Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Mikha Tambayong Jadi Staf Ahli Menpora, Ini Tugas dan Gajinya!

Prestasi baru yang diukir Mikha Tambayong

Ainuni Rahmita

Milenial dan Gen Z bukan hanya menjadi pelengkap kelompok masyarakat. Generasi muda yang merupakan penduduk paling mendominasi di Indonesia, bisa jadi bagian dari pemerintahan. Hal ini yang dialami oleh aktris cantik Mikha Tambayong.

Bersama dengan anak muda lainnya, Mikha Tambayong peduli dengan isu pemerintahan, khususnya pada bidang olahraga. Apa saja tugas yang dilakukan Mikha sebagai staf ahli Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia (Menpora)? Berapa jumlah gaji yang Mikha terima? Berikut rinciannya yang telah Popbela rangkum!

Profil Mikha Tambayong

instagram.com/miktambayong

Mengawali karier sebagai model, Mikha mula-mula mengikuti ajang pemilihan GADIS Sampul pada tahun 2008 yang pernah hits pada masanya. Tak hanya sampai di situ, Mikha sedari kecil juga menjadi pemain sinetron dan penyanyi yang merilis beberapa lagu original. Istri dari aktor Deva Mahenra ini, sekarang lebih dikenal sebagai aktris film layar lebar. Film terbaru Mikha yaitu Sewu Dino yang rilis pada 19 April 2023.

Berawal dari gemar berolahraga

instagram.com/miktambayong

Didapuknya Mikha Tambayong sebagai staf ahli Menpora bukan tanpa sebab. Mikha sendiri dikenal sebagai selebriti yang gemar berolahraga, khususnya olahraga basket. Bahkan Jason Richardson yang merupakan atlet pensiunan NBA, pernah terpukau dengan skill basket yang Mikha miliki.

Para tahun 2019, bertepatan saat Jason Richardson berkunjung ke Jakarta, Mikha memamerkan bakatnya, hingga dipuji oleh Jason karena melakukan free throw dan menembakan bola basket ke ring pada lemparan pertama.

Harapan Menpora Dito Ariotedjo

instagram.com/miktambayong

Dito Ariotedjo yang merupakan Menteri Pemuda dan Olahraga, sekaligus menteri termuda di Kabinet Indonesia Maju, memiliki cara tersendiri dalam mencari atensi publik. Salah satu usaha yang dilakukan Dito yaitu menggaet publik figur atau influencer yang terkenal, inspiratif dan masih muda.

Mikha Tambayong menjadi salah satu publik figur yang dikenalkan Dito sebagai resepresentasi Menpora. Harapannya upaya ini akan berdampak positif dan bisa menggaet perhatian anak muda lainnya terhadap olahraga di Tanah Air.

Tugas seorang staf ahli Menpora

Pada awal Mei, lebih tepatnya ketika pelepasan timnas bisbol putri yang mengikuti Kejuaraan BFA Women's Baseball Asian Cup 2023 di Hongkong. Mikha Tambayong diperkenalkan sebagai staf ahli oleh Menpora Dito Ariotedjo.

Adapun tugas Mikha sebagai staf ahli Menpora yaitu membuat telaah mendalam di bidang olahraga, memberikan rekomendasi terhadap isu-isu strategis kepada Menpora dan menyuarakan gerakan sehat.

Gaji dan tunjangan yang diterima

instagram.com/miktambayong

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 tahun 2019, staf ahli Menpora setara dengan PNS golongan IV yang mana gajinya mulai dari Rp 3.447.200 hingga Rp 5.901.200. Akan tetapi gaji tersebut belum termasuk tunjangan yang Mikha terima. Adapun tunjangan kinerja yang diperoleh, sesuai dengan Perpres Nomor 14 Tahun 2019 yang jumlahnya mencapai Rp17.413.000, karena saat ini posisi Mikha berada di kelas jabatan 16.

Melihat sepak terjang Mikha Tambayong yang gemilang dan selalu jadi inspirasi anak muda, Mikha memang pantas mendapatkan posisi staf ahli di Menpora, ya, Bela. Selamat mengemban tugas baru Mikha! 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration