Air zam zam berasal dari sumur zam zam yang terletak di dekat Masjidil Haram. Bagi yang sedang melaksanakan ibadah umrah dan haji, tak mungkin luput meminum air dari sumur zam zam. Hadirnya air zam zam di permukaan bumi merupakan bentuk mukjizat dari Allah SWT. 

Saat Nabi Ismail AS masih bayi dan kehausan, Siti Hajar—selaku ibundanya—mencoba mencari mata air agar anaknya dapat minum. Dalam upayanya, Siti Hajar berlari dari bukit Safa ke bukit Marwah sebanyak tujuh kali. Dengan kebesaran Allah SWT, munculah mata air di dekat kaki kecil Ismail AS, yang sampai kini kita mengenalnya sebagai mata air zam zam.

Penyembuh Sakit, Ini Adab dan Doa Minum Air Zam Zam Bagi Umat Muslimfreepik.com/pressfoto

Air zam zam memiliki banyak manfaat bagi yang meminumnya. Rasulullah SAW bersabda dalam hadis yang diriwayatkan Ibnu Abbas RA, “Sebaik-baiknya air di permukaan bumi ialah air zam zam, padanya terdapat makanan yang menyegarkan dan padanya terdapat penawar bagi penyakit.”

Sebelum meminum air zam zam, ada adab dan bacaan doa yang ada baiknya diterapkan dan dibaca oleh seorang muslim, di antaranya:

Adab saat minum air zam zam

1. Mulai dengan basmalah

Penyembuh Sakit, Ini Adab dan Doa Minum Air Zam Zam Bagi Umat Muslimfreepik.com/kremen

Tidak hanya saat meminum air zam zam, sebelum melakukan suatu kegiatan, sebagai seorang muslim kita harus memulainya dengan mengucap basmalah dan mengakhirinya dengan ucapan hamdalah.

2. Minum dengan tangan kanan

Penyembuh Sakit, Ini Adab dan Doa Minum Air Zam Zam Bagi Umat Muslimwww.eatingwell.com

Seperti yang sudah diajarkan oleh Rasulullah SAW, adab saat meminum air zam zam adalah dengan memegang gelas menggunakan tangan kanan. Begitupun hal ini kita terapkan, saat akan makan dan bersalaman.

3. Jangan terburu-buru

Penyembuh Sakit, Ini Adab dan Doa Minum Air Zam Zam Bagi Umat Muslimfreepik.com/racool-studio

Seperti yang telah diketahui, mata air zam zam tidak akan pernah kering. Maka, saat seorang muslim sedang meminumnya, lakukanlah dengan perlahan. Minumlah dengan tannafus atau bernafas sebanyak 3x di luar gelas.

4. Minum dengan posisi duduk

Penyembuh Sakit, Ini Adab dan Doa Minum Air Zam Zam Bagi Umat Muslimfreepik.com

Tidak hanya meminum air zam zam, sebagai seorang muslim, adab yang harus kita lakukan saat minum adalah dengan duduk. Rasulullah SAW bersabda, “Janganlah kalian minum sambil berdiri, barangsiapa yang lupa ketika minum hendak berdiri maka hendaklah ia berusaha memuntahkannya.”

Doa sebelum minum air zam zam

Penyembuh Sakit, Ini Adab dan Doa Minum Air Zam Zam Bagi Umat Muslimfreepik.com

Air zam zam memiliki banyak kandungan manfaat dan berkah di dalamnya. Sebelum meminumnya, ada bacaan doa yang dapat kamu panjatkan, agar dapat merasakan khasiatnya secara maksimal.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ وَسَقَامٍ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْن

Allahumma innii as'aluka ilman naafian wa rizqan waasi'an wa syifaa'an min kulli daa'in wa saqomin birahmatika ya arhamarrahimin

Artinya: ''Ya Allah aku mohon kepada-Mu ilmu pengetahuan yang bermanfaat, rezeki yang luas dan sembuh dari segala penyakit.''

Manfaat minum air zam zam

Penyembuh Sakit, Ini Adab dan Doa Minum Air Zam Zam Bagi Umat Muslimfreepik.com

Sumur zam zam memiliki kedalaman mencapai 30 meter dengan air yang melimpah. Awalnya, bagi seseorang yang ingin minum air zam zam perlu menimba terlebih dahulu. Kini, sudah tersedia pompa yang menyalurkan air ke berbagai titik, untuk menghilangkan dahaga para jemaah haji dan umrah yang kehausan. 

Air zam zam memiliki banyak kandungan manfaat bagi setiap muslim yang meminumnya. Dengan menerapkan adab yang tepat dan memanjatkan doa, kamu dapat merasakan khasiat air zam zam dengan maksimal. Manfaat air zam zam, di antaranya: 

  • Mampu menyembuhkan berbagai penyakit, seperti mencegah gigi berlubang, menurunkan kolesterol dan mengurasi risiko osteoporosis. 
  • Selain mencegah dan mengurangi risiko penyakit fisik, meminum air zam zam dapat mengobati hati dari penyakit kemunafikan. Hal ini ditulis dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, “Meminum air zamzam sampai puas bisa menghilangkan kemunafikan.”
  • Rasulullah bersabda, barang siapa yang meminum air zam zam dapat diampuni dosa-dosanya. Hal ini tertuang dalam hadis, “Siapa yang mengelilingi ka'bah sebanyak tujuh kali, salat di belakang makam Ibrahim, dan meminum air zam zam, niscaya akan diampuni semua dosanya.” (HR. Al-Wahidi)

Itulah bacaan doa sebelum meminum air zam-zam lengkap adab dan manfaatnya. Dengan segudang manfaat yang baik untuk kesehatan fisik dan mental, mengkonsumsi air zam zam secara rutin sangat dianjurkan. 

Baca Juga: Penting! Inilah Manfaat Sedekah Subuh dan Cara Mengamalkannya

Baca Juga: 9 Adab Buang Air Kecil & Besar dalam Islam, yang Muslim Wajib Tahu

Baca Juga: Ingin Doa Terkabul? Baca 3 Doa Mujarab Ini Saat Sujud Terakhir