Pernah nggak, kamu sudah memakai banyak skincare lengkap pagi dan malam, tapi wajah masih kusam, kering, serta tidak terhidrasi dengan baik? Bisa jadi itu karena ada masalah di skin barrier kamu, lho.

Skin barrier atau lapisan terluar kulit memang perlu dirawat juga. Jika skin barrier terawat dengan baik, wajahmu akan terhidrasi, lembap, dan bebas jerawat. 

Saat puasa seperti sekarang banyak orang yang merasa kulitnya kering. Tenang aja, kamu dapat menggunakan pelembap atau moisturizer wajah untuk memperbaiki skin barrier sekaligus menghidrasi kulit. Berikut lima rekomendasi pelembap untukmu.

1. Madame Gie Skin Barrier

Bisa Perbaiki Skin Barrier yang Rusak, Ini 5 Pelembap yang Bisa Dicobainstagram.com/madame.gie

Rekomendasi pelembap pertama datang dari Madame Gie. Produk ini mengandung ceramide NP, glycerin, allantoin, betaine, bakuchi extract, serta caffeine yang membantu menenangkan dan memperkuat jaringan permukaan kulit. Aman dikombinasikan dengan ingredient atau bahan aktif lain dan cocok untuk semua jenis kulit, lho.

Manfaat lainnya adalah dapat meningkatkan dan mempertahankan hidrasi pada lapisan kulit, menenangkan kulit dan memiliki efek anti inflamasi, hingga mengangkat sel kulit mati dan kotoran pada wajah. 

2. Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream

Bisa Perbaiki Skin Barrier yang Rusak, Ini 5 Pelembap yang Bisa Dicobainstagram.com/dearmebeauty

Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream merupakan produk 2-in-1 moisturizer dengan formula water-based yang mampu menghidrasi kulit. Sensasi water burst sensation tanpa membuatnya terasa berminyak di kulit pun akan kamu rasakan. Cocok untuk semua jenis kulit dan non-comedogenic.

Diformulasikan dengan lima bahan kandungan utama, yaitu niacinamide, hyaluronic acid, adenosine, centella asiatica (CICA), dan ceramide yang membantu meningkatkan skin barrier hingga membantu meminimalisir tampilan pori wajah.

3. Skintific 5x Ceramide Barrier Repair Moisture Gel

Bisa Perbaiki Skin Barrier yang Rusak, Ini 5 Pelembap yang Bisa Dicoba

Kalau pelembap yang satu ini memang sedang mencuri perhatian nih, Bela. Pelembap dari Skintific ini mengandung 5x Ceramide, Hyaluronic Acid, Marine Collagen, Panthenol (Vitamin B5), dan Centella Asiatica. Dengan kandungan tersebut, produk ini mampu mengatasi permasalahan skin barrier yang rusak seperti jerawat, kemerahan, kulit bertekstur, serta kulit kering. Sedangkan kandungan 5x Ceramide-nya bisa membantu untuk memperbaiki dan melindungi skin barrier.

4. Somethinc Ceramic Skin Saviour Moisturizer Gel

Bisa Perbaiki Skin Barrier yang Rusak, Ini 5 Pelembap yang Bisa Dicoba

Pelembap gel yang ringan ini punya sepuluh powerful skin-loving ingredients yang teruji mampu mengunci kelembapan kulit hingga 24 jam. Dilengkapi dengan bahan anti-aging dan perbaikan skin barrier, seperti hydrolyzed marine collagen, palmitoyl tripeptide, dan ceramide NP. Produk ini juga cocok untuk semua jenis kulit. 

SOMETHINC Ceramic Skin Saviour Moisturizer Gel juga mampu menyamarkan dark spot dan kemerahan. Disempurnakan dengan komponen antioksidan yang berfungsi menutrisi kulit. 

5. Whitelab Cera-Mug Barrier Moisturizing Gel

Bisa Perbaiki Skin Barrier yang Rusak, Ini 5 Pelembap yang Bisa Dicobainstagram.com/whitelab_id

Rekomendasi pelembap terakhir datang dari Whitelab. Diperkaya dengan Ceramide-4 yang terdiri dari empat jenis esensial ceramide kulit (ceramide I, III, VI, ceramide prekursor) yang dapat meningkatkan fungsi barrier wajah, mencegah Transepidermal Water Loss (TEWL), mengurangi tanda-tanda sensitivitas kulit, meningkatkan kelembapan, dan mempertahankan level hidrasi kulit wajah.

Teksturnya sangat ringan tanpa meninggalkan rasa lengket. Kandungan mugwort yang kaya akan antioksidan membantu menenangkan kulit. Disempurnakan dengan Marine collagen dan hyalu complex-10 yang membantu merawat kehalusan dan kelembutan kulit, serta membantu merawat kekenyalan kulit. 

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Rekomendasi Pelembap Wajah untuk Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak"