Pernah mendengar produk skincare yang dapat mendetoksifikasi? Produk skincare yang berjenis seperti itu biasanya memiliki cara kerja dengan mengeluarkan racun pada kulit yang disertai tanda tumbuhnya jerawat pada bagian tertentu kulit wajah. Tanda tersebutlah yang biasa dikenal dengan sebutan purging. Walau sudah banyak yang tahu tentang purging, namun masih banyak yang sering merasa panik saat jerawat pada bermunculan akibat purging

Biar kamu nggak panik, Popbela akan membahas tentang 7 tanda purging yang wajib kamu ketahui. Apa saja ya? Keep scrolling!

Kenali 7 Tanda Purging yang Wajib Kamu Ketahui

Tanda purging yang pertama tentunya tumbuh jerawat pada beberapa bagian kulit wajah yang sering ditumbuhi jerawat. Kamu wajib perhatikan, jika jerawat tumbuh pada bagian kulit yang jarang ditumbuhi jerawat, ketahuilah bahwa hal tersebut bukanlah tanda purging.

Kenali 7 Tanda Purging yang Wajib Kamu Ketahui

Tak sampai disitu, jerawat yang tumbuh juga akan terus menerus keluar. Tanda purging yang satu ini termasuk normal dan tentunya jika hal tersebut terjadi padamu, jangan panik dulu ya!

Kenali 7 Tanda Purging yang Wajib Kamu Ketahui

Selain tumbuhnya jerawat, tanda purging lainnya ialah tekstur kulit wajah pun menjadi kering. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan bahan pada skincare tersebut yang juga bekerja untuk mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah.

Kenali 7 Tanda Purging yang Wajib Kamu Ketahui

Salah satu tanda purging lainnya ialah kulit wajah akan terasa sangat gatal. Meski belum terbukti secara dermatologist, banyak yang mengatakan bahwa rasa gatal yang timbul pada kulit disebabkan oleh racun yang keluar dari kulit wajah.

Kenali 7 Tanda Purging yang Wajib Kamu Ketahui

Rasa gatal yang hebat pada kulit tentunya juga dapat menimbulkan kemerahan pada kulit. Tanda purging yang satu ini dapat dihindari jika kamu berhenti menyentuh kulit wajahmu terus menerus.

Kenali 7 Tanda Purging yang Wajib Kamu Ketahui

Namun, satu hal yang perlu kamu ketahui mengenai salah satu tanda purging ialah bahwa purging tidak menyebabkan iritasi pada kulit kecuali kalau itu ulah jarimu yang jahil. Karena purging hanyalah proses mengeluarkan racun pada kulit, tentunya tak akan ada iritasi atau bahkan peradangan yang terjadi pada kulit. 

Kenali 7 Tanda Purging yang Wajib Kamu Ketahui

Tanda purging yang terakhir ialah lama kelamaan kulit wajahmu akan kembali normal dengan berkurangnya jerawat pada kulitmu hingga kulit wajahmu menjadi sangat bersih.

Nah, itu dia ketujuh tanda purging yang wajib kamu ketahui biar nggak panik saat menggunakan produk skincare yang bekerja sebagai detoksifikasi. Jika tanda yang terjadi diluar tanda purging yang sudah Popbela jelaskan, kamu harus segera cek ke dokter untuk mengetahui lebih lanjut apakah kulitmu sedang mengalami purging atau malah tanda ketidakcocokan pada kulit wajah.

Baca Juga: Wajib Dihindari, Ini 6 Kandungan yang Bikin Jerawatmu Makin Parah