Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

[EKSKLUSIF] Setelah Lima Tahun, Calvin Jeremy Kembali "Pulang"

Perjalanan karier, alasan vakum & obrolan tentang "Pulang"

Aisyah Banowati

Sudahkah aku jauh berjalan?
Seberapa kuat merangkai jawaban?
Bolehkah ku pinta satu kesempatan?
Mimpimu, Mimpiku, Jalanku, Pulang

Sudah dengar lagu terbaru calvin jeremy yang berjudul "Pulang", Bela? Yup, setelah terakhir kali memproduksi musik di tahun 2018, Calvin Jeremy kembali lewat "Pulang". Layaknya pulang ke rumah, penyanyi berzodiak Taurus ini kembali menjadi ‘musisi’ setelah vakum selama lima tahun. 

Bagaimana kabarnya saat ini? Apa saja yang dilakukannya selama vakum menjadi musisi? Apa makna "Pulang" baginya? Simak jawabannya dalam wawancara eksklusif POPBELA bersama Calvin Jeremy dalam artikel ini.

1. Awal karier Calvin Jeremy

instagram.com/calvinjeremy

Tahun 2010 menandai awal perjalanan karier Calvin Jeremy sebagai salah satu musisi Tanah Air. Sebagai penyanyi pendatang baru, dirinya datang dengan album perdananya berjudul Selamanya

Album kedua yang lahir setelah dua tahun debutnya dinamai dengan namanya sendiri. Masih bersama Universal Music Studio, single utama album Calvin Jeremy yang berjudul “Berdua” berhasil jadi hit pada masanya. 

Tren berubah, di tahun 2013 Calvin Jeremy tak lagi comeback dengan satu album full, dirinya kembali dengan single “Ada Untukmu”. Menariknya, video musik “Ada Untukmu” diproduksi di Belanda lewat kerja sama bersama Kementerian Luar Negeri di Belanda.

2. Ketika arah musik mulai berubah

instagram.com/calvinjeremy

Setelah hampir empat tahun bersama Universal Music Indonesia, Calvin Jeremy memutuskan untuk keluar dari label yang menaunginya tersebut. Resmi menjadi musisi independen, namanya kemudian ikut serta dalam project “The Freaks”. 

Album yang diproduseri oleh Agnez Mo ini mempertemukan Calvin Jeremy dengan Nikita Willy, Aliando Syarief, dan Teuku Rassya. Dalam album ini, Calvin Jeremy menyanyikan “Bertepuk Sebelah Tangan” secara solo dan “Cinta Tak Ada Logika” bersama-sama. 

Sayang, identitas musik Calvin Jeremy sendiri ‘agak’ hilang dalam album The Freaks. Hal tersebut pun ia akui, “karena kan secara musikalitas juga harus adjust sama musiknya mereka dan segala macem. Jadi, identitasnya agak sedikit melebar gitu,” ungkapnya.

3. Titik di mana karier mulai merosot

instagram.com/calvinjeremy

Memasuki tahun kedelapan kariernya sebagai seorang musisi, Calvin Jeremy kembali mengeluarkan album ketiga miliknya, Nostalgia, di tahun 2018.

Di tahun yang sama pula dirinya menyadari jika trend mulai berubah dan dirinya tak dapat lagi mengimbangi. Pada akhirnya, musisi kelahiran 6 Mei 1991 ini memutuskan untuk vakum. 

“Mindsetnya terutama masih yang lama bahwa ‘oh musisi ngeluarin album, terus nanti semua attentionnya bakal otomatis ke kita’. Padahal udah eranya social media terus distribution juga udah digital semuanya. Jadinya aku ngerasa kayaknya, ‘wah dia ini gua kedodoran nih, ketinggalan sama yang baru-baru’ gitu,” ungkapnya.

4. Resmi debut menjadi aktor

instagram.com/calvinjeremy

Vakum dari dunia tarik suara Tanah Air, Calvin Jeremy memutuskan untuk melanjutkan pendidikan master di Universitas Asia Institute of Management di Filipina. Selama proses persiapan untuk kembali menjadi mahasiswa, tawaran bermain peran pun datang padanya. Lewat film Terlalu Tampan, Calvin Jeremy resmi debut sebagai aktor. 

Sepanjang tahun 2018-2023, wajah Calvin Jeremy mulai banyak bermunculan di berbagai judul film (KKN di Desa Penari, Gita Cinta dari SMA) dan serial lokal (Marriage with Benefit). Merasa nyaman dengan pekerjaannya sebagai aktor, Calvin Jeremy belum terpikir untuk kembali mengeluarkan musik baru.

5. Kembali bermusik karena dorongan orang sekitar

instagram.com/calvinjeremy

Hari itu, rampung beribadah di gereja, Cassanova Alfonso—suami Rianti Cartwright—yang kebetulan duduk di sebelahnya menyampaikan pesan kepadanya untuk kembali bermusik. Meski mengiyakan, sesungguhnya dirinya belum terpikir untuk ‘pulang’ ke titik awal dirinya terjun ke dunia hiburan Tanah Air, musik. 

“You have to continue making music. Lu tuh harus melanjutkan. Berapa pun pendengar yang nanti dengerin musik lu, mau satu, sepuluh, seratus, seribu, tapi lu harus keep on making music,” kenang Calvin. 

Namun, ternyata suami Rianti Cartwright bukan satu-satunya orang yang mengingatkannya untuk kembali bermusik. Orang-orang terdekatnya mulai membicarakan hal yang sama, sampai-sampai membuat Calvin berpikir ulang. Pada akhirnya, ia memantapkan diri untuk kembali membuat musik.

6. Resmi merilis "Pulang"

instagram.com/calvinjeremy

Setelah sekian lama tak memproduksi musik, Calvin Jeremy memulai kembali langkahnya dengan berdiskusi dengan produser lagunya, Hezky Jo. 

“Ngobrolnya 70% tuh bukan tentang musik tapi tentang perspektif, kehidupan, how you perceive things, terus industri musik seperti apa dan segala macem,” kisahnya. 

Nyambung secara obrolan, Calvin dan Hezky Jo memutuskan untuk lanjut pada sesi “Satu Hari Writing Session”. Bahkan, meski telah sepakat untuk membuat musik bersama, keduanya belum tahu akan menulis lagu seperti apa. 

“Pada saat itu kita gak tau mau nulis lagu apa, tapi aku mau praktekan apa yang menjadi kayak dasar dalam bidang seni peran gitu, yaitu here and now. Be present. Nggak usah mikir kayak lalu-lalu, gak usah mikir nanti akan resultnya gimana. Just be present. Bener-bener maknai saat ini. Misalnya, oke kita mau nulis lagu, yuk kita nulis. Dan dengan itu, di satu hari kita come up with a new song. Jadi, lagu 'Pulang' ditulis bener-bener fresh terjadinya saat itu karena be praised, here and now.”

7. Makna di balik lagu “Pulang”

instagram.com/calvinjeremy

Masih menjadi musisi independen—tidak bergabung dengan label manapun—Calvin Jeremy resmi merilis “Pulang” pada 8 Desember 2023. Punya lirik yang menyentuh dengan official lyric video yang relate dengan anak perantauan, bagaimana makna lagu “Pulang” itu sendiri? Ini jawaban Calvin Jeremy.

“Pulang ini adalah sebuah perjalanan menemukan versi terbaik dalam diri kamu. Karena aku percaya bahwa setiap orang tuh punya versi terbaik dalam diri kita masing-masing. Cuman ada yang udah bangun, ada yang masih tidur.”

Mengaku sempat tak memiliki bujet yang cukup untuk membuat video musik, photoshoot, artwork dan segala yang dibutuhkan, Calvin Jeremy meyakini bahwa semua akan ada jalannya. Nah, benar saja! Meski awalnya kurang bujet, berkat kerja keras seluruh tim di balik layar, video musik “Pulang” berhasil mendapat sponsor dari Lenovo.

8. Sosok Calvin Jeremy di tahun 2018 vs 2023

instagram.com/calvinjeremy

Waktu dan perjalanan akan membuat manusia bertumbuh. Begitu juga dengan sosok Calvin Jeremy. Dirinya merasakan perbedaan besar antara Calvin Jeremy di tahun 2018 ke bawah dengan yang sekarang. 

“Dulu tuh kayak I feel so stupid. I miss too many opportunities. Ada fase di mana kayak gua benci sama diri gue. Tapi ternyata itu ga boleh karena apapun kesalahan yang kita buat itu yang membuat kita sekarang.”

Saat ini, baik dikenal sebagai musisi ataupun aktor, Calvin Jeremy lebih mensyukuri semua yang ia terima. Di musik dirinya dapat diri sendiri, sedangkan menjadi seorang aktor telah membuka kesempatan baru untuknya memerankan berbagai karakter yang berbeda darinya. 

Menariknya, Calvin Jeremy menyadari bahwa banyak yang belum mengenal dirinya sebagai penyanyi. Jadi, ketika kolom komentar akun sosial medianya diisi oleh pertanyaan warganet yang belum mengenal dirinya atau yang kaget karena baru tahu ia adalah penyanyi, Calvin dengan senang hati akan memperkenalkan dirinya.

9. Lirik Lagu "Pulang"

instagram.com/calvinjeremy

Sudahkah aku jauh berjalan?
Seberapa kuat merangkai jawaban?
Bolehkah ku pinta satu kesempatan?
Mimpimu, Mimpiku, Jalanku, Pulang

Cobalah berhenti dan rasakan
Selami hati dan dengerkan bisikan
Terlalu lama dirimu menanggalkan
Mimpimu, Mimpiku, Jalanku, Pulang

Lihatlah ku sudah sampai di sana
Nyatanya ku tidak jauh ke mana
Di hatiju s’lalu di sini
Setia menunggu kembali
Mimpimu, Mimpiku, Jalanku, Pulang

Aku kembali (aku kembali)
Bersama dirimu aku kembali

Lihatlah ku sudah sampai di sana
Nyatanya ku tidak jauh ke mana
Di hatiku s’lalu di sini
Setia menunggu kembali

Lihatlah ku sudah sampai di sana
Nyatanya ku tidak jauh ke mana
Di hatiku selalu di sini (selalu di sini)
Setia menunggu kembali

Mimpimu, Mimpiku, Jalanku
Mimpimu, Mimpiku, ja-lan-ku
Mimpimu, Mimpiku, Jalanku, Pulang

Sudah dengar "Pulang" by Calvin Jeremy, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration