Kucing merupakan salah satu hewan yang menjadi banyak dipilih untuk dipelihara. Menurut penelitian, memelihara kucing mampu mengurangi tingkat stres kamu. Hal tersebut menjadi salah satu faktor yang membuat banyak orang memilih memelihara kucing di rumah. 

Untuk para pemula, di awal mungkin kamu akan sedikit kebingungan mengajari kucing kamu agar tidak buang kotoran di halaman. Ini akan sedikit merepotkan, karena kamu harus selalu membersihkan kotoran kucing yang kamu pelihara. Namun, kamu tidak perlu khawatir, ada beberapa cara mencegah kucing buang kotoran di halaman rumah, yang telah Popbela rangkum dari berbagai sumber. Yuk, disimak!

1. Menyebarkan aroma yang tidak kucing suka

Inilah 7 Cara Mencegah Kucing Buang Kotoran di Halaman Rumahshutterstock

Kucing suka meninggalkan jejak di tempat yang mereka singgahi, salah satunya halaman rumah. Kucing akan menandai wilayah mereka menggunakan urin. Salah satu cara alami, agar kucing peliharaan kamu berhenti mengeluarkan urin sembarangan, kamu dapat menyebarkan aroma yang tidak mereka sukai.

Aroma kuat seperti kulit jeruk, lemon, mentol, cabai, lavender, peppermint dan kayu manis tidak disukai kucing. Meski hanya bertahan dalam jangka waktu pendek, cara ini tidak berbahaya untuk kesehatan kucing kamu.

2. Kucing menyukai permukaan yang lembut

Inilah 7 Cara Mencegah Kucing Buang Kotoran di Halaman Rumahunsplash

Cara mencegah kucing buang kotoran di halaman yang selanjutnya, adalah memerhatikan permukaan yang kucing singgahi. Kucing menyukai permukaan yang lembut, oleh karena itu kucing suka buang kotoran di halaman, karena memiliki tanah gembur yang ditumbuhi rumput. Agar kucing kamu berhenti buang air di halaman, kamu bisa menambahkan bebatuan atau ranting, agar permukaan menjadi kasar, sehingga kucing malas mendekati taman.

3. Menjaga halaman tetap bersih

Inilah 7 Cara Mencegah Kucing Buang Kotoran di Halaman RumahiStockphoto

Apabila kucing kamu terbiasa buang kotoran di wilayah yang sama, kamu bisa membersihkannya segera dengan menyiram air sabun, di tempat kucing kamu buang kotoran. Wilayah yang bersih, akan membuat kucing kehilangan aromanya sendiri, sehingga secara perlahan kucing tidak lagi buang kotoran di halaman rumah.

4. Menyemprotkan kucing dengan air

Inilah 7 Cara Mencegah Kucing Buang Kotoran di Halaman Rumahomlet.us

Cara mencegah kucing buang kotoran di halaman, salah satunya dengan menyemprot kucing dengan air biasa. Mungkin cara ini terdengar kejam, akan tetapi cara ini akan membantu memutus asosiasi positif kucing dengan wilayahnya. Kucing akan berpikir wilayah tersebut berbahaya untuk didekati.

5. Menaruh baki kotoran di luar ruangan

Inilah 7 Cara Mencegah Kucing Buang Kotoran di Halaman Rumahpixabay/andrysek

Agar kucing kamu tidak buang kotoran di halaman, kamu perlu menyiapkan tempat tersendiri untuk mereka buang kotoran. Kamu bisa menggunakan baki khusus, yang dilengkapi dengan pasir atau tanah sebagai wadah kucing untuk buang kotoran.

6. Menanam tanaman yang dibenci kucing

Inilah 7 Cara Mencegah Kucing Buang Kotoran di Halaman Rumahpixabay/byrev

Salah satu cara mencegah kucing buang kotoran, di halaman dengan menanam tanaman yang dibenci kucing. Kucing tidak menyukai beberapa tanaman seperti coleus canina, rue, lavender, dan pennyroyal karena aromanya yang kuat. Agar kucing malas mendekat, kamu bisa menanam tanaman tersebut di halaman rumah.

7. Menggunakan obat pengusir kucing

Inilah 7 Cara Mencegah Kucing Buang Kotoran di Halaman Rumahshutterstock

Saat ini, sudah banyak obat pengusir kucing yang dijual secara komersial di petshop. Obat ini biasanya berbentuk bubuk dan memiliki aroma seperti urin binatang pemangsa lain atau wangi dari tanaman yang tidak disukai kucing. Kamu cukup menaburkan obat di sekitar halaman agar kucing tidak mendekat.

Namun, sebelum membeli, kamu perlu memperhatikan kandungan yang terdapat di dalamnya. Pilihlah, obat dengan kandungan bahan alami atau organik, serta hindari obat dengan kandungan bahan kimia untuk menjaga kesehatan kucing peliharaan kamu.

Itulah, beberapa cara yang bisa kamu aplikasikan untuk mencegah kucing peliharaan kamu buang kotoran di halaman rumah. Selain membuat halaman rumah tetep bersih, kamu jadi tidak perlu repot membersihkannya berkali-kali. Tidak sulit, bukan? Yuk, mulai melatih kucing kamu agar tidak buang kotoran sembarangan. 

Baca Juga: 7 Cara Merawat Kucing Angora, Buat Kamu Pencinta Kucing 

Baca Juga: 7 Tips Cara Merawat Kucing Persia agar Jauh dari Penyakit dan Kutu

Baca Juga: 8 Cara Mudah Menghilangkan Kutu Kucing, Bahan-Bahannya Mudah Dicari