan aplikasi tambahan dan skill yang mumpuni untuk mengedit satu foto. Kini, dengan kehadiran fitur Photo Assist dalam Galaxy S24 Series pengguna tak perlu lagi bersusah payah saat mengedit foto. Fitur Photo Assist memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai perintah edit, di antaranya:

  1. Edit Suggestion yang akan memberi pengguna saran editing hanya dengan satu kali tap. Selanjutnya pengguna dapat mengedit gambar sesuai saran yang diberikan. 
  2. Generative Edit yang membuat pengguna dapat memindahkan atau mengubah ukuran objek tanpa merusak apalagi meninggalkan jejak pada foto. 
  3. Objek Eraser yang akan membantu menghapus objek yang tidak diinginkan di dalam foto.
  4. Remove Shadow yakni memungkinkan pengguna untuk menghapus bayangan yang tidak diinginkan tanpa mengurangi warna dari foto asli. 
  5. Remove Reflection yang membantu pengguna saat ingin menghapus pantulan kaca dalam foto secara otomatis.

6. Web Assist

tomsguide.com

Last but not least, Samsung Galaxy S24 Series lagi-lagi memanjakan penggunanya dengan kehadiran fitur Web Assist. Di sini, pengguna dapat menerjemahkan sekaligus meringkas isi artikel dalam halaman web yang sedang dibuka. Menarik, kan?

Tertarik untuk membelinya, Bela? Untuk menikmati kemudahan yang ditawarkan oleh kecerdasan AI dalam Samsung Galaxy S24 Series kamu dapat menyiapkan kocek mulai dari Rp13,999 juta.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration