Kucing merupakan salah satu hewan yang mampu membersihkan dirinya sendiri. Tidak mengherankan, jika kamu sering bertemu dengan kucing jalan yang terlihat bersih. Namun, ada beberapa bagian yang sulit untuk dibersihkan, terutama bagian telinga. 

Kucing akan kesulitan menjangkau bagian telinga, sehingga pembersihannya tidak maksimal. Sebagai pemilik, sudah sewajarnya kamu membantu kucing untuk membersihkan diri, khususnya bagian telinga. 

Saat membersihkan telinga, akan memungkinkan kamu melihat dan mengidentifikasi jika terdapat masalah kesehatan. Untuk itu, kamu perlu membersihkan telinga kucing secara rutin. Inilah cara membersihkan kotoran pada telinga kucing di rumah.

1. Buat kucing merasa nyaman

Jaga Kesehatannya, Ini 4 Cara Membersihkan Kotoran pada Telinga Kucingfreepik.com

Agar kamu dapat maksimal saat membersihkan kotoran pada telinga kucing, pastikan kucing dalam keadaan tenang. Pangku kucing kamu dengan bantalan handuk, agar kucing merasa nyaman. Siapkan mainan dan makanan, untuk mengalihkan perhatian saat kucing mulai bosan. Jika kucing sedang tidak kooperatif, sebaiknya bersihkan di lain waktu agar tidak melukai telinga kucing.

2. Membersihkan area lubang telinga

Jaga Kesehatannya, Ini 4 Cara Membersihkan Kotoran pada Telinga KucingUnsplash/Pacto

Pertama-tama, kamu perlu membersihkan kotoran pada area lubang telinga. Mulai dari bagian terluar dengan hati-hati. Jika terdapat bulu yang terlalu panjang, kamu dapat memotongnya. Kamu dapat menggunakan cotton bud, yang telah dicelupkan air hangat untuk membersihkan bagian dalam telinga. Proses ini memerlukan waktu kurang lebih lima menit.

3. Gunakan minyak zaitun

Jaga Kesehatannya, Ini 4 Cara Membersihkan Kotoran pada Telinga KucingUnsplash

Selain menggunakan cotton bud yang telah dicelupkan air hangat, kamu dapat memanfaatkan minyak zaitun. Caranya cukup mudah, persiapkan air hangat, obat tetes telinga kucing dan bola kapas. 

Teteskan dua sampai tiga tetes minyak zaitun pada telinga kucing, kemudian pijat perlahan bagian bawah telinga kucing, agar minyak zaitun merata.

Selesai memijat, biarkan kucing menggoyangkan kepalanya agar kotoran dapat keluar. Kamu dapat membersihkan sisa kotoran yang telah keluar menggunakan bola kapas.  

4. Perhatikan secara detail telinga kucing

Jaga Kesehatannya, Ini 4 Cara Membersihkan Kotoran pada Telinga KucingShutterstock

Saat membersihkan telinga kucing, penting bagi kamu untuk memperhatikan kotoran yang keluar. Jika kotoran tampak berwarna merah muda pucat, artinya kucing kamu dalam keadaan sehat.

Jika kamu menemukan bintik-bintik pada lapisan telinga, peradangan, bau busuk dan mendapati adanya cairan yang keluar dari telinga, penting bagi kamu membawa kucing ke dokter, untuk memastikan penyebabnya.

Itulah cara membersihkan kotoran pada telinga kucing di rumah. Jika masih ragu untuk membersihkannya sendiri, kamu dapat pergi ke petshop dan meminta tolong pada petugas yang ada. Rajinlah membersihkan telinga kucing minimal satu bulan sekali, agar kotoran tidak menumpuk.

Baca Juga: 7 Tips Melebatkan Bulu Kucing Dengan Bahan Alami 

Baca Juga: Inilah 7 Cara Mencegah Kucing Buang Kotoran di Halaman Rumah

Baca Juga: Nggak Cuma Kamu yang Lelah Hadapi Pandemi, 11 Kucing ini Juga Lho!