Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Perayaan Unik 4 Juli di Amerika, Memperingati Hari Kemerdekaan

Ada parade di Washington DC hingga pesta kembang api di NY

Aisyah Banowati

Tahun 1776 merupakan waktu yang bersejarah bagi Amerika Serikat. Tepatnya, pada 4 Juli 1776, Kongres Kontinental mengesahkan Deklarasi Kemerdekaan sekaligus pemisahan politik 13 koloni Amerika—New Hampshire, Massachusetts, Connecticut, Rhode Island, Delaware, New York, New Jersey, Pennsylvania, Maryland, Virginia, North Carolina, South Carolina, dan Georgia—dari Inggris Raya. 

Bukan hanya diperingati sebagai hari terbebasnya Amerika Serikat dari Inggris Raya, tercatat, ada berbagai kejadian bersejarah sepanjang 4 Juli, di antaranya: 

  • Peringatan hari kemerdekaan pertama kali dirayakan pada 4 Juli 1777 di Philadelphia.  
  • Thomas Jefferson pertama kali merayakan kemerdekaan di Gedung Putih pada tahun 1801.
  • John Adams dan Thomas Jefferson (Founding Fathers) meninggal pada 4 Juli 1826. 
  • Presiden Amerika Serikat, James Monroe, meninggal pada 4 Juli 1831.

Sama seperti negara lainnya, setiap hari kelahiran akan selalu ada perayaan. Oleh karenanya, setiap tanggal 4 Juli, rakyat Amerika merayakan hari kemerdekaan negaranya dengan parade, piknik, pesta kembang api, hingga mengikuti berbagai kompetisi. Berikut kegiatan unik dan menarik di berbagai kota di Amerika saat merayakan Hari Kemerdekaan. 

1. Macy's 4th of July Fireworks di New York

secretnyc.co

Perayaan Hari Kemerdekaan terasa kurang tanpa kembang api. Tahun ini, Macy's 4th of July Fireworks akan kembali menerangi East River. Kabarnya, tahun ini pesta pora akan dimeriahkan dengan meluncurkan 60 ribu peluru kembang api selama 25 menit. 

Siapa saja dapat menikmati pesta ini dari berbagai sudut kota. Namun jika ingin menonton lebih dekat, untuk saat ini, lokasi tontonan publik resmi yang diawasi dan dikelola oleh NYPD (New York Police Department) belum diumumkan.

2. Parade di Washington DC

military.com

Setiap tahunnya, pukul 11.45 waktu setempat, berlangsung parade Hari Kemerdekaan Amerika di Constitution Avenue. Parade akan menampilkan musik live, korps seruling dan drum, jajaran kendaraan hias, latihan dan upacara militer, penerbangan balon raksasa, hingga kehadiran para pejabat nasional. Puncaknya, para penduduk dan pendatang di Washington DC akan menikmati keindahan dari pesta kembang api yang akan memenuhi langit malam di atas US Capitol West Lawn.

3. Nathan's Annual Hot Dog Eating Contest di Brooklyn

espnpressroom.com

Sejak tahun 1916, setiap tanggal 4 Juli, sebuah restoran yang dibuka oleh Nathan Handwerker di Coney Island ini terus mengadakan kompetisi memakan hot dog. Pemenangnya akan dimakotahi dengan Mustard Yellow International Belt yang legendaris. 

Tahun lalu, Joey Chestnut kembali mengoleksi gelarnya yang ke-15 dengan memakan 63 hot dog dalam waktu 10 menit. Di tahun yang sama, Nathan’s Famous juga turut memberi sumbangan tahunan sebanyak 100.000 hot dog ke Food Bank. 

4. Alameda Mayor Parade di California

alamedasun.com

Alameda Mayor Parade adalah parade terpanjang di Amerika dengan rute sejauh 3.3 mil. Parade ini dapat menarik setidaknya 60 ribu penonton untuk melihat penunggang kuda, pasukan tari, kendaraan hias, marching band, hingga musik live. Selain parade, Alameda Mayor Parade juga punya program Alameda 4th of July 5K Run yang setiap tahunnya tak pernah sepi pendaftar.

5. Nikmati berbagai kegiatan di Philadelphia

unsplash.com/frankiefoto

Sebagai kota di mana Deklarasi Kemerdekaan Amerika ditandatangani, Philadelphia punya kisahnya sendiri. Sama seperti banyak kota besar di Amerika lainnya, Philadelphia juga menyelenggarakan pawai, konser gratis, dan puncaknya pertunjukan kembang api epik di atas Museum Seni Philadelphia yang megah.

6. National Tom Sawyer Days di Hannibal

khqa.com

The Adventures of Tom Sawyer karya Mark Twain adalah sebuah novel satir yang kini dikenal sebagai salah satu karya sastra klasik Amerika. Salah satu adegan paling terkenal dalam buku ini adalah saat Tom—sang tokoh utama—meyakinkan orang lain agar mengecat pagar untuknya. 

Satu tahun sekali, adegan ikonik tersebut tertuang dalam sebuah pertandingan kompetitif di mana setiap peserta berdandan layaknya karakter di dalam buku dan mulai berkompetisi untuk mengecat pagar. Tahun ini, acara telah dimulai sejak 28 Juni dan akan berakhir pada 4 Juli 2023.

7. Pesta makanan laut di Bar Harbor, Maine

packmoreintolife.com

Sejak 1978, Maine telah menjadi tuan rumah bagi perlombaan lobster yang merupakan bagian dari penggalangan dana untuk YMCA Mount Desert Island. Selain menikmati pertunjukan para lobster yang berusaha bergerak ke garis finish, pesta makanan laut di Bar Harbor merupakan tradisi makan malam di Hari Kemerdekaan yang tak boleh terlewatkan.

8. Seward Mount Marathon Race di Alaska

alaska.org

Sejak 1915, setiap Hari Kemerdekaan, Alaska telah menjadi tuan rumah untuk salah satu balapan tertua di Amerika. Seward Mount Marathon Race berhasil menarik perhatian para pelari untuk berlari pada jalur ketinggian ±3.000 kaki. Kompetisi ini dianggap sebagai salah satu balapan gunung jarak pendek tersulit di dunia dengan jalur sepanjang 3.1 mil, kemiringan rata-rata 34 derajat dan 60 derajat.

Sejarah terus menuliskan kisahnya. Itulah berbagai perayaan unik untuk memperingati bebasnya Amerika Serikat dari Inggris Raya. Menurut kamu, perayaan mana yang paling menarik untuk didatangi?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration