Beberapa tahun belakangan ini, minyak alami tengah digandrungi banyak perempuan untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit. Bahkan, sudah banyak yang menyelipkan beberapa oil di skincare routine mereka, seperti olive oil, grapeseed oil, jojoba oil, adapun tamanu oil.

Tamanu oil atau minyak tamanu dihasilkan dari ekstrak biiji pohon yang disebut calophyllum inophyllum. Sudah sejak dulu, tamanu oil dipercaya menyimpan manfaat baik untuk kesehatan kulit, mulai dari meredakan jerawat hingga mengencangkan kulit. 

Untuk itu, Popbela akan membeberkan enam manfaat tamanu oil untuk kulit. Kira-kira apa aja, sih? Let’s check this out!

1. Meredakan jerawat meradang

6 Manfaat Tamanu Oil untuk Kulit, Mengobati Jerawat hingga Anti-agingbyrdie.com

Pemilik kulit cenderung berjerawat pasti sangat menghindari pengunaan oil. Padahal, beberapa minyak berfungsi meredakan jerawat meradang, lho, salah satunya adalah tamanu oil. Jika digunakan secara berkala, maka tamanu oil akan merawat dan meredakan jerawat membandel. 

Untuk mengaplikasikannya, kamu bisa menggunakan tamanu oil sebagai spot care, dengan cara ditotol pada titik-titik jerawat. Atau, menuangkan tiga hingga empat tetes tamanu oil ke telapak tangan, lalu aplikasikan secara perlahan ke seluruh permukaan wajah. Jangan lupa untuk gunakan di bagian leher, ya! 

2. Menghilangkan bekas jerawat

6 Manfaat Tamanu Oil untuk Kulit, Mengobati Jerawat hingga Anti-aging

Nggak hanya berfungsi meredakan jerawat yang meradang, tamanu oil juga membantu menghilangkan bekas jerawat. Karena, kandungan baik yang ada di tamanu oil akan mendorong produksi kolagen. Sehingga, regenerasi kulit akan lebih cepat. 

Selain membantu menghilangkan bekas jerawat, tamanu oil juga mampu meratakan warna kulit yang belang dan mencerahkan kulit. Sehingga wajahmu akan bebas dari noda hitam bekas jerawat, dan terlihat lebih flawless

3. Berfungsi sebagai anti-aging

6 Manfaat Tamanu Oil untuk Kulit, Mengobati Jerawat hingga Anti-agingskinexpert.com

Kaya akan anti-oksidan dan asam lemak, tamanu oil juga berfungsi sebagai anti-aging. Karena, anti-oksidan akan melindungi kulit dari polusi dan racun yang dapat merusak kulit. Sedangkan, asam lemak penting banget dalam menjaga elastisitas kulit dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan. 

Lalu, tamanu oil juga mampu merangsang pembentukan kolagen, sehingga ampuh dalam menjaga kekencangan kulit dan membantu regenerasi kulit jadi lebih cepat. Jadi, jangan heran kalau saat ini sudah banyak produk perawatan kulit anti-aging yang menggunakan tamanu oil sebagai bahan utamanya. 

4. Menghidrasi kulit

6 Manfaat Tamanu Oil untuk Kulit, Mengobati Jerawat hingga Anti-agingallure.com

Salah satu manfaat tamanu oil untuk kulit adalah mampu memberikan kelembapan. Karena, kandungan asam lemak yang ada di tamanu oil berfungsi mengikat hidrasi pada kulit. Tapi tenang aja, karena tamanu oil memiliki tekstur yang cukup ringan, maka tidak akan membuat kulit terasa berminyak atau greasy. 

Oleh karena itu, untuk menutup rangkaian skincare di malam hari, kamu bisa mengaplikasikan tamanu oil ke seluruh permukaan wajah. Ketika bangun di pagi hari, maka kulit akan terasa lebih kenyal dan lembap meskipun terpapar air conditioner. Wajib di coba deh pokoknya! 

5. Mengurangi mata panda

6 Manfaat Tamanu Oil untuk Kulit, Mengobati Jerawat hingga Anti-agingrightasrain.uwmedicine.org

Kandungan asam lemak yang tinggi di tamanu oil cocok banget diaplikasikan pada kulit yang tipis seperti di area mata, agar memberikan hidrasi dan kelembapan. Dengan begitu, tamanu oil bermanfaat dalam mengurangi mata panda ataupun puffy eyes. Agar tidak menganggu aktivitas kamu, aplikasikan tamanu oil hanya di malam hari dan secukupnya. 

6. Menyamarkan stretch mark

6 Manfaat Tamanu Oil untuk Kulit, Mengobati Jerawat hingga Anti-agingtelegraph.co.uk

Timbulnya stretch mark memang memengaruhi kepercayaan diri dan menganggu penampilan. Untuk mengatasinya, kamu bisa rutin menggunakan tamanu oil. Karena, minyak tamanu kaya akan anti-oksidan, anti-radang, dan mampu melembapkan kulit. 

Kalau untuk pencegahan, gunakan tamanu oil sedini mungkin di area yang rentan muncul stretch mark seperti lengan, perut, dan paha. Oiya, karena tamanu oil merupakan bahan alami, maka membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk hasil yang nyata. 

So, itu dia tujuh manfaat tamanu oil untuk kulit. Bisa jadi, tamanu oil akan menjadi produk andalan untuk berbagai permasalahan kulitmu. Selamat mencoba ya, Bela! 

Baca Juga: Jangan Asal Pilih, Ini Tips Memilih Face Oil Sesuai Jenis Kulit

Baca Juga: Bekas Jerawat Hilang dengan 7 Rekomendasi Essential Oils

Baca Juga: 7 Rekomendasi Produk Tea Tree Oil, Ampuh Hempaskan Jerawat