Wajah yang cerah, mulus, dan bercahaya pasti jadi impian banyak orang, terutama perempuan. Berbagai cara pun dilakukan demi mendapatkan wajah impian tersebut, mulai dari menggunakan berbagai produk skincare, perawatan ke salon, hingga mengonsumsi berbagai suplemen atau vitamin. Meski begitu, kadang ada saja kebiasaan-kebiasaan yang membuat wajah terlihat kusam. Apa saja yah? Baca di bawah ini yah!

1. Memilih produk skincare yang salah

7 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Sebabkan Kulit Kusambarelytherebeauty.com

Untuk mendapatkan wajah yang cerah dan terlihat sehat, salah satu yang dibutuhkan adalah produk skincare yang tepat. Jika kamu menggunakan produk yang tidak sesuai dengan kulit wajahmu, bukan hanya jerawat bisa muncul di wajahmu, kulit pun akan terkesan kusam dan berminyak.

2. Sering terkena sinar matahari dan polusi

7 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Sebabkan Kulit Kusampinterest.com

Sinar matahari dan polusi jadi penyebab utama kulit wajah terlihat kusam. Terlebih, jika kamu tidak pernah menggunakan tabir surya. Dijamin kulit wajahmu akan semakin terlihat tidak cerah. Untuk itu, pastikan kamu selalu mengawali perawatan wajah dengan menggunakan sunscreen untuk menangkar pengaruh buruk sinar matahari.

3. Tidak memiliki waktu tidur yang cukup

7 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Sebabkan Kulit Kusamlingerielafemme.com

Banyaknya aktivitas terkadang membuat waktu tidur jadi berkurang. Padahal, waktu tidur memiliki dampak yang besar terhadap kesehatan dan kecantikan lho. Ketika tubuh kurang beristirahat, regenerasi sel pun jadi terhambat. Inilah yang membuat wajah jadi terlihat kusam.

4. Sering mengalami stres

7 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Sebabkan Kulit KusamDok. Viktorija Bowers

Jika kamu telah melakukan berbagai perawatan dengan berbagai macam produk, mungkin masalahnya bukan dari luar atau dalam tubuh, tapi dari apa yang ada di pikiranmu. Stres yang kamu alami bisa meningkatkan kortisol yang memengaruhi aliran darah ke kulit dan menghambat perbaikan kulit.

5. Tubuh kurang ternutrisi

7 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Sebabkan Kulit Kusamjamienelsonphoto.com

Ungkapan 'you are what you eat' nampaknya ada benarnya. Ketika tubuh tidak ternutrisi dengan baik, kulit wajah pun akan terlihat kusam dan tidak sehat. Oleh karena itu, jika kamu menginginkan wajah yang cerah dan bersinar, batasi konsumsi garam dan makanan yang digoreng. Perbanyaklah konsumsi buah dan sayuran yang mengandung banyak zat antioksidan.

6. Tidak membersihkan wajah sebelum tidur

7 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Sebabkan Kulit Kusamgoodhousekeeping.com

Jika kamu termasuk salah satu orang yang tidur dengan makeup yang masih menempel di wajah, jangan kaget kalau kamu bangun dengan wajah yang tidak segar esok harinya. Tidur dengan makeup dan kotoran yang menempel di wajah tidak hanya akan membuat wajah terlihat kusam, tapi juga menyebabkan jerawat dan menimbulkan penuaan dini.

7. Tidak pernah melakukan eksfoliasi

7 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Sebabkan Kulit Kusamhuffingtonpost.com

Sel kulit mati yang menumpuk di wajah juga menjadi penyebab wajah menjadi kusam dan terasa kasar. Eksfoliasi berguna untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati. Jika kamu tidak pernah mengeksfoliasi wajah, maka sel kulit mati yang ada di wajah pun akan semakin banyak dan wajahpun akan terlihat kusam.

Itu tadi kebiasaan-kebiasaan yang bisa menyebabkan wajahmu jadi kusam. Mana nih yang masih sering kamu lakukan? Segera hentikan yah!

BACA JUGA: 5 Cara Mencerahkan Wajah agar Nggak Terlihat Kusam​